ATPM Masukin Motor CBU/CKD Tanpa Down Grade Haram Hukumnya | Bonsaibiker

ATPM Masukin Motor CBU/CKD Tanpa Down Grade Haram Hukumnya

Beginilah kira-kira kalimat yang mewakili uneg-uneg banyak biker tanah air dalam mensikapi kebanyakan motor-motor yang didatangkan dari luar negeri yang selalu merupakan spect down dari negara asalnya. Spect down ataupun down grade ataupun penurunan spek atau apalah istilahnya, tentu terkadang menjengkelkan bagi para biker mania.

Tengoklah Ninja 250 yang edar di Eropa memakai pengabutan injeksi, sementara di tanah air hanya mengaplikasikan karburator. Ini pun belum cukup, karena seharusnya dengan memakai karburator power lebih besar, tapi kenyataannya justru lebih keil, ini menandakan ada part lain yang juga ikut di down grade.

Tengok juga dengan Byson yang nampaknya juga mengalami pemotongan power, di negara asalnya mampu mengalahkan CB Unicorn atau New Mega Pro di putaran bawah, (gigi 3/4)  tapi setelah sampai di Indonesia nampaknya malah di libas NMP di semua rpm, tentu hal ini merupakan hasil down grade , padahal sudah mengaplikasikan ban lebih kecil. Juga ban yang lebih kecil daripada di negara asal. Demikian juga Satria FU yang versi CBU utuh dan versi rakitan Indonesia juga mengalami reduksi power yang lumayan mengecewakan.

Demikianlah terjadi penurunan spek dari Negara asal dengan berbagai macam pertimbangan ATPM, mulai dari kejar harga, ketersediaan spare part, pemeliharaan yang rumit, hingga alasan yang terkadang susah untuk dimengerti. Memang untuk kejar harga terkesan alasan ini mendukung konsumen agar bisa terjadi persesuaian antara daya beli dan harga jual. Namun bagi sebagian kalangan ini merupakan momok yang menjengkelkan, bagaimana tidak, seorang pemakai ninja 250 tiba-tiba disalip CBR 150 akibat si down grade ini, hingga akhirnya harus meng-up grade sendiri motornya.

Di akhir tulisan opini ini marilah kita simak, apakah AHM akan menyunat spek CBR 150 dan 250 yang rencana akan di datangkan ke tanah air ini atau tidak? Bila ya berarti judul di atas memang akan sekali lagi terbukti, dan bila tidak maka acung 4 jempol buat AHM.

Advertisements
%d bloggers like this: