Toyota

9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya Serta Komparasi Versi Lama Dan Baru

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini akan coba diulas mengenai 9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya Serta Komparasi Versi Lama Dan Baru nih. Toyota Calya pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2016. Hingga kini, peminat mobil ini tetap melonjak. Baik yang lama maupu versi terbarunya.

9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya,
9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya,

9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya

Yup mas bro, tercatat  pada pertengahan 2019  saja penjualan Calya bisa mencapai 214.977 unit dalam kuru 3 tahun sesudah diluncurkannya mobil tersebut. Hal ini tentu diakibatkan banyaknya keistimewaan yang dimiliki Toyota Calya ini.

Nah berikut ini akan kita lihat tabel 9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya yang berhasil teraangkum, antara lain:

9 Kelebihan Toyota Calya

No.KelebihanKekurangan
1.Harga cukup murahKarakter mesin kurang ideal
2.Desain gak MurahanDinginnya AC tidak sampai ke baris ketiga
3.Hemat BBMSuspensi Amblas
4.Akomodasi lapangMesin cepat panas
5.Fitur keselamatan optimalTangki BBM tidak ada pelindung bawahnya
6.Fitur Interior yang okeAir Circulatornya berisik
7.Nyaman mengemudiSetir mengeluarkan bunyi
8.Suspensi empukBan terlihat cingkrang
9.Harga jual stabilArm roda depan terkena buangan air AC

Sebagai mobil MPV termurah milik Toyota, Calya memiliki daya tarik tersendiri sebagai mobil keluarga mas bro. Nah berikut ini uraian tentang 9 Kelebihan Toyota Calya dari 9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya yang berhasil dirangkum, yakni:

9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya.
9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya.

1. Harga cukup murah

Kelebihan pertama dari mobil LCGC 7 penumpang ini adalah Harga yang cukup murah mas bro. Masyarakat tentu mempertimbangkan, untuk membeli mobil yang istimewa tetapi murah. Dan pilihan itu jatuh pada Toyota Calya yang merupakan salah satu mobil termurah Toyota dengan berbagai fitur yang menawan.

2. Desain gak Murahan

Yang menjadi daya tarik selanjutnya dari Toyota Calya ini adalah Desain yang gak murahan mas bro. Walaupun mobil Calya tergolong  mobil murah, tapi tampilannya bisa dilihat dari desain Calya yang modern. Dari mulai bentuk bemper depan, lampu utama, desain velg,spion luar, hingga bentuk belakangnya, semua cukup terlihat menawan.

Desain kabinnya juga gak kelihatan murahan mas bro. Nuansa hitam yang diberikan pada interior Toyota Calya ini cukup berkelas. Pada bagian pilar pintu juga dibuat style blackout. Di bagian grill, ada desain trapezoidal dengan garnish krom.

2. Hemat BBM

Kelebihan selanjutnya dari mobil Calya ini yakni hemat BBm mas bro. Mesin yang disematkan pada mobil ini yakni 3NR-VE 1.2L 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-I berteknologi Electronic Fuel Injection, sehingga menjadikan mobil  LCGC ini hemat konsumsi bahan bakarnya dan menjadi yang terbaik di kelasnya.

4. Akomodasi lapang

Selanjutnya, Akomodasi yang lapang menjadikan salah satu kelebihan dari Calya ini mas bro. Pada mobil calya yang lama maupun keluaran baru memiliki ruang kaki dan ruang kepala yang cukup lega. Posisi tempat duduk juga bisa dirubah sesuai kebutuhan dan sesuai kenyamanan saat berkendara.

5. Fitur keselamatan optimal

Yang terpenting lagi dari sebuah kendaraan adalah keamanannya mas bro. Dan pada mobil Calya ini meski dikenal mobil yang murah, tetap saja menyertakan Fitur keselamatan yang optimal. Terutama pada Toyota Calya terbaru, ada fitur keselamatan modern seperti sistem pengereman ABS+EBD, sensor parkir, Dual SRS Airbag, juga kunci sistem immobilizer.

6. Fitur Interior yang oke

Kelebihan lain dari mobil Calya ini salah satunya adalah memiliki Fitur Interior yang oke mas bro. Tuas transmisi diposisikan di dashboard yang pengoperasiannya terasa lebih halus. Tampilan MID pada Toyota Calya ini juga cukup informatif dengan tampilan display posisi transmisi serta ECO Indicator.

7.  Nyaman mengemudi

Mobil Calya ini juga memiliki kenyamanan buat pengemudinya mas bro. Fitur easy blinker mempermudah pengemudinya saay menyalip disertai dengan pengaturan kopling yang pas. Pada kursi pengemudi juga penumpang depan, visibilitas didepan terlihat dengan jelas. Sayangnya, pandangan ke arah kaca belakang sedikit terganggu ketika jok belakang dinaikkan headrestnya .

8. Suspensi empuk

Yang tak kalah istimewa lagi dari mobil Toyota Calya ini adalah suspensi yang empuk mas bro.  Dengan dukungan adanya stabilizer bar, ketangguhan Toyota Calya saat ngaspal di jalan yang rusak tetap saja nyaman. Maka mobil MPV murah ini tetap terasa nyaman meski melewati jalan yang cukup sulit dan terjal berkat suspensi nan empuk.

9. Harga jual stabil

Kelebihan lain yang gak kalah istimewa dari mobil Calya ini yakni harga jual yang stabi mas bro. Harga jual tidak terlalu jeblok bila dibanding dengan kompetitor lainnya. Jadi jangan ragu membeli Calya dan tidak usah takut anjlok harga jualnya nih.

9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya-
9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya-

9 Kekurangan Toyota Calya

Bagitu banyaknya keistimewaan mobil Toyota Calya ini tentu tidak dipungkiri pula adanya kekurangan. Nah, berikut ini adalah uraian tentang 9 Kekurangan Toyota Calya darai 9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya berdasarkan keluhan pengguna secara umum mas bro, antara lain:

1. Karakter mesin kurang ideal

Seagai city car, mobil Calya ini dirasa karakter mesinnya kurang ideal mas bro. Sebab tarikannya terasa lebih baik di putaran mesin 3.000-4000 rpm saja. Saat pada putaran bawah, mesin terasa ngeden dan bersuara menggerung. Maka moil ini lebih nyaman buat kondisi jalan agak lengang seperti jalan antar kota.

2. Dinginnya AC tidak sampai ke baris ketiga

Kelemahan lainnya yang sering dikeluhkan adalah Dinginnya AC tidak sampai ke baris ketiga nih. Hal ini disebabkan Calya masih menggunakan air circulator di bagian tengah. Maka air circulator bisa dibilang cuma sebagai kipas yang mengantarkan angin ke belakang.

3.Suspensi Amblas

Terutama pada mobil Toyota Calya keluaran lama, saat penumpang berisi penuh suspensi terasa amblas mas bro.

4. Mesin cepat panas

Salah satu yang dikeluhkan pengguna yakni mesin yang cepat panas. Dan hal ini diakibatkan karena adanya kesalahan ketika pengisian cairan radiator coolant.  Jadi harus mengisi ulang radiator coolant yang sudah ada dengan memastikan kipas radiator harus berfungsi dengan baik. Saat pengisian tutup bleeding udara dibuka, dan pastikan air radiator keluar bro.

5. Tangki BBM tidak ada pelindung bawahnya

Pada mobil Calya ini, Tangki BBM tidak ada pelindung bawahnya. Untuk mengurangi bobot mobil, tangki didesain simpel dan terbuat dari plastik. Hanya saja hal ini memudahkan tangki mudah tergores.

6. Air Circulatornya berisik

Karena mobil Calya model lama ini menggunakan model air circulator, maka saat dinyalakan, air circulator ini membuat suara yang berisik mas bro. Menyala di posisi 2 atau 3 lebih berisik lagi, seperti bunyi angin ribut.

7. Setir mengeluarkan bunyi

Keluhan lain dari para pengguna yakni Setir mengeluarkan bunyi. Bunyi ini hadir saat mau belok patah seperti ketika mau berputar balik. Adanya bunyi-bunyi di setir ini sepertinya disebabkan adanya kesalahan sistem. Dan biasanya pengguna langsung membawa moilnya ke bengkel resmi. Sebab tidak semua keadaan mobil seperti ini.

8. Ban terlihat cingkrang

Pada mobil Calya ini  peleknya terlihat cingkrang atau kurang proporsional dengan mobilnya bro. Mungkin ini termasuk macam-macam selera pengguna. Dan untuk mengatasi hal ini tentu dengan mengganti pelek yang merek aftermarket. Ukuran pelek bisa dinaikkan 1-2 inci agar mobil terlihat lebih gemuk.

9. Arm roda depan terkena buangan air AC

Yang terakhir dari 9 Kekurangan Toyota Calya yakni Arm roda depan terkena buangan air AC mas bro. Arah lubang pembuangan air AC Toyota Calya langsung ke arm roda depan. Dan ini membuat hawatir lama-lama merusak arm tersebut. Sebagian pengguna mengatasi hal ini dengan menambahkan selang.

9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya'
9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya’

Komparasi Versi Lama Dan Baru

Mobil Toyota Calya ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2016 mas bro. Dan selang 3 tahun kemudian muncullah, model terbarunya yakni Toyota New Calya. Model LCGC 7 penumpang yang terbaru ini memiliki beberapa penambahan disana sini.

Eksterior

Pada versi baru Toyota New Calya ada beberapa penambahan eksterior, yakni:

– adanya New LED Headlamp

– adanya New Retractable Outer Mirror (tipe G)

– desain Front Grille baru dengan aksen Dark Chrome Element

– pada backdoor garnish ada New Dark Chrome Element juga desain baru New Alloy

– rumah foglamp Calya baru – berbentuk segitiga, sedangkan model lamanya segitiga terbalik

– Toyota memberikan pilihan warna baru untuk Toyota New Calya ini, yakni warna Bronze Mica Metallic

– Calya terbaru setir berteknologi tilt

Interior

Di bagian interior, Toyota Calya juga memberikan beberapa penyegaran. Yakni:

– dashboard dan kursi pengemudi juga penumpang di semua tipe disematkan warna cokelat gelap (dark brown)

– fitur baru Touchscreen Head Unit (tipe G)

– New Audio Steering Switch (tipe G)

-New Underseat Compartement Tray (tipe G A/T)

– Illumination on A/T Indicator (tipe G A/T)

– Driver Seat Back Pocket (tipe G)

– Front Console Box (tipe G)

Persamaan Calya dengan Toyota New Calya

Bagian-bagian yang masih sama dengan versi lama antara lain:

-mesin 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc DOHC Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi 108 Nm

– bagian belakangnya Calya terbaru ini secara umum masih terlihat sama dengan versi lama

Harga terbaru mobil Toyota Calya

Adanya  kehadiran Toyota New Calya yang memiliki banyak perubahan serta penambahan fitur yang semakin canggih, maka otomatis harga juga menjadi naik dari sebelumnya. Nah berikut ini daftar harganya mas bro:

Harga Toyota Calya sebelum mendapat penyegaranHarga Toyota New Calya
Toyota Calya 1.2 E STD M/T Rp136,05 jutaNew Calya 1.2 E STDT Rp137,463 juta
Toyota Calya 1.2 E M/T Rp138,85 jutaNew Calya 1.2 E M/T Rp140,263 juta
Toyota Calya 1.2 G M/T Rp144,4 jutaNew Calya 1.2G M/T Rp146,4 juta
Toyota Calya 1.2 G A/T Rp156,4 jutaNew Calya 1.2 G A/T Rp158,4 juta

Penambahan harga tersebut tentu sebanding dengan yang didapat oleh pengguna mas bro. Apalagi mobil Toyota Calya berkapasitas 7 penumpang ini selain irit bahan bakar biaya perawatannya juga masih terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat.

9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya`
9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya`

Perubahan yang terdapat pada Toyota New Calya sebenarnya memiliki perubahan yang terlalu signifikan mas bro. Pembeda dari versi lama dengan yang baru hanya sekitar tampilan dan aksesorisnya saja. Kalau dilihat dari wajah depannya terlihat jelas berbeda, dan ini membuat konsumen mobil Calya memiliki kebanggaan dalam membeli dan memiliki mobil model baru.

Demikianlah mas bro pembahasan tentang 9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya Serta Komparasi Versi Lama Dan Baru. Semoga bermanfaat buat semua.

33 komentar pada “9 Kelebihan Dan Kekurangan Calya Serta Komparasi Versi Lama Dan Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.