Berkendara Motor #Cari_Aman Saat Musim Hujan

cari aman saat ujan
cari aman saat ujan

Berbicara mengenai faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, salah satu faktornya adalah faktor lingkungan. Mulai dari jalan yang berlubang, berlumpur, berpasir, berkabut, hujan dan faktor cuaca lainnya. Pada saat musim hujan seperti sekarang ini, perlu beberapa penyesuaian dalam berkendara sepeda motor. Ya intinya Berkendara Motor #Cari_Aman Saat Musim Hujan.

General Manager Sales, Marketing, dan Logistik PT Daya Adicipta Motora (DAM), Lerri Gunawan menyempaikan berikut:

“Melalui kampanye safety riding #Cari_Aman, kami terus mengingatkan konsumen pentingnya keselamatan berkendara dan kenyamanan saat di perjalanan agar tetap memperhatikan kelengkapan berkendara sebelum memulai perjalanan. Serta dengan kampanye #Cari_Aman ini pula kami mengingatkan untuk ber-etika dengan baik dan benar. Karena tanpa keselamatan, hal-hal berharga dalam hidup tak dapat kita temukan.”

Saat berkendara sepeda motor dalam kondisi hujan, pengendara disarankan untuk mempersiapkan jas hujan. Adapun jenis jas hujan untuk pengendara sepeda motor yang baik adalah jenis baju celana dan tidak disarankan memakai jas hujan jenis ponco. Selain itu, hindari permukaan jalan yang berlubang dan genangan air yang cukup tinggi.

Asep Wawan Hernawan, Instruktur Safety Riding DAM memberikan statmen berikut:

“Selalu waspadai genangan air, karena kita tidak mengetahui adanya lubang atau batu di dalam genangan air tersebut yang akan membuat sepeda motor kita terpeleset dan jatuh saat melintasi genangan air tersebut.”

Jika menemukan jalan yang dilalui tergenang air disarankan untuk tidak langsung melewatinya. Tindakan yang harus dilakukan yakni berhenti terlebih dahulu untuk melihat dan mengukur perkiraan kedalaman air yang tergenang tersebut. Bila ketinggian air tidak melebihi ujung lubang knalpot sepeda motor dan arusnya lambat berarti aman untuk dilalui.

Kemudian pertahankan pada kecepatan rendah secara konstan saat melewati genangan air, khusus untuk motor type sport dan cub gunakan gigi rendah. Usahakan jaga jarak aman dengan kendaraan lain agar sepeda motor tidak terhenti di tengah genangan air dan tidak menurunkan putaran gas selama melewati genangan air. Selanjutnya, seimbangkan sepeda motor, kemungkinan laju sepeda motor akan terhambat bahkan akan sedikit terseret/goyah saat melewati genangan air.

Ni satmen lanjutan masng Asep ini:

“Tidak disarankan untuk memaksakan melewati genangan air yang lebih tinggi dari ujung lubang knalpot, dan jangan melewati genangan air dengan kecepatan tinggi. Lebih baik cari jalur atau jalan lain yang tidak tergenang air hujan,” 

Juoz.

Advertisements
Advertisements

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin