Uji Kekuatan Jembatan Kalikuto dengan 36 Truk Tronton Bermuatan

Uji Kekuatan Jembatan Kalikuto dengan 36 Truk Tronton Bermuatan

Uji Kekuatan Jembatan Kalikuto by bonsaibiker.com – mungkin mas bro sekalian, masih inget Jembatan Kali Kutho yang merupakan pengubung tol Batang – Semarang, yakni yang dulu dikabarkan gagal memasang Cross Girder, lalu ambrol. Yup mas bro, ternyata kini jembatan ini sudah jadi dan siap dioperasikan. Nah, sebelum dioperasikan, ternyata diuji dulu mas bro. Yaitu Uji Kekuatan Jembatan Kalikuto dengan 36 Truk Tronton Bermuatan. Wew.

Uji Kekuatan Jembatan Kalikuto dengan 36 Truk Tronton Bermuatan
Uji Kekuatan Jembatan Kalikuto dengan 36 Truk Tronton Bermuatan

Ya, awalnya kalau melihat truk berjajar begini, dengan jumlah banyak, yaitu 36 truk tronton bermuatan, kayak terbersit apa gitu di benak kita. Kayak termil atau pangakalan truk aja mas bro. Ya, ternyata ini bukan pangkalan truk, melainkan proses uji beban (loading test) jembatan. Jadi, Menurut sumber Bina Marga, sebelum sebuah jembatan beroperasi, perlu dilakukan pengujian terlebih dahulu, yakni uji beban statis dan uji beban dinamis. Dan ujinya dengan meletakkan 36 truk tronton bermuatan di atas jembatan.

  • Kalau diitung itung, 36 truk itu per truk tanpa muatan, maka beratnya 11 ton, maka kalau 36 truk bisa  396 ton
  • Kalau diitung itung, 36 truk itu per truk dengan muatan, maka beratnya 38T, maka kalau 36 truk total bisa 1368T

Nilai itu ya masih lebih rendah dari kapasitas kalkulasi jembatan yang muatannya 1900T. BTW dah jozzlah mas bro.

uji jembatan kalikuto
uji jembatan kalikuto

Lebih jauh mas bro, truk yang dijejerkan di atas Jembatan Kalikuto seperti nampak dalam foto di atas tersebut merupakan uji coba beban yang meliputi 2 uji coab yaitu :

  • uji beban statis yaitu yang dilakukan untuk mengetahui deformasi jembatan terhadap beban yang direncanakan.
  • uji beban dinamis dilakukan dengan men-jumping-kan truk dengan membuat jembatan bergoyang sehingga diketahui frekuensinya yang tergantung pada tingkat kekakuan jembatan.

Manteb juga ya ujinya.

penampakan jembatan kali kutho saat diuji
penampakan jembatan kali kutho saat diuji

Mas bro sekalian, ternyata uji ini, atau yangtenar dengan istilah loadingtest, ternyata tidak hanya dilakukan saat konstruksi jembatan selesai dibangun saja. Tapi juga dilakukan secara berkala, yaitu teratur dalam periode lima tahun sekali. Uji ini dilakukan untuk mengetahui keadaam jembatan setelah digunakan, dan untuk menentukan perlu tidaknya dilakukan rehabilitasi.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: