Adu Cepat Produksi Mobil Listrik Antara Indonesia, AS dan Jepang, Serius Atau Dagelan Politik?

162234_dahlanin2
162234_dahlanin2

Sejak awal bergulirnya isu Mobil listrik yang dimotori Menteri BUMN Dahlan Iskan kini tengah memasuki babak baru. Ya berbagai media mulai menyelidiki asal usul mobil litrik ini. Sebuah temuan mobillistrik ini di desain oleh alumnus ITS yang pernah bekerja di AS dalam bidang mobil listrik ini. Kemudian keluar statmen dari sang menteriĀ  Menteri BUMN Dahlan Iskan menyakini mobil listrik milik Indonesia tak kalah bagus dengan merek mobil listrik di luar negeri.”Ini saingannya Jepang dan AS. Ibarat kita lomba-lomba,” kata Dahlan di bengkel milik Dasep, PT Sarimas Ahmadi Pratama, Depok, Selasa (17/7/2012).

Detik oto melansir bahwa Dahlan optimistis, kendaraan listrik nasional tak kalah baik dengan mobil listrik kedua negara tersebut. Indonesia sejak lama sudah melakukan riset soal mobil listrik, karenanya secara teknologi akan sanggup bersanding.”Listrik kita sama, Jepang dan Amerika baru mulai. Selama ini mereka hanya riset. Kita juga sudah mulai riset, seperti ITS sejak 10 tahun yang lalu sudah mulai,” papar Dahlan.

Nah pertanyannya adalah betulkah ini diusung Atas namaproyek besar sebuah idealisme ke depan untukcitra bangsa? Atau hanya sebuah dagelan politik belaka?

Satu fakta monggo kita bisa lihat bagaimana Mobil Esemkayang sekarang tak ada lagi pemberitaannya. Bisa saja mungkin mobillistrik andaikata hanya dijadikan kendaraaan pak Dahlan Iskan untuk menuju RI 1.

Namun dari sisi bahwa Dahlan Iskan adalah orang yang terlalu kaya sehingga andai Mobil Listrik dijadikan kendaraan rasanya terlalu spele. Media telah di kuasai pak menteri ini lewat jawa pos group, jelas itu lebih signifikan dalm memawa popularitasanya daripada hanya sebuah mobil. So bisa saja memang ini adalah sebuah kabar baik dari seorang menteri. Ha bagaimana menurut anda?

Advertisements
Advertisements

22 Comments

  1. Dahlan is Khan, lha “my name is khan” bukannya diperankan syharukhan? just kiddin hehe.
    DI katanya pernah bekerja di Chrysler selama 10 thn pak, mdh2an itu yg melandasi pembuatan moblis nya?

  2. kalo bicara politik jelas ada mas bro, pemerintah bahas isu transportasi tentu suka nggak suka, langsung tidak langsung adalah isu politik. yang penting apakah ini berkelanjutan dan membawa kemanfaatan bersama. ato seperti kata bro bons, dagelan….. yah semoga saja nanti ini bisa dibanggakan…

  3. Menurt q hanya untk mencri2 s*****i aja ah. .
    Knp ga esemka aja? Yg lbh jelas? yup palng membuka jalan untuk menuju RI 1. .
    Ya smga aja anggapan sya slah amin. .
    Astaghfirulloh haladzim
    Amin

  4. 100% bermuatan politis seperti mobil esemka berhasil mengantarkan jokowi jd cagub kuat dki.. bayangkan saja kekuatan media mendongkrak citra walkot kota kecil lsg tembus cagub kota metropolitan.. dukungan dana tak terbatas untuk melancarkan konspirasi politik, dari mana sumbernya, silahkan pikir sendiri..
    #remason.. :mrgreen:

  5. proyek mubazir,,
    Adakah yang mau beli nantinya kalo bener2 di komersilkan?
    Ane rasa ga..
    Mending bikin motor nasional yang murah dan berkualitas,,
    Atau perbaiki dulu tuh kualitas produk BUMN, jangan cuma birokrasinya. Percuma..

    • gk mubazir ko, itu aset negara, kalau orang indonesia sendiri gk mau memakai produk negaranya yah siapatau dimasa yg akan datang ada pihak asing yg mau membeli teknologinya. toh negara lain rakyatnya lebih banyak yg cinta alam ketimbang negara ini yg rakyatnya lebih banyak yg cinta polusi.

  6. mudah-mudahan tidak ada unsur politik dalam pengembangan teknologi indonesia ini
    yang pastinya kita doa’kan saja lah indonesia sebagai Negara Maju dan bukan Berkembang Lagi Amin

  7. rasanya utk teknologi, memang kita tidak perlu mengikuti tahap2 seperti harus bikin mobil sederhana dulu, trus semakin canggih sampai mobil listrik, kita bisa potong kompas langsung melakukan riset itu.. di artikel ane pernah singgung, justru ada keuntungan kita potong kompas, krn kita gk perlu mikirin brapa trilliun yang musti balik dari dana riset teknologi sebelumnya..berbeda dengan pabrikan2 yg udah establish, untuk bisa membuat kendaraan spt skrg, dulu mrk riset besar2an, untuk melakukan lompatan mrk perlu balik dulu dana riset yg lama…. jadi istilahnya kita bisa start lebih di depan..jadi nurut saya bisa aja dua2nya jalan, esemka maupun mobil listrik, karena berbeda konsep..

    http://boerhunt.wordpress.com/2012/07/17/renungan-awam-seputar-otomotif-nasional-apa-yang-kira-kira-seharusnya-dilakukan-pemerintah-ke-depan/

  8. buat saya gk ada masalah walau proyek ini dijadikan ojek politik, soal akan dilanjutkan atau tidaknya proyek ini oleh dy itu terserah. setidaknya prototipe dari mobil listrik indonesia sudah tercipta, jd jika ada pengusaha yg cukup kaya atau orang yg peduli soal mobil listrik gk perlu lg riset dari 0, cukup membeli prototipe itu dan dikembangkan menjadi lebih baik lagi. karena kalo riset dari 0 lagi itu butuh waktu tahunan lagi.

    tp semoga saja terus dijalankan proyeknya, jangan sampai terhenti.

  9. Sebenarnya bangsa ini bnyak sdm yg potensial,persoalan yg terjadi rancang bngun a-z di garap sendirian,jdi ga maximal hasilnya..

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin