Pro Kontra Angin Ban Nitrogen, Teknik Marketing Doang?

Bosnsaibiker.com – mas bro sekalian, yuk kita intip Pro Kontra Angin Ban Nitrogen. Jadi apakah isi ban nitrogen ini akan membawa pada hal yang lebih baik, atau itu hanya Teknik Marketing Doang?

Pro Kontra Angin Ban Nitrogen
Pro Kontra Angin Ban Nitrogen

Pro Kontra Angin Ban Nitrogen

Mas bro, terkait Pro Kontra Angin Ban Nitrogen ini kita bhas blak-blakan aja, boleh suka atau tidak suka, boleh setuju atau tidak setuju. Ini adalah diskusi belaka, dan hasilnya diserahkan ke masing masing person untuk mempercayai yang mana.

Keuntungan Penggunaan Ban Nitrogen

Oke mas bro, Pro Kontra Angin Ban Nitrogen ini diawai dengan munculnya pembahasan di beberapa laman internet ini yang mengulas keuntungan menggunakan angin ban Nitrogen. Silakan saja ketik di google kalimat berikut “keuntungan pakai angin nitrogen”! Nanti bakal muncul puluhan judul terkait bahasan yang menyatakan terkait keuntungan pake angin nitrogen. Banyak yang membuat judul manteb-manteb, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • 6 Manfaat Menggunakan Angin Nitrogen pada Ban …
  • 4 Manfaat Menggunakan Angin Nitrogen Pada Ban Mobil …
  • 10 Kelebihan Ban Yang Menggunakan Angin Nitrogen …
  • 7 Keuntungan Mengisi Ban Kendaraan dengan Nitrogen …
  • Keunggulan Angin Nitrogen Dibandingkan Angin Biasa
  • 2 Keunggulan Nitrogen Dibandingkan Angin Biasa untuk …

Nah, simak saja beberapa keuntungan penggunaan angin ban nitrogen ini menurut judul-judul di atas :

  1. Tekanan ban lebih stabil. Konon sih apabila menggunakan nitrogen biasa, tekanan ban bisa saja berubah-ubah, sehingga ban akan menjadi kempes. Nitrogen merupakan jenis unsur yang tidak mudah terkontiminasi dan dipengaruhi oleh unsur lainya, ini diklaim mampu menjaga tekanan ban agar lebih stabil.
  2. Lebih tahan lama. Yup mas bro, notogen diklaim lebih stabil lalu menjadikan ban menjadi lebih awet dan tahan lama. Jadi yang tahan lama adahal nitrogennya itu sendiri yang tidak mudah kempes, dan juga bannya yang bakal tahan lama. Jadi nitrogen yang ada didalam ban kendaraan diklaim lebih tahan lama dibandingkan dengan menggunakan angin oksigen biasa. Maka pengguna tidak perlu repot dalam mengisi ulang angin didalam ban kendaraan anda dalam waktu yang singkat dan juga cepat.
  3. Handling lebih mantap. Hal ini terjadi menurut klaim, lantaran sifat nitrogen yang lebih tahan lama dan juga menyebabkan tekanan ban menjadi jauh lebih stabil. Nah, karena ban stabil, maka handling pada setiap kendaraan yang menggunakan angin jenis nitrogen ini bakal enak handlingnya.
  4. Tidak menimbulkan embun atau air di dalam ban ataupun velg. Jadi nitrogen adalah unsur yang memiliki kadungan N, dan tidak memiliki kandungan air. Nah ini beda dengan udara pada umumnya. Saat reaksi tertentu bisa meninmbulkan embun dan air. Nah kalau terus berjalan didalam velg, maka bisa menimbulkan korosi. Nah dengan ban nitrogen ini tak akan terjadi.
  5. Grip pada ban menjadi lebih baik. Jadi angin jenis nitrogen iklaim jauh lebih stabil dibandingkan angin biasa. Maka grip atau daya cengkram ban terhadap aspal dan juga jalan akan menjadi jauh lebih mantap dan juga menjadi lebih optimal. Ujunganya Akselerasi dan topspeed kendaraan menjadi lebih baik, BBM lebih irit, dan ban awet.

Bantahan Pada Keuntungan Penggunaan Ban Nitrogen

Mas bro, ternyata Keuntungan Penggunaan Ban Nitrogen yang dishare banyak web di dunia maya ini tak serta merta membuat warganet percaya. Ternyata banyak yang menyangkal klaim itu. Terjadilah Pro Kontra Angin Ban Nitrogen. Diataranya adalah yang disampaikan oleh akun fb Aditra Pradhana yang memposing di group Motube pada 7 Oktober 2020 lalu sebagai berikut :

Mau sharing lagi mbah, masalah Nitrogen untuk ban kendaraan, apakah perlu dan sesuai harganya?
Pertama yang kita tahu, udara ini komposisinya adalah 78% nitrogen 21% oksigen dan sisanya zat yang lain.
Nitrogen murni pada udara cenderung lebih stabil terhadap tekanan, tapi tidak begitu terlihat bedanya kalau dipakai mobil harian, bahkan sama sekali tidak ada bedanya, kecuali pada mobil balap/sport seperti nissan GTR yang butuh tekanan ban yang stabil.

Klaim yang lain juga bilang ban nitrogen lebih lama kempesnya, rata2 ban mengalami penyusutan tekanan 1-2 psi per bulan, dalam satu tahun ban nitrogen cuma selisih 1,3 psi saja pengurangan udaranya.
Saya rasa nitrogen ini cuma teknik marketing saja mbah, seakan2 membuat ban bisa terbang, padahal ya sama saja seperti angin biasa di tukang tambal ban, tidak bedanya untuk mobil harian mbah, koreksi kalau salah mbah.

Nah mas bro, statmen di atas juga menuai pro kontra, ada yang masih mengamini keunggulan angin ban nitrogen, jua ada yang menolaknya. Jadilah Pro Kontra Angin Ban Nitrogen. Simak saja komentar lain lagi!

  • Wahyu Agung
    Kalo saya pribadi pake nitrogen biar ban awet saja krn di nitrogen tidak ad kandungan air yg dpt merusak dalam ban, yg kedua stabil buat perjalanan panjang krn nitrogen ti2k penguapanya tinggi sehingga g gampang mengembang/tekanan ban stabil, ndk seperti udara kena suhu tinggi tekanan langsung naek.
  • Arief Baharudin Yusuf
    efek yang saya rasakan memperpanjang umur karet ban tidak pecah pecah dan bocor halus sampai kembangan benar benar habis
  • Rudy Rancid
    Nitrogen 4 ban 5000 (ga tau tah betulan tah ngga) tekanan sesuai dgn yg diinginkan.
    Angin kang tambal 8k, tekanan suka ngaco.
    Ya pasti pilih nitrogen gejil, walopun ga tau real atau hoax
  • Liyanvic Silaban
    kalo hoax f1 sama motogp gak pake nitrogen mbah. Kalo mau isi nitrogen coba cek aja dulu mereka punya tabung nitrogenya gak, atauu hanya konverternya aja.
  • Liyanvic Silaban
    kalo hoax f1 sama motogp gak pake nitrogen mbah. Kalo mau isi nitrogen coba cek aja dulu mereka punya tabung nitrogenya gak, atauu hanya konverternya aja.
  • Francesco Bernoulli :amati antara ban yg di test (yg di pakai) yg di review di u tube perhatikan jenis kendaraan yg dipakai. paling penting, perhatikan perbedaan iklim antara negara yg melakukan test di u tube dg negara kita
    bg mana mungkin, dari segi kerapatan molekul sj antara nitrogen dg udara biasa sudah beda….
    ☛ kok di nyatakan dan disebutkan oleh TS bahwa itu CUMA AKAL-AKALAN saja…??
    makanya sy mengajak, siapa sj agar langsung mencoba mengetest sendiri bedanya di kendaraan nya masing- masing sewaktu melakukan perjalanan (ke luar kota) atau dlm kota di kondisi siang hari..
  • Dermawan Saputra
    Kalo mobilmu rutin 180-300 km/jam ya gawe nitrogen bagus mbah. Kalo cuma dalkot sama sesekali lukot mentok 150 yo mending duite buat beli kompresor portabel 🙃
  • Nym Abdi
    Rudy Rancid 5rb tuk 4 ban? ditempat saya biasa isi nitrogen 20rb mbah tuk 4 ban, kalau isi dari awal (kuras total) harganya 50rb tuk 4 ban. kalau 5 ribu sihngak masalah…. murah mbah itungan 4 ban, disini angin biasa aja 10rb tuk 4 ban 😄
  • Yanto
    Yg penting tekanan ban sesuai saja
    Percuma nitrogen tp tekanan dibawah yg seharusnya

Oke mas bro, ini adalah Pro Kontra Angin Ban Nitrogen. Bagaimana menurut mas bro sekalian?

2 komentar pada “Pro Kontra Angin Ban Nitrogen, Teknik Marketing Doang?

  • 13 Desember 2020 pada 14:45
    Permalink

    Di atas sudah dijelaskan bahwa udara mengandung 78 persen nitrogen.
    Maka angin biasa sudah mengandung nitrogen sebanyak itu.

    Performa ban hanya tergantung tekanannya saja, dia enggak perduli gas apa yg diisikan ke dalamnya. Yg terpenting tekanan ban dijaga seauai rekomendasi kendaraan.

    Memang ada sedikit keuntungan nitrogen vs angin biasa, tapi keuntungannya terlalu dibesar2kan. Silakan dilihat sifat nitrogen di buku Fisika Dasar atau Kimia Dasar. Bedanya dikit banget koq.
    Jadi kalo mau balapan F1, di mana setiap kesalahan harus dieliminasi, silakan pake nitrogen.

    Saya sendiri, krn punya kompresor di rumah, selalu pake angin biasa saja.

    Dan nitrogen khan baru dipromosikan baru2 ini saja, tahun 80-an khan belum kedengaran.

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: