Motor Matik Rem Blong di Pegunungan, ini Penuturan Kisah oleh Ridernya dan Tipsnya

Motor Matik Rem Blong di Pegunungan
Motor Matik Rem Blong di Pegunungan

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, Kisah Motor Matik Rem Blong di Pegunungan nampaknya menarik untuk dicermati. Hal ini terjadi di berbagai tempat di pegunungan. Dialami banyak rider, dengan banyak merk motor.

Motor Matik Rem Blong di Pegunungan

Yup mas bro, memang sering dituturkan berbagai kisah tragis sering diungkap ke publik terkait Motor Matik Rem Blong di Pegunungan ini. Sederetan daerah pegunungan yang ramai, namun sangat curam dan sering memakan korban memang banyak megisahkan cerita. Mulai dari Tanjakan turunan tengger, Bromo, Tawangmangu, Sarangan, Cinomti, dan Dieng, dan sebagainya. Semaua itu jelas merupakan daerah wisata yang ramai, tapi terletak di pegunungan yang amat curam.

Salah satu kisah Motor Matik Rem Blong di Pegunungan ini adalah kejadian kemarin di daera Tengger yang dishare oleh akun fb Arka Mania dengan statmen berikut :

Warga lumajang rem blong di probolinggo tengger

Penuturan Pengalaman User Matik Saat Rem BLong Di Pegunungan

Mas bro, kejadian Motor Matik Rem Blong di Pegunungan di atas, setelah dishare ternyata memicu para pengguna motor matic untuk menshare pengalamannya ketika rem blong. Ya, sebuah pengalaman yang deg-deg ser dimana nyawa taruahnnya.

Berikut ini beberapa kisah Motor Matik Rem Blong di Pegunungan :

Ezza Sagwan

Gjil juga pernah mbahh ngalamin sperti ituu …udah pasrah pas itu mbah…soalnya di depan gejil Posisi belokan dan klo gejil gx belok masuk jurang mbah…dalem jurangnya….gjil berdoa truss mbah soalnya rem udah bner2 blong depan blakang gx ada yg fungsi… Mangkanya gjil sama Calonn istri mbah… Sampe kaki geji turun sampe kaki pd lecet2 sandal rusak…akhirnya pas deket belokan yg depannya jurang… Calon istri gjil suruh loncat kesamping dan mtornya gejil Jatuhin alhamdulillah slamet …akhirnya gjill istirahat dlu dstu mbah…dan gjill dapet petunjuk mbahh alhamdulillah …ada fikiran nyiram piringan rem dan alhamdulillah ada sisa pocari akhirnya gjill siram ke Piringan dan waawww asap pekat kluar dr Piringan bkakas gjil mbahh… Dan pas gjil coba alhamdulillah pengereman kembali sperti semula …☺

Kelvin Natanael

Pernah ngalamin pas turun dari puncak pass arah Cipanas, rem langsung looss hilang. Untung ga terlalu ramai jalannya, kalau ramai yah beda lagi ceritanya 😂

Petualang Cinta :

Waktu trun dri Tangkuban perahu jg scopi tmn gejil blong Mbah Untung msih bs d kendaliin trus pda kebingungan krna posisisi jg msih d dalem nya kn ga da bengkel trs lngsung tak siram Aqua pakem lg,,

Dari kisah-kisah di atas, nampkanya ngeri juga mas bro. Detik-detik akir ketika tengah nyaris kecelakaan, lalu kita mengambil sbuah kepustusan harus melakukan tindakan spontanitas penyelamatan, dan akhirnya membawa pada keselamatan. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Tips Mengatasi Matik Rem Blong di Pegunungan dari Warrganet

Mas bro, banyak pendapat untuk mengatasi rem blong pada matik ini ketika seang berada di turunan tajam. Simak saja beberapa tips berikut ini:

Muhammad Yusuf-: CBS dicopot aja mbah, bisa pake cara ganjel baut / beli part copotan yang non CBS-kalo punya duit lebih upgrade cakram depan, kaliper, kampas rem depan banyak yang PnP buat varyo ini-bersihin kampas, setel rem belakang, bleeding secara berkala-sebelum turunan gausah ngebut Mbah, santai nikmati perjalanan anda-pas turunan lebih utamain rem belakang (kalo udah copot CBS)-kalo perjalanan jauh sering” istirahat sejenak.. sebat dulu atau cari spot foto yang bagus

skandar Kand : Sering2 ngocok rem kalo lagi turunan, jangan di rem terus. Caranya adalah dengan jaga kecepatan motor. Kalo ngebut otomatis harus pencet rem terus kan. Gejil waktu itu abis turunan puncak mampir ke warung sekalian cek cakram bujuggg panas banget padahal cmn rem pas tikungan aja, apa lg kalo diteken terus tuh tuas rem.

Nanang Sulistiawan : Klo Honda jangan pakai yg combi break ,mending yg biasa dan tehnik pengeremannya harus bergantian tidak di pencet terus piston dan minyak remnya bisa panas dan jebol yg mengakibatkan blong

Matik Rem Blong di turunan Menurut Pakar

Mas bro sekalian, Muhamad Jaji, Service Advisor Yamaha Harapan Motor, Pancoranmas, Depok angkat bicara terkait kasus seringnya terjadi rem motor matik blong di turunan ini seperti pernah diulas di tabloit motor Plus. Menurutnya salah satu penyebab rem blong ini adalah kondisi rem yang terlalu panas.

Jadi pada turunan tajam dan panjang, rem terlalu dipaksakan mengeram dengan kuat dan lama. Maka ketika kinerjanya dopaksakan akan menimbulkan panas. Nah, ketika panas sudha muncul, maka seal yang berada di dalam kaliper akan memuai dan membuat piston kaliper menjadi macet. Maka piston ini enggak mau menekan kampas. Jadilang rem blong mas bro.

Mas bro, kondisi rem yang panas ini selain bikin piston macet, juga bisa menggangu kinerja dari piringan cakram. Nah mas bro, Piringan cakram yang terlalu panas akan memuai dan membuat permukaan menjadi licin. Kalau dah begini, maka kampas rem gak bisa mencengkeram. Jadilah remblong.

Mas bro, terkadang memang ada faktor lain penyebab rem blong motor matik ini. Misal saja saat minyak rem yang kurang. Hal ini memicu terjadinya masuk angin yang menyebabkan rem tak bekerja maksimal.

Mas bro, demikian artikel Motor Matik Rem Blong di Pegunungan semoga bermanfaat.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: