Race GP Assen 2013, Balapan Luar Biasa Mendebarkan, Rossi Juara! Crutchlow Wow

Race GP Assen memang begitu dramatik, ya bayangkan saat FP 1 Lorenzo tebar ancaman, lalu FP 2 ndlozors hingga harus dioprasi di Spanyol, lalu kemudian selesai operasi langsung kabur lagi ke Assen untuk ikut Warming Up dan kemudian bisa ikut race dari posisi 12. Adapun Marquez sempat ndlosor di FP 3  hingga jarinya patah, ee ternyata mampu bangkit lagi dan memimpin FP 4 diikuti Rossi, juga sanggup bangkit di kualifikasi dan enjadi no 2 dibelakang Crutchlow, lalu diikuti Bradl di posisi 3. Sementara itu Rosi mulai menunjukkan tanda membaik setelah sukses memperbaiki setingan motor. Meski hanya memulai race dari posisi 4 tapi setidaknya saat warming up dia mampu tampil tercepat. Adapun Pedrosa nampak sedang woles alias slow kayaknya kurang gairah, namun mayanlah, mulai race dari urutan 5.

GP Assen 2013
Race GP Assen 2013

Jalannya balapan

Begitu balapan dimuli para pembalap langsung ngacir memperrebutkan posisi depan, Pedrosa dari posisi 5 langsung ngacir ke posisi depan disusul Marquez, lalu Bradl dan Rossi. Beberapa saat kemudian Rossi overtake Bradl dan menempati urutan ke tiga, dan kemudian Bradl disalip Crutchlow dan terlempar dari posis 4.

Lorenzo yang start dari posisi 12 langsung ngacir dan beerapa saat kemudian telah nangkring dibelakang Bradl dan kemudian mengovertake Bradl dan menempati urutan 5. Gak cukup sampai di sini Lorenzo pun langsung mengovertale Crutchlow untuk menempati posisi 4.

Saat balapan menyisakan 21 lap, Rossi memburu Marquez, beberapa kali Marquez keteteran, bahkan sempat hampir keluar jalur terlalu ke dalem saat ditikungan. Dan akhirnya disebuah tikungan Rossi mengovertake Marquez. Ahaiiy nampaknya Rossi sedang jozz, hingga target berikutnya adalah memburu Pedrosa merebut posisi 1. Beberapa kali Pedrosa dipepet dan kahirnya disalip di sebuah tikungan, wewe, jozz, baravo Rossi, dan saat itu juga para penonton di tribun yang pendukung 46 langsung berdiri angkat topi, wew.

Race masih 19 lap lagi, Lorenzo terus mengintimidasi Marquez, beberapa kali mepet di tikungan, namun belum juga berhasil. Beberapa saat kemudian penetrasi Lorenzo mengendur, mungkin karena sambil menahan rasa sakit yang dideritanya pasca oprasi. Bahkan beberapa kali Lorenzo hampir disalip Crutchlow. Dan saat race menyisakan 13 lap lagi Crutchlow menyalip kembali Lorenzo merebut posisi 4.

Saat balapan menyisakan 10 putaran secara mengejutkan Marquez mnyalip Pedrosa, mak wuzzz, hahahaha. Ya, Pedrosa dan Marquez saling adu takstis untuk meperrebutkan posisi 2. Praktis situasi macem gini menguntungkan Rossi di depan, karena duo Honda ini asing saling kejar mengejar, sehingga Rossi lepas dari pengawalan mereka.

Crutchlow
Crutchlow

Beberapa saat kemudian Crutchlow mengejar pedrosa dan berusaha merebut posisi 3, sebuah upanya menyalip di sebuah tikungan hingga sangat dekat, namun salah teknik sehingga gagal, Crutchlow malah melebar ditiukngan. Ya, makin lama Pedrosa makin terlihat melambat, hingga saat balapan menyisakan 5 lap lagi Crutchlow berhasil mengovertake Pedrosa. Wew Luar biasa Crutchlow menempati urutan 3.

Beberapa saat selanjutnya Crutchlow berusaha mengejar marquez, hingga menyisakan jarak cukup dekat. Beberapa kali mau menyalip namun gagal, hingga disuatu tikungan Crutchlow berhasil memepet marquez, namun sayang Crutchlow kurang taktis beloknya sehingga lurus bae ora belok-belok.

Pemenang balapan

Balapan akhirnya dimenangi Rossi dengan jauh di depan, disusul Marquez dan Crutchlow.

Valentino Rossi
Rossi Win GP Assen

Hasil selengkapnya

Advertisements
Advertisements

20 Comments

  1. salut buat jl.bener2 rider sejati tak takut mati.5 jempol buat hohe,,yg menang di assen ini sesunguhnya dia,menurut saya,

  2. Lho… Pak bons..!!
    Bukannya ini tahunnya honda.. Koq kalah lagi..?
    Kan sesuai artikel beberapa minggu lalu kalau honda lebih superior dari yamaha dan tekno honda rcv dua langka didepan yamaha m1..?

  3. Gaya penulisan artikel di blog2 memang bikin fbh jadi pongah…
    Sekali honda menang maka artikelnya adalah betapa superiornya motor honda motogp dan betapa lemotnya yamaha m1, dan bahkan honda kalah pun honda tetaplah honda lebih superior, klo yamaha menang itu hanya karena beruntung… Atau karena ridernya hebat…

  4. Teringat artikel2 di blog2 pasca race jerez dan atau lemans beberapa waktu yang lalu… Artikel yang tidak akan pernah dijumpai saat yamaha yang menang..

  5. pedrosa beruntung pake honda. coba kalo pake yamaha pasti finish di belakang Iannone.
    *ini kan yg dimaksud kalo motor honda itu kencang, superior, dst? 😀 😀

  6. Rossi tetaplah rossi…living legend, and he’s back on, marquez ada kemungkinan jadi the next legend, Crutchlow–very very talented rider, sedikit polesan lagi +spec factory bukan g mungkin bisa juara seri, Lorenzo–juara bertahan yg spiritfull dan mentalnya emang sekuat platina di bahunya, espargaro–unbelievable (Low Budget, High result), pedrosa — bener kata Kevin Schwantz, jadi inget Guy Martins di isle man tt … Honda dan Yamaha sama hebatnya, walopun dalam bagian yg berbeda…sehebat apapun motor, perlu pembalap yang tepat untuk mengexplore kelebihannya (inget stoner di desmo tahun 2007), nice share pak bons

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin