Perhatikan AC Mobil Saat Musim Hujan

Perhatikan AC Mobil Saat Musim Hujan
Perhatikan AC Mobil Saat Musim Hujan

Akhir-akhir ini hujan masih melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Perawatan kendaraan saat musim hujan pun perlu diperhartikan. Salah satunya perangkat pendingin udara atau AC mobil.

Product Manager Coolkars Serpong, Susanto mengatakan, AC mobil pun membutuhkan perawataan saat musim hujan. Terutama pembersihan komponen AC secara rutin.

“Pada musim penghujan seperti ini lakukanlah pembersihan secara rutin pada kisi-kisi kondensor karena akibat dari lumpur yang menempel,” kata Susanto.

Selain itu, kebiasaan-kebiasaan umum merawat AC mobil pun perlu diperhatikan. Pertama, jangan membiasakan membuka jendela saat AC dalam kondisi hidup.

“Debu dan partikel halus dapat masuk ke dalam kabin, tersedot oleh kipas blower dan akan membuat kipas serta komponen evaporator menjadi cepat kotor,” kata Santo.

Kemudian, jangan merokok dalam kendaraan AC hdup. Sebab asap rokok akan terhirup dan sebagian zat yang terkandung di dalamnya akan menempel di kisis-kisi evaporator. “Sehingga meninggalkan bau yang kurang sedap,” ujarnya.

“Lalu segera periksakan ke bengkel resmi AC ketika terdapat tetesan air yang keluar dari selang atau kisi-kisi AC. Tetesan air tersebut mengindikasikan adanya ketidakberesan pada sistem penyejuk ruangan mobil. Kemudian segera perikra ke bengkel saat embusan AC kendaraan sudah tidak terasa dingin,” kata Santo.

Selanjutnya, periksa kondisi extra fan. Santo juga menyarankan agar melakakukan pengecekan AC mobil secar rutin setiap 3 bulan sekali.

Advertisements
Advertisements

2 Comments

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin