Membaca Editorial Kompas Ini Kok Jadi Miris: Avanza-Xenia Sebaiknya Dilarang Beredar | Bonsaibiker

Membaca Editorial Kompas Ini Kok Jadi Miris: Avanza-Xenia Sebaiknya Dilarang Beredar

Sebuah artikel diupload tentangΒ  bagaimana system safety di negara kita. Monggo lihat di SINI. Yup kasus ini begitu di sorot, entah karena memang betul begitu miris mengendarai mobil ini, atau sekedar kecerobohan, atau karena ada sebab tarik-menari kepentingan, tapi jelasnya memang mobil ini begitu disorort, baik oleh polisi, pengendara, maupun masyarakat pada umumnya. Sebelumnya monggo dibaca dulu beberapa petikan artikel dari sumber di atas:

Avanza Remuk

Avanza Remuk

Β “….. Sebut saja sekedar contoh kecelakaan yang melibatkan Syaiful Jamil dengan Avanza yang dikendarainya (3/9/2011) dan lakalantas Xenia kontra Nissan Juke diΒ Tol Purbaleunyi, Bandung, Jawa Barat (7/4/2013), yang menewaskan lima orang penumpang Xenia.

Di Eropa standar keamanan kendaraan menjadi hal utama dan tak bisa ditawar-tawar seperti di Indonesia. Sebelum kendaraan boleh dijual ke masyarakat wajib diuji standar keselamatannya. Demikian pula di Amerika Serikat. Tak heran dalam film-film Hollywood mobil-mobil murah buatan Jepang jadi bahan ide untuk olok-olok; betapa rendah fitur keselamatannya.

Di Indonesia justru sebaliknya. Kendaraan seperti Avanza dan Xenia dengan fitur keamanan sangat minimal boleh-boleh saja beredar luas dipasarkan di mana-mana. Entah apa alasan dan logika para regulator perhubungan di negeri ini.

Coba saja pegang plat dinding Avanza dan Xenia. Contohnya pintu belakang ditekan dengan tangan sambil menutup pintu saja sudah penyok, saking tipis dan buruk kualitas platnya. Lah, bagaimana mau melindungi penumpang di dalamnya….”

Nah, belakangan bahkan mobil murah kini lebih parah lagi speknya. Yup, monggo bagaiman pendapat agan sekalain, sebenarnya apa yang terjadi dengan mobil ini, Terlalu riskan keamanan, atau memang pengendaranya banyak yang ngasal, atau justru memang karena di posisi puncak sehingga banyak yang meributkannya?

%d bloggers like this: