Mbolang Aman Menuju Honda Bikers Day 2016

Mbolang Aman Menuju Honda Bikers Day 2016

Mbolang Aman Menuju Honda Bikers Day 2016

460x110-indent-nowMbolang Aman Menuju Honda Bikers Day 2016. Honda Bikers Day 2016 sudah di depan mata gan. Jangan lupa tempatnya, Pantai Boom – Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat  ini dalam beberapa hari ke depan akan menjadi saksi dimana ribuan bikers akan berkumpul dalam semangat brotherhood Honda. Kegiatan yang digelar pada tanggal 19 November 2016 ini merupakan perhelatan Honda Bikers Day ke-8. Tahun lalu jumlah bikers yang terdaftar berpartisipasi dalam Honda Bikers Day 2015 yang digelar di Pantai Teleng Ria – Pacitan, Jawa Timur tercatat kurang lebih 21.500 bikers.

honda-cengkareng

Dengan perkiraan partisipan tak kurang dari 20.000 bikers, Honda Bikers Day 2016 akan memantik mobilisasi bikers dari beragam penjuru Indonesia menuju ke ujung timur Pulau Jawa. Untuk meminimaliris resiko sekaligus mendukung kelancaran perjalanan menuju Honda Bikers Day 2016, Safety Riding Analyst Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal berbagi tips perjalan sebagai berikut,

1.       Siapkan Kondisi Fisik dan Mental Sebaik Mungkin

Kondisi fisik yang prima menjadi salah satu faktor determinan dalam menunjang perjalanan hingga sampai tujuan. Sebelum melakukan perjalanan direkomendasikan para bikers untuk melakukan peregangan otot terlebih dahulu agar respon dan kemampuan reflek tubuh meningkat. Saat diserang kantuk dalam perjalanan pun lebih baik berhenti dan beristirahat sejenak. Mengendarai sepeda motor dalam kondisi mengantuk dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya. Dengan memperhatikan kondisi fisik tersebut harapannya seluruh bikers sampai di lokasi Honda Bikers Day dengan kondisi fisik yang prima agar dapat menikmati acara dengan maksimal.

2.       Himpun Informasi tentang Tujuan, Rute, dan Rencana Pemberhentian

Sebelum berangkat, pastikan peserta turing menuju Honda Bikers Day 2016 sudah menetapkan tujuan dan titik-titik untuk berhenti. Penting rasanya untuk memperhitungkan jarak sekaligus menghitung waktu tempuh karena berimbas pada banyak aspek seperti perbekalan hingga fisik peserta turing. Himpun informasi sebanyak mungkin tentang rute yang akan dilalui. Informasi resmi tentang Honda Bikers Day 2016 dapat diakses melalui URL berikut ini http://hondacommunity.net/hbd2016 .

3.       Pastikan Sepeda Motor dalam Kondisi Prima

Siapkan sebaik mungkin kondisi sepeda motor agar tak menimbulkan masalah selama perjalanan. Periksa ulang kondisi mesin, kaki-kaki, roda, pengapian, hingga kelistrikan. Jika diperlukan bawa sepeda motor kesayangan ke AHASS terdekat. Untuk memastikan seluruh fitur keamaan terpenuhi, Iqbal merekomendasikan setiap pengendara untuk secara rutin melakukan safety check ataupun perawatan berkala. Iqbal juga menambahkan, bila motor kesayangan sudah mendapatkan sentuhan modifikasi pastikan bahwa modifikasi terlalu ekstrim dan tidak mempengaruhi handling sepeda motor.

4.       Siapkan Perlengkapan Keamanan Berkendara

Seorang Bikers yang cerdas tidak akan pernah melupakan aspek perlengkapan keamanan berkendara karena nyawa bisa saja menjadi taruhannya. Beberapa perlengkapan yang wajib dibawa saat turing menuju Honda Bikers Day 2016 antara lain adalah helm, jaket, celana panjang, sarung tangan, dan sepatu. Mengingat akhir tahun Indonesia pada umumnya dalam kondisi musim hujan, sangat disarankan rekan-rekan bikers mempersiapkan jas hujan . Selain itu jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan obat-obatan pribadi.

5.       Atur Tim dan Bagi Rombongan Turing

Perjalanan menuju lokasi pelaksanaan Honda Bikers Day 2016 akan menggunakan jalan umum dan dilakukan tanpa voorijder, oleh sebab itu penting untuk mengatur tim turing. Iqbal menyarankan agar pejalanan menuju ke Honda Bikers Day dilakukan secara berkelompok agar bisa saling mengingatkan dan saling membantu selama dalam perjalanan. Jika jumlah anggota kelompok terlalu besar, lebih baik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dengan jumlah maksimal 2 baris berjajar secara zig-zag.

“Semakin besar jumlah peserta dalam satu kelompok maka semakin besar pula pengaruh faktor emosionalnya. Oleh sebab itu ada baiknya turing dilaksanakan dengan rombongan sebesar 10-15 sepeda motor. Selain itu dalam setiap kelompok perlu ditunjuk satu orang Road Captain untuk mengatur ritme berkendara serta satu orang Sweeper yang bertugas untuk memastikan tidak ada anggota rombongan yang bermasalah atau tertinggal.” ungkap Iqbal.

6.       Komunikasi Antar Anggota Kelompok

Selama perjalanan perlu koordinasi internal kelompok, khususnya antara Road Captain dan Sweeper. Oleh karena itu ada baiknya Road Captain dan Sweeper menggunakan intercom yang sudah tersedia di pasaran. Bila tidak, minimal seluruh rombongan memiliki nomor handphone yang dapat dihubungi sehingga dapat saling menghubungi jika terpisah selama perjalanan.

7.       Dokumentasi dan Aktif di Social Media

Honda Bikers Day merupakan sebuah event yang monumental. Terlebih selama perjalanan peserta akan menemukan berbagai pengalaman baru baik itu tempat wisata, kuliner, atau landmark di masing-masing kota. Semua hal itu sangat disayangkan jika dilewati tanpa adanya dokumentasi. Selain itu penting aktivitas di social media juga akan membantu, khususnya ketika berkoordinasi dengan sesama anggota komunitas di kota-kota yang disinggahi.

“Sangat disayangkan banyak bikers yang menyepelekan hal-hal di atas sebelum turing. Sebuah perjalanan turing, salah satunya ke Honda Bikers Day adalah sebuah perjalanan pulang-pergi. Honda selalu berharap seluruh pesertanya dapat kembali dengan selamat setelah mengikuti perhelatan akbar ini dan punya cerita indah yang layak untuk dituturkan di kemudian hari. Selamat menikmati perjalanan.” pungkas Iqbal.

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Mbolang Aman Menuju Honda Bikers Day 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.