Fenomena Leher Knalpot Kuning Bukan V-ixion Aja, Kenapa Ya? | Bonsaibiker

Fenomena Leher Knalpot Kuning Bukan V-ixion Aja, Kenapa Ya?

Brader sekalian seperti yang sering diulas di Warung Ijo tentang V-xion, kemudian disela-sela komentar beredar julukan bagi Gian Killer ini menjadi si leher kuning atau kalung emas. Ternyata tak hanya V-ixion saja yang lehernya menguning, CS 1 sama kuningnya setelaah melewati usia + – 10 bulan. Weeks ngompor nieee!!!!

Bonsai Biker sendiri secara subyektif berpendapat bahwa ini sangat mengganggu nilai estetika, bayangkan motor yang semula leher knalpotnya hitam legam bak otot karat balung wesi, setelah lewat 9 bulan perlahan tapi pasti menguning kusam. Leher knalpot menguning ini sungguh mengganggu pemandangan mengingat mesinnya berkonfigurasi tegak untuk V-ixion dan semi tegak untuk CS 1, jadi leher knalpot sangat nampak, baik dari depan maupun samping bak gadis yang memakai kalung, tapi kalau emas sih bagus, namun kusam !!!??? Lain halnya bila bebek yang bermesin “ndlosor” leher knalpot ini tak terlalu kelihatan.
Kasus ini nampaknya perlu ditangani demi sempurnanya ke depan terhadap 2 produk ini, mengingat beberapa motor seperti Tiger dan Scorpio meski me

ngaplikasikan knalpot hitam tapi proses penguningannya tak secepat Vixion dan CS 1.

Ketika Jams Bons ngraga sukma sowan kepada Begawan Kolor Ijo untuk minta petuah tentang kasus kuning ini Beliau dawuh (bilang) tentang pelapisan krom pada logam/besi/knalpot:

Terdapat 3 tahapan penting dalam pelapisan ini, yang pertama pelapisan tembaga, yang ke dua pelapisan nickel, dan terakhir pelapisan krom. Nah, krom sendiri kualitasnya macam- macam, ada yang biasa dan ada hard krom. Prosesnya sama namun ramuannya yang beda!! Kalu krom biasa/bright crome cuma untuk asesoris…nah kalo hard crome ini untuk area yang kerja di tempat panas ato kerja keras (tabung sock) atau lengan hidrolik contohnya!!

Untuk kualitas ngekrom sendiri tergantung saat masuk alkali degreasing…bisa dilakukan dengan cara di leaching, yaitu mencelup preparat (barang yang akan dikrom) kedalam larutan alkali dan asam secara bergantian!! nah air yang murni dan asam dalam konsentrasi tinggi lah yang menentukan hasil akhirnya. Sod-sianida dalam kadar yang tinggi memberi efek tahan lama dan kinclong pada krom!! pembilasan pada air murni akan memberikan efek tidak kusam (kekuning2an)!! Kalo inponya kurang lengkap ubek2 ajah mbah gugel dengan keyword teknik platting,tahapan krom atau teknik krom.

kalo motor sekarang knalpot pake cat item dof…sayang, tipe cat yang dipake bukan yang anti panas..sehingga pipa gas yang dipake sebagai bahan knalpot jadi berkarat!!
uap air +o2 akan gampang mengkorosi knalpot…karena dalam kondisi panas proses kimia berlangsung lebih cepat (panas sebagai katalis)…efeknya knalpot kuning2…..!! kalo mo lihat knalpot yang bebas kuning adalah knalpot HADE!! soalnya kualitas memang numero uno!!

Trimakasih Begawan atas petuahnya@!!!!!!

%d bloggers like this: