Tips Bagaimana Merawat V-Belt Skutik | Bonsaibiker

Tips Bagaimana Merawat V-Belt Skutik

Tips Bagaimana Merawat V-Belt Skutik

Tips Bagaimana Merawat V-Belt Skutik

Sepeda motor jenis Skutik saat ini populer digunakan karena kemudahannya. Namun untuk perawatan, pemilik motor jarang memperhatikan bagian penting pada Skutik yakni v-belt pada CVT.

V-belt berfungsi untuk meneruskan daya mesin menuju roda belakang. Tugasnya ini membuatnya rentan dengan masalah yang biasanya dirasakan pemilik seperti akselerasi berat dan bahan bakar menjadi lebih boros.

“V-belt memiliki umur sekitar 20.000 kilometer lebih atau sekitar dua tahun, tergantung cara berkendara. Bagian ini penting untuk Skutik dan wajib melakukan perawatan,” ucap Dedy Novarianto, mekanik AHASS Bintang Motor saat ditemui beberapa waktu lalu.

Perawatan wajib adalah melakukan pemeriksaan berkala setiap 5.000 km atau 10.000 km. Pemeriksaan ini untuk melihat kondisi v-belt masih layak pakai atau tidak, salah satu tandanya adalah tidak adanya keretakan pada karet v-belt.

Kemudian bila Skutik terasa bermasalah seperti kerap selip atau berakselerasi berat itu menjadi tanda v-belt harus segera diganti. Pastikan gunakan suku cadang asli pabrikan untuk menjaga kualitas dan keamanan selama berkendara.

Untuk Honda harga V-belt mulai dari Rp 90.000-an tergantung model. Siapkan dana tambahan untuk biaya pemasangan sekitar Rp 30.000-an.

“Masalah Skutik paling banyak karena jarang merawat v-belt ini. Sebaiknya diingat secara berkala untuk menjaga kelancaran Skutik, akan merepotkan jika bermasalah di jalan,” ucap Dedy.

%d bloggers like this: