Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang, di Malaysia malah yang Belakang, Kenapa?

Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang

bonsaibiker – sebuah obrolan nyleneh tapi faktual. Yakni bahwa Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang, di Malaysia malah yang Belakang. Tanya Kenapa?

Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang
Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang

Mas bro, ungkapan Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang ini seperti yang dishare oleh akun fb Hafidz Muhammad Wildan ke group FB BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas) yang menshare gambar Mas Dimas yang dipsoting di Shitposting Otomotif sebagai berikut :

Misi mbah gejil mau tanya beneran.Kenapa anak anak “drag” di indo pada ga pake rem depan, sedangkan di malay malah yang ga dipake rem belakang?Kenapa gitu?Bekakasnya ada di parkiran mbah, gejil lagi di kampus liat postingan gini

Fakta Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang

Mas bro sekalian, yuk kita lihat di lapangan beberapa motor yang sering digunakan untuk balap liar di Indonesia. Hampir tiap kota ada saja pelakunnya. Baik joki, mekanik, penyandang dana, petaaruh dan sebagainya.

Nah, kalau di FB juga nyaris tiap kota ada grup balap liarnya mas bro. DI situlah banyak sekali beritnteraksi para penjual part, para pelaku balap, dan sebagainya.

Nah, salah satunya ni nampak motornya yang Suzuki Satria FU yang rem depannya dibuang alias absen.

FU-rem-depan-absen-buat-balap-liar
FU-rem-depan-absen-buat-balap-liar

Nah, itu kan, gakada sama sekali sisa-sisa rem depan. Foto di atas adalah dari bro Nizham Naufali yang di posting di grup fb INFO BALAP LIAR TULUNGAGUNG. Jadi, faktual kan, bahwa Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang, di Malaysia malah yang Belakang.

Fakta Rem Belakang Motor Drag Malaysia Pada Dibuang

Selanjutnya yuk kita lihat apa yang terjadi pada budaya drag di Malaysia. kita sambangi laman-laman atau grup FB Malaysia tentang balap drag. Di sana sama juga dengan di Indonesia banyak sekali pelaku balap ini, baik para penyandang dana, pebalap alias joki, penyandang dana, hingga para penjaja spara part khusus balap.

Dan lihat mas bro, eng-ing-eng! Aihihihih, persis seperti yang dituturkan mas bro Hafidz Muhammad Wildan di atas. Bahwa Fakta di lapangan menunjukkan bahwa Rem Belakang Motor Drag Malaysia Pada Dibuang.

Kok bisa ya! Aihihihihhi. Lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya. Jadi kalau Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang, di Malaysia malah yang Belakang. Cuman apa filosufinya ya?

Pendapat warganet

Mas bro, sehubungan dengan fakta Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang, di Malaysia malah yang Belakang dibuang ini, warganet banyak berkomentar macem-macem dan menarik utuk disimak.

Lihat saja yang berikut!

