CB150R

CBR 150 Lokal Lahir Tanpa Banana Arm, Apa Modal Melawan R 15? Simak Yang Berikut!

Memang sedikit ada ganjalan ketika R 15 lahir disertai banana arm yang membuat tampilan motor in begitu sangar, kemudian Honda melokalkan CBR 150 ntuk menandingi kedigdayaan motor ini tapi tanpa banana arm. Ya betapa tidak dalam sebulan saja ribuan聽unit R 15 ludes, artinya motor ini begitu 聽digandrungi para biker tanah air. Lalu betulkah sebabnya hanya karena banana arm? Kebanyakan sih mengatkan karena harga CBR 150 Thailand kurang kompetitif, dan bahkan itu diamini oelh pejabat teras AHM sendiri, maka penjualan CBR 150 kurang moncer layaknya R 15. Nah nanti pasca lahirnya CBR 150 lokal tanpa banana arm, lalu apakah modal CBR 150 lokal ini mengalahkan R 15?

yzf-r15_red Swing arm
yzf-r15_red Swing arm

Seberapa Penting Banana Arm?

Menurut James Bons sih memang banan arm ini memang penting mendongkrak tampilan dan mungkin boleh jadi kestabilan motor khususnya di R 15 atau CBR 150, lha wong moge rata-rata menggunakan banana arm,begitu juga MotoGP. Tapi, ada tapi nya lho, bahwa dulu ada juga ganjalan bahwa R 15 menggunakan banana arm, lalu R 25 kok tidak, apakah itu aan mempengaruhi penjualan? Hehe, ternyata tidak gan, absennya banana arm pada R 25 sudah tertutup dengan tampiland dan power R 25 yang ciamik. Sejak publik tahu bahwa motor ini sanggup memuncratkan power hingga 36 PS (Eh ini jangan diartikan Power Sunatan lho, hahah mentang-mentang ada hajatan sunat masal kemarin) dan tampilannya sangar, langsung pada terbius dan indent mengular pada motor ini. Ini artinya CBR 150 Lokal meski tanpa banana arm tetep berpeluang asal punya modal yang lain yang ciamik, ya banana arm is some thing, but not every thing.

Lalu Apa Modal CBR 150 Lokal?

Kita mulai dari jeroan mesin, meski basis mesinnya sma dengan CB 150 R, namun power motor ini lebih jozz, pembesar AHM sendiri mengatakan di detik oto beberapa waktu lalu bahwa power CBR 150 Lokal seganas CBR 150 import. Bahkan berdasarkan selentingan dari tesser yang masuk ke redaksi Bonsai Biker torsi motor ini meninggat tajam dibanding CB 150 R. Ini tentunya ini untuk mengimbangi power R 15 yang menghentak di awal karena menganut model SOHC.

Model dan dimensi ya sudah diketahui banyak orang, memang bener bahwa modelnya tak jauh beda dengan New CBR 25o double keen eyes, dan ini diamini oleh yang pernah melihat聽langsung聽sosok CBR 150 Lokal ini. Sementara dimensi sudah ditegaskan oleh pejabat teras AHM di Detik Oto, bahwa dimensinya tak jauh beda dengan CBR 150 Lokal. Nah disini kabarnya diselipi ban gambot yang membuat motor terlihat macho. Ditambah model knalpot yang kabarnya slip on ahingga mudah diganti bagi yang hobi modif. Nah ini memang membutuhkan pembuktian nanti di lapangan apakah memang racikan AHM bener-bener diterima masyarakat atau tetep masih kalah dengan racikan Yamaha.

Selanjutnya yang menjadi modal CBR 150 lokal ini adalah masalah handling dan kenyamana. Bahwa cbr 150 lokal ini kabarnya eazy to ride. Handlingnya lebih santai dan gampang dikendalikan. Memang ini berbeda dengan R 15 yang nungging puol dan super racy, bahkan dari yang James Bons rasakan lebih racu dari R 25. Kabarnya banyak fitur yang bisa diandalkan, namun James Bons belum bisa menjelaskan secara detailnya.

Dan terakhir adalah harga. Rumor kuat berkembang adaah bahwa harga CBR 150 ini bakal dibenturkan langsung dengan R 15. Boleh jadi sama di angka 28 jutaan. namun ada rumor berkembang bahwa harganya bakal sedikit lebih murah. nah ini baru rumor gan belum bisa dipertanggungjawabkan.

40 komentar pada “CBR 150 Lokal Lahir Tanpa Banana Arm, Apa Modal Melawan R 15? Simak Yang Berikut!

    • ridermuda

      Ora enek ngohaem mana mau modal wkwkwkwkww modar kale….
      R15 masih diasepin ninja 150 tenang ae coy…

      Balas
  • buitenzorg boy's

    kita lihat saja nanti..

    Balas
  • salah kaprah jika dibilang banana arm menambah kestabilan.banana arm sebenernya diciptakan untuk memberi ruang pada knalpot.
    knalpot apalgi pada motor balap dirancang untuk mendulung performa mesin semaksimal mungkin.karena itu kadang bentuknya aneh.karena udah dihitung volume dan kecepatan aliran gas buangnya.
    nah kadang desain knalpot pas tetapi mentok di swing arm.makanya dibikin banana arm untuk memberi ruang pada knalpot..
    orang sini emang aneh.

    Balas
    • Setuju atas ane..fungsi utama memang memberi ruang pada knalpot biar panjang pipa bisa diminimalisir apalagi di motor 2 tak biar tabung knalpot tidak terlalu keluar…tapi memang jujur bentuknya bikin lbh keliatan racy

      Balas
    • nanti dipikirnya mirip R25, gak penting lah link monocross hehhehe…
      jawabannya begitu… moge entry level (r25) lo aja gak pake linked suspension, lo protes K45 ga pake banana arm?
      Dijawab lagi: kan K45 brojol belakangan, harusnya lebih dashyat dong, rivalnya aja pake…
      jawab lagi: so what? R25 brojol belakangan aja gak pake link padahal rivalnya pada pake…
      dan setrusnya dan seterusnya 馃榾
      ===========
      Sharing info ya…
      Penginden online Yamaha R25 kecewa, dealer Yamaha jatim promo 50 unit R25 tanpa inden + free helm HJC Lorenzo…
      http://kobayogas.com/2014/08/10/pojok-opini-seharusnya-indeners-online-didahulukan-baru-promo-lagi/

      Balas
  • romesleh

    kalau lebih murah mantaf itu… mudahan modelnya lebih fress… model sangat mempengaruhi minat…

    Balas
  • + knalpot slip on gan

    Balas
  • tenaga nyentank di awal bukan karna sohc kang tapi karna stroke panjang

    Balas
  • dovizioso

    Ws mumet ngitung rego komponen nek nangisor 28.5jt

    Balas
  • the comment

    pya jelas modal mesin yg dohc, klw penampilan sdikit dibawah r15, celahnya mngkin prod klw bsa genjot bnyak, gak lama indentnya misal 1 minggu, krna skrng bwt beli r15 masih i dent paling lama 3 minggu baru nyampe rumah pembelli itupun di Rshop, ngalamat diacak jga sport yamaha, krna yimm terlalu ngutamakan nvl bwt prioritas prod, di daerah ane aja di pamulang, ada Rshop, bwt pajangan aja r15 aja gak ada kan parah juga, padahal beberapa bulan kemarin ada, malah nvl terlalu bnyak, berarti ada indikasi kemungkinan tersendat masaalah prod yg gak bisa bnyak, blunder yimm, suerr

    Balas
  • modale ya merk HONDA,apalagi lokal bukan CBU.gak mungkin gak laris.

    Balas
  • jelas modal nya merek mbah. tapi desain cbr lokal bagus kok gk jelek

    Balas
  • Roti Goreng

    Di list modal yang udah pasti:
    -merk (3S)
    -harga
    -DOHC
    -desain baru

    Di list yang masih janji:
    -Rangka sama seperti CB tapi handling sebaik CBR CBU
    -Fitur yang lebih (di artikel ini) tapi di blog Wak Haji bilang tanpa engine cut off dan pass beam (?)
    -Knalpot slip on
    -Performa mesin seperti CBR CBU (torsi lebih baik dari CB)

    Ada yang mau nambahin lagi? 馃榾

    Balas
  • st3v4nt

    Yang penting motornya ganteng dan spek diatas kertas bagus…mau nanti banana arm palsu, power disunat dsb kalau ganteng sudah cukup….

    Balas
  • apa bisa mesin SOHC R15 diganti DOHC overbore saja…?., apakah ada paket aftermarket sperti itu..??

    Balas
  • machalesana

    deh sebenrnya bingung, yang satu dohc yang diunggulkan ke performanya tapi tampangnya ga sporti,
    tapi yang satu lagi tampang sporti ,tapi mesin sohc yang lebih cocok harian

    Balas
  • Modal nya CBR lokal buat lawan R15 cuma pake knalpot bisa copot pasang doang (clip on ) whakhakhakhak….gak berbobot promonya…,gak pake delta box , mesin CB 150 R, gak pake Unit track pula, footstep masih pake karet, gak racy kya yamaha & kawasaki..whakhakhak….buang aja tuh motor…

    Balas
  • CuPcAkE

    hajar diharga jual, kasi 26 xx yg non abs, kasi spoke wheel jg gk ngrubah wakta klw dya tuh cbr 150
    trs kasi 28,7 utk ABS llivery repsol

    Balas
  • cah ndeso

    apakah banana arm segalanya ..?

    Balas
  • modalnya cbr 150r ya produk honda..itu sudah cukup..

    Balas
  • venera rehm

    yg bikin power cbr lebih besar dari r15 bukan karna masalah DOHC n SOHC. tpi karna karakter mesinya beda…. R15 lankah panjang dan cbr langkah pendek itu aja. p lg 15 pake roler rockerarm otomatis lebih ringan untuk cc kecil. kalau toh r15 kompresi, diameter dan langakah pistonya sama ky CBR tenaga dan torsi juga mirip2. 馃槢

    Balas
  • R15 VS CBR NEW

    Sibuk di bicarain para kalangan Remaja
    Sebenrnya semua itu Motor Membutuhkan Volume dan rangka jadi Fungsi Banana Arm ama Swing Arm hanyalah subeuah dari atau hentankkan saat berkendara mereka membuat karena dari hentakannyah juga bebrbeda tapi nyaman. jia urang jelas. anda datang saja ke pabrik nyah dan tanya2 di sana agar pasti

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.