Pakar Penerbangan Angkat Bicara Terkait Pesawat Rakitan Bermesin Ninja

Pakar Penerbangan Angkat Bicara Terkait Pesawat Rakitan

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, beberapa hari lalau dunia pemberitaan dihebohkan oleh bisa terbangnya sebuah pesawat terbang rakitan. Yaitu yang dirakit oleh teknisi yang tidaklulus SD. Ini menghebohkan karenapesawatnya benar-benar terbang dan hanya bermesin Ninja 150 2 tak. Nah mas bro, belakangan Pakar Penerbangan Angkat Bicara Terkait Pesawat Rakitan Bermesin Ninja.

Pakar Penerbangan Angkat Bicara Terkait Pesawat Rakitan
Pakar Penerbangan Angkat Bicara Terkait Pesawat Rakitan

Yup mas bro, pesawat terbang rakitan ini,oleh banyak kalangan disebut dengan pesawat ultralight. Yaitu hasil rakitan Chaerul (40) yang terlihat bisa lepas landas.

Ini dia artikel sebelumnya terkait hal ini :

Pesawat Terbang Bermesin Ninja 150 Rakitan Anak Negeri Lagi Heboh

Belakangan setelah kabarini ramai, seorang pengamat penerbangan dari Jaringan Penerbangan Indonesia (Japri), Gerry Soejatman, angkat bicara. Ia menyapaikan pandangannya kepada wartawan, Rabu (15/1/2019) terkait pesawat rakitan ini.

Menurutnya pesawat ini dinilai belum bisa dikatakan mampu terbang karena level ketinggiannya masih di bawah bentang sayap. Jadi terbangnya masih di ground effect. Yakni dengan ada ‘bantal’ tekanan udara tinggi di bawah sayapnya, karena terbangnya masih di ketinggian di bawah 1,5 kali bentang sayapnya. Lebih lanjut menurut pakar ini, bahwa pesawat ini dikatakan bisa terbang benar, itu kalau sudah bisa terbang terus-menerus di luar ground effect.

Apa Itu ground effect

Menurut pakar ini, ground effect merupakan peningkatan gaya angkat dan penurunan gaya aerodinamis yang dihasilkan oleh sayap pesawat saat dekat dengan permukaan tetap. Jadi ketika pesawat mendarat, ground effect dapat memberi pilot perasaan bahwa pesawat seperti ‘mengambang’.

Mas bro, jadi pesawat ini masih dikatakan belum layak terbang selayakny apesawat terbang benaran. Namun walau begitu pak Gerry ini tetap mengapresiasi kegigihan Chareul merakit pesawat ini. Pak Gerry memberikan pandangan bahwa pesawat ini akan bisa terbang dan lepas dari ground effect ketika ada engine power tambahan.

Nah mas bro, sebagaimana kabar sebelumnya, bahwa Charul mendapat bantuan mesin 1000 cc buatan Yamaha. SImak artikelberikut :

Pembuat Pesawat Terbang Bermesin Ninja Dapat Bantuan Mesin 1000 CC

Apakah ini menambah daya dorong sehingga pesawat buatan Chaerul warga Pallameang, Mattiro Sompe, Pinrang, Sulsel. Pesawat ini bisa layak dikatakan terbang? Layak dinanti mas bro!

4 Comments

  1. Yaiyalah cuman 1,5 meter. Wong mesing nya ajah 150cc thok. Suru dah tu pakar bikin pesawat pake mesin Ninja.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.