Ketika berburu bonsai spat bor depan tigiku nyantol batu hingga tergores bagian depan dan kiri samping. Ketika melihat bagian lain masih mulus sementara spat bor sudah terkoyak, mata ini rasanya menjadi sakit, hati tak sabar ingin membuat tigiku mulus seperti sedia kala. Saat berjalan di toko spare part, aku ditawari ngecet spatbor denga harga 20.000 Rupiah. Tanpa pikir panjang langsung ku iyakan dan ku bayar. Ketika ku liat proses pengecatannya ternyata sangat simpel, menggunakan semprotan obat nyamuk sebagai kompressor. Dan hasilnya wow, lumayan kinclong.

Seminggu berikutnya temanku menawariku untuk membeli SUZUKI SMASH lansiran 2005 miliknya dengan harga 3,5 juta, tanpa pikir panjang langsung kubayar kontan tuh motor, karena setelah ku cek di Pos Kota, harga tersebut tergolong murah. Langkah pertama sesampainya motor di rumah adalah bongkar mesin, ganti oli, dan alhamdulillah semua masih dalam kondisi prima. Langkah berikutnya adalah merambah bagian bodi, mata ini begitu gatal ketika melihat bodinya yang mulai kusam. Teringat pengalaman minggu kemarin ketika mengecat spat bor ternyata hanya pakai semprotanbat nyamuk, maka langsung aja kuputuskan untuk mengecat bodinya. Langsung kupergi ke toko cat dengan belanja perlengkapan yaitu cat hitam 1/4 kg seharga Rp. 25.000,00, tinner Rp. 25.000,00, cat dasar atau epoxi Rp 20.000,00, anti gores Rp.50.000,00, dan amplas halus 3 buah dan kasar 2 buah semuanya seharga Rp. 20.000,00, stiker Rp.20.000,00 tak lupa mampir ke indomart untuk membeli semprotan obat nyamuk seharga Rp. 10.000,00. Semua total Rp. 170.000,00.

Bodi muali ku lepas, kemudian stiker dan lain-lain yang menempel di buang, di amplas sampai halus dan rata, baru dicat dasaran atau epoxi dengan menggunakan semprotan obat nyamuk. Setelah kering bodi diamplas lagi hingga halus muls untuk kemudian dicat dengan warna sesuai keinginan. Beberapa jam kemudian cat muali kering dan siap disemprot dengan anti gores atau cat clear sampai terlihat mengkilap dengan air brush semprotan obat nyamuk tadi. Setelah beberapa jam akhirnya kerng juga dan terlihat betul betul mengkilap seperti baru. Langkah selanjutanya adalah memasang stiker baru pada bodi tadi dan memasang bodi yang telah dicat dan ditempeli stiker pada motor. Dan inilah akhirnya smash lansiran 2005 seharga 3,5 Jt + 170 ribu = 3,67 Jt. Kinclong.