  • Rizqi Gaming : Herex rata” pake rem blakang doang kalo buat main laga besar biar enteng velg sama ban depan nya Igbal MB Klo rem depan gejil juga blom tau alasany mbah. Tpi klo pake ban cacing+lepas spion buat harian kata tmn cacingan gejil biar fokus di jalan yg lurus mbah :v
  • Van Der Hansel : Pantesan Nonton herex balapan di jatim kok ban depannya gaada rem.. Saya kira rem nya manual pake kaki 🤣
  • Maz Bambangg : Ikut komen ah, klo untuk balapan dijalan bebas hambatan si no komen, semua tergantung regulasi masing2 panitia sprti apa, tp klo ada yg nekad menggunakan hal sprti ini untuk daily used, bahkan ugal2an ngerasa udh hebat dijalan umum, ane berkesimpulan bodohnya bawaan dari lahir, Krn apa? Berbahaya buat diri sndiri dan oranglain Mksh Mbah udh dibolehin berargumentasi 😁
  • Ardy Weendra Puspa Gotama : Kemungkinannta banyak mbah ;
  1. Transisi power diteruskan lewat roda belakang kan, jadi kurangi hambatan sebanyak mungkin di belakang.
  2. Respon injak lebih cepat dan kuat dibanding respon tariknya tangan.
  3. Minimalisir “rem belakang nyantol gara gara ga ngeh injek terus biarpun sedikit”
  4. Kalo liat tempat mereka main, rata rata highway dan di atas 150 km/h. Otomatis mereka butuh pengereman mumpuni. Andaikata menggunakan belakang saja dan ada kebutuhan rem mendadak resiko locking lebih besar dan bisa mengakibatkan low slide.
  • Ardy Weendra Puspa Gotama : Hafidz Muhammad Wildan apalagi mereka biangnya build mesin dengan data yg konkret. Alhasil ketika dyno run, kehadiran rem belakang akan memangkas HP yg ditorehkan biarpun sangat sedikit.
  • Ardy Weendra Puspa Gotama : Hafidz Muhammad Wildan iya dong, karena ketika dyno run ga cuma bagian mesin yg jadi penentu besaran torsi dan hp yg dihasilkan. Seberapa besar resistance ketika tenaga tersebut disalurkan, seberapa gigit itu ban dan suspensi ke dyno wheel. Semuanya ngaruh ke hasil. Tapi buat kita kita mah, ra usah dicopot. Repot😂
  • Bayu Waskita : Maaf ralat Mbah…Yg sering gak pake rem depan itu hanya liaran Mbah…klo drag resmi ya harus depan belakang jalan rem’nya Mbah…
  • Prasetyo AN : Engga semua nya Mbah, kebanyakan yg di Jatim… Katane kalo ada rem depan nya itu takut pas lg kenceng kenceng nya, rem tiba tiba ngunci sendiri
  • Aldino Yulda : Kalau menurut opini saya gini mbah. Dimalay tidak menggunakan rem belakang mungkin dikarenakan ingin meringankan beban putaran roda agar putaran nya tidak memiliki beban dan digantikan dengan tromol kecil/velg depan yang di taruh belakang. Dan kenapa lagi kok ga pakai rem belakang? Menurut saya karena jalan atau trek disana jarak pengereman nya jauh. Jadi masih aman untuk mengandalkan engine brake dan rem depan saja. Next Dan kenapa kalau Indonesia (lebih tepatnya herex’an Jarang sekali yang menggunakan rem depan, bahkan hampir tidak ada yang menggunakan rem depan. Menurut saya alasannya karena lintasan yang mereka pakai berjarak jauh dan jarak pengereman yang sangat pendek, jadi untuk melakukan pengereman jarak pendek lebih efisien menggunakan rem belakang dan engine brake. Bisa juga karena alasan meringankan berat depan dengan menggunakan ban atau velg yang bisa dibilang ukuran kecil dan melepas beban gesekan rem. Mungkin itu saja opini saya mbah, kalau ada yang kurang tepat Kata-katanya tolong dibenarkan. Saling belajar dan saling mengingatkan,, 😘😘

Mas bro, ya ternyata kasus “Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang” ini beda-beda pendapat ya, dari warganet yang beberapa diantaranya merupakan teknisi. Ya pastinya masing masing teknis ini punya perhitungan yang berbeda-beda dasarnya.

Biaya Mbangun Motor Balap

Mas bro, selain mengungkap kenapa “Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang, di Malaysia malah yang Belakang” ya gak ada salahnya kita share terkait biaya membuat motor balap atau drag. Ya memang itu tidak murah mas bro. Hal itu dimulai dar riset mesin, ganti part dan coba-sana sini, semuanya memang menelan biaya mahal.

Misal saja gambar motor yang lagi di pom bonsin di atas. Biayanya mayan banyak mas bro. Berikut ini penuturan akun fb Ramaa Fahri :

.”…. Rangka balap 5jtVelg rcb pnp 2,650,000Mesin reset balap 15-20jtShok depan As 16 750.000Tangki 350.000Lu bilang rongsok?? Sini lah Pelajarin lebih lanjut, Buat Beli …..

Redaksi bonsaibiker sendiri memang pernah membuktikan ketika iseng bikin motor Grand untuk spek cornering. Alamak harus ngrogoh kocek mayan dalem mas bro.

Mas bro, ternyata susah juga menyimpulkan alasannya. Masing-masing pada punya kacamata sendiri-sendiri. Btw demikian kilas artikel tentang Rem Depan Motor Drag Indonesia Pada Dibuang dari Bonsaibiker.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: