Honda MotoGp, Tim Pabrikan dan Satelit Terpaut Jauuh, Yamaha Mirip

big_bautista_lorenzo_assen_01
big_bautista_lorenzo_assen_01

Beda strategi di kubu Yamaha dan Honda di MotoGP ternyata begitu terlihat, dimana Honda antara tim Pabrikan dan tim satelit terpaut cukup jauh sementara Yamaha begitu mirip. Lihat saja bagaimana Stoner dan Pedrosa debagai tim pabrikan melaju sendirian di depan, sementara tim satelitnya  yakni Bautista dan Bradl jauh di belakang hanya berada di urutan 7 dan 9 klasmen sementara, sedangkan Yamaha Lorenzo di urutan depan dikuntit pembalap satelitnya yakni Dovi dan crutchlow di urutan 4 dan 5. Duo pembalap Yamaha ini bahkan tak jarang mampu bersaing dengan pembalap pabrikan yamaha atau Honda sekalipun. Bahkan yang tim parikan Spies terlempar ke posisi 10 jauh dibawah tim satelitnya sendiri.

Kalau dilihat dari materi Tim memang Yamaha mempunyai Dovizioso yang mantan tim pabrikan honda, wajar jika mampu berbicara banyak, tapi Crutchlow belu ada pengalam di tim utama pabrikan tenar macem yamaha atau Honda tapi ia bisa moncer bersaing dengan Dovi. Sementara Honda dua tim satelitnya yakni Bautista dan Bradl memang masih baru.

Hanya begitukah jawbannya, mm nampaknya tidak, spek motor satelit Yamaha nampaknya tidak jauh beda dengan spek tim pabikan, sementara Honda terlihat jauh beda. Hal ini beda dengan tahun dulu ketika mendiang Simoncelli menjadi tim satelit yakni honda Fressini tapi dikasih motor spek pabrikan. Kenapa demikian? Jelas tahun lalu Honda butuh sekali juara dunia, tim dengan modal terbesar masak kalah dengan tim yang modalnya jauh dibawahnya, tengsin dong, makanya Honda menyewa 4 gladiator di tim utama ditamabah satu Simoncelli sebagai penjamin juara, dan Honda menggapai impiannya. Kini honda sudah tahu seberapa besar kemampuan Yamaha, rasanya dengan Stoner dan Pedrosa saja sudah cukup untuk membungkap Yamaha.

Nah kini yang ngebet adalah Yamaha, sayangnya yang bisa bersaing dengan Honda hanya Lorenzo dan seseekali Dovi mencuri perhatian. Kondisi ini diperparah bahwa setelah crash ditabrak Bautista minggu lalu ternyata Lorenzo kehilangan 1 mesinnya, maka jurus ngirit mesinpun harus diterapkan, karena aturannya kan tak boleh nambah mesin diluar jumlah yang ditetapkan, Mampukah Yamaha? YO kita tunggu aja.

MotoGP World Standing 2012

Pos.

Rider

Bike

Nation

Points

1 Jorge LORENZO Yamaha SPA 160
2 Dani PEDROSA Honda SPA 146
3 Casey STONER Honda AUS 140
4 Andrea DOVIZIOSO Yamaha ITA 92
5 Cal CRUTCHLOW Yamaha GBR 85
6 Valentino ROSSI Ducati ITA 71
7 Alvaro BAUTISTA Honda SPA 67
8 Nicky HAYDEN Ducati USA 65
9 Stefan BRADL Honda GER 62
10 Ben SPIES Yamaha USA 61
11 Hector BARBERA Ducati SPA 53
12 Randy DE PUNIET ART FRA 24
13 Aleix ESPARGARO ART SPA 23
14 Michele PIRRO FTR ITA 16
15 Mattia PASINI ART ITA 12
16 James ELLISON ART GBR 10
17 Danilo PETRUCCI Ioda ITA 9
18 Colin EDWARDS Suter USA 8
19 Yonny HERNANDEZ BQR COL 6
20 Ivan SILVA BQR SPA 5
21 Karel ABRAHAM Ducati CZE 4
Advertisements
Advertisements

13 Comments

  1. mulai bosen aku mbah. . . seru wsbk . . .

    GP moto3 udah jadi OMR honda
    GP moto2 juga sama OMR honda
    tinggal kelas 1000 cc aja skalian dibikin mesin tunggal honda

    hidup balapan sasis. . .

    lempar lpg 3 kg

    keep brotherhood,

    salam,

  2. honda Fressini, tim mana nih, baru pernah dengar.

    Mungkin krn motor Y lebih gampang dikendarai, spek pabrikan dan satelit jadi nggak terasa terlalu beda. Atau mungkin speknya sama, siapa tahu. Kalau H speknya sama, cuma beda di suspensi dan rem. Pakai showa dan nissin katanya. Tapi dua komponen ini pengaruhnya besar.

    Soal jatah mesin Lorenzo, harusnya nggak terlalu berpengaruh, tahun kemarin Stoner cuma pakai 4 mesin dari jatah 6. Tetep bisa juara.

    • Aku nggak ngomong gitu lho. Tapi ada saja kok cara bikin mesin awet. Dan mekanik Y motogp pasti bisa. Lihat saja di akhir race nanti. Lagian jatah mesin tahun depan mau dikurangi lagi. Itung2 latihan duluan.

  3. Kelihatannya semua tergantung dana kang, hehehe.. Gresini kan i motornya udah spek pabrikan, tinggal pembalap sama tim yang ngembanginnya nih bisa bersaing ndak

  4. dari dua race kemaren, kayaknya Honda udah bisa ngatasin problem geter pada motornya makanya langsung ngacir ke depan.
    hohe cuma bisa ngarepin keberuntungan doank, tanpa bisa bersaing…

  5. bukannya bautista star dari urutan buncit krn hukuman nyundul lorenzo… dan luar biasa bisa finish ke 7.emang mesin honda mantap

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin