Doktor Sistim Saraf Datangi Ironman Asal Bali, Nyatakan Robot Tawan Hoax

tawan-iron-man-bali-disinyalir-hoax
tawan iron man bali disinyalir hoax

Tangan robot karya Wayan Sumardana alias Tawan (31), semakin membahana saja beritanya, ada yang mendukung, ada yang meragukan dan kemudian ada yang bilang hoax. Seorang ahli sistim saraf pada otak Director Neuroscience Center pada Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, dr Rizki Edmi Edison PhD menuturkan bahwa karya lulusan SMK tersebut hanya hoax alias bohong. Hal ini diulas  tribun makasar dengan sangat bamblang.

Doktor alumnus Jichi Medical University, Jepang tersebut, mengunjungi bengkel Tawan di Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali untuk menelaah karya Tawan yang kini dijuluki “Iron Man” dan Manusia Robot pada Kamis (28/1/2016) kemarin dan dia kemudian menyimpulkan hoax.

Berikut Statmennya:

w Berikut ini fbnya;

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10153478804063165&set=a.56223443164.67395.593853164&type=3&theater

Tidak menyalahkan Tawan, Hanya Media Saja Yang Terlalu Rame 

Ya memang banyak sekali berita tentang Tawan ini, hanyasaja menurut pakar ini dia tidak samasekali menyalahkan Tawan atas kehoaxan ini, hanya media saja yang terlalu membesar-besarkan. Berikut statmennya:

“……..Yang sangat saya sesalkan adalah, mengapa media massa,……………. sekalipun sangat besar medianya, tidak melakukan investigasi terlebih dahulu dengan melibatkan para ahli yang sesuai dengan bidangnya sebelum memberitakan secara besar-besaran seperti saat ini?…………………..”

Advertisements
Advertisements

14 Comments

  1. media nggak bakal memblowup kalo si tawan nggak ngaku2 itu bekerja pake sensor otak. disisa hidupnya bakalan tersiksa menanggung malu karena membohongi orang banyak

  2. Belakangan kan emang tawan mulai ciut juga beritanya makin gede dan mulai mengundang para akademisi untuk melihat làngsung karya tawan tsb,mulai ciut makanya dia bikin pernyataan kalo masih butuh bantuan akademisi intuk menyemprunakan karyanya..
    Kàlo ketahuan hoax takut di bully,tapi bukan salah tawan semata,kesalahan terbesar ya medsos dy terlalu mem blow up..

  3. dosen fisika UI kalo gak salah, sudah kasih klarifikasi. kalo tangan robot taman itu masuk akal. hanya tingkat errornya besar sekali. makanya wajar kalo taman pun perlu waktu lama buat mengoperasikan sinyal otak ke perangkat. logikanya otak taman mengirimkan sinyal frekuensi tertentu ke receiver nya dari barang bekas drone. namun kelemahan lainnya hanya taman yang bisa melakukannya. maka belum tentu orang lain bisa menggunakannya. alat ini bisa saja dikatakan alat EEG, tapi dengan tingkat error yang fatal. kalo mau dikatakan bukan EEG pun bisa juga. karena orang lain merasa ga bisaengoperasikannya karna frekuensi dari otaknya berbeda.

  4. dr awal liat pun jelas klo hoax. mekanisme yg digunakan ga masuk akal. ad jg di nat geo tu butuh alat yg lebi rumit n biaya yg besar n waktu riset yg panjang.. itupun sbatas gerakan ringan, blm sampe pd gerakan pekerjaan detil

1 Trackback / Pingback

  1. Doktor Sistim Saraf Datangi Ironman Asal Bali, Nyatakan Robot Tawan Hoax - INDOMOTONEWS

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin