Wah Unik Juga, Ada Yang Bilang Kalau Sport 250 cc 4 Silinder Itu Sama Saja Kembali Ke Zaman Batu

Gonjang-ganjing bahwa Kawasaki kabarrnya bakal menelorkan motor sport 250 cc 4 silinder. Rumor ini merebak dan luar biasa begemuruh tanggapannya dari khususnya pecinta roda 2 di Dunia maya. Ya meski belakangan rumor ini dabantah Kawasaki. Nah ada satu statmen menarik yang bisa di simak, bahwa statmen ini lucu unik dan menggelitik, bahwa kalau sport 250 cc menggunakan 4 silinder sama saja kembali ke zaman batu. Aihihihi, ngaco gan ini statmennya tapi siamk alasannya, masuk akal juga.

In Line four

In Line four

Ya, hal ini bisa ditelisik kenapa Honda global tetep kekuh dengan 1 silinder, belakangan kemudian Kawasaki juga bikin yang 1 silinder. Jelasnya 4 silinder lebih boros dari banyak sisi, mulai bensin, perawatan, part, hingga oli mesin sekalipun. Ya bandingkan saja Konsumsi BBM Ninja 250 FI dengan RR mono atau dengan CBR rata-rata Ninja 250 FI hanya berada di 20-25 kpl bbmnya. Sementara Mono atau CBR bisa 30 KPL atau lebih, nah kalau 4 silinder bisa lebih boros lagi dong! Demikian juga settingan part, menyetel 2 silinder jelas lebih ribet dari 1 silinder apalagi 4 silinder. Demikian juga oli mesin, Ninja 250 FI membutuhkan 1,8 liter oli, sementara RR mono hanya butuh 1 liter oli saja cukup, irit kan! Lha kalau 4 silinder berapa liter olikah?

Ya sebetulnya menyebut zaman batu juga gak tepat-tepat amat, terlalu jauh analoginya, wong mesin 250 cc 4 silinder itu juga barusaja terlewat 2 dasawarsa lalu, tahun 85-95 an, dimana hampir semua pabrikan membuat mesin tersebut, mulai dari Honda, Kawaski, Yamaha, hingga Suzuki. Tap ya itu, mungkin yang dimaksud zaman batu adalah hiperbol terhadap teknologi lama. Bahwa 1 silinder dengan teknologi terkini bisa lebih irit, lebih efisien, masalah kecepatan pabrikan bisa mengoptimalkan, demikian masalah harga bisa ditekan.

Ya kalau mau jujur, boleh jadi harga sport 250 cc 4 silinder degan 600 cc 2 silinder bakal sama saja, atau setidaknya sedikit di bawah yang 600 cc 2 silinder. Tetapi performa yang dihasilkan jelas jauh lbih besar yang 2 silinder 600 cc. Lihat saja Yamaha R 25 yang rakitan lokal 2 silinder bisa 53 jutaan, sementara er 6 n yang impor utuh alias CBU 650 cc 2 silinder berada di 100 sekian juta, nah berapa harganya kalau 4 silinder 250 cc? 80 Juta? Mungkin motor ini akan laku, teteapi boleh jadi terbatas pada kalangan tertentu atau penghobi saja, karena kalau berharap speed, mending tambah 20 juta sudah mendapat yang jauh lebih yahud.

Hanya sambutan dari lamunan kamar mandi!

About these ads
This entry was posted in Portal Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Wah Unik Juga, Ada Yang Bilang Kalau Sport 250 cc 4 Silinder Itu Sama Saja Kembali Ke Zaman Batu

  1. iyan says:

    kalo gitu bikin tang tiga silinder lah

  2. RPMspeed says:

    Kok bisa ๐Ÿ˜ฎ

    —————————————–
    Kenali Ciri Rantai Yang Aus
    http://rpmsuper.com/2014/07/06/ciri-rantai-sudah-aus/

  3. prasetyo676 says:

    4 silinder sih keren, hanya kurang efisien mungkin.

    Transformers 4 : Age of Extinction โ€“ Gallery Foto Mobil dan Truk Sebagai Tokoh dalam Film | prasetyo676.wordpress.com
    http://prasetyo676.wordpress.com/2014/07/06/transformers-4-age-of-extinction-gallery-foto-mobil-dan-truk-sebagai-tokoh-dalam-film/

  4. ini masalah kepuasan 250cc 4 silinder gokil jg atau mungkin 3 silinder selama ada yg mau beli gk masalah

  5. menurut saya 250cc 4 silinder suaranya gk mirip moge tp malah mirip F1 mending 3 silinder aja antara suara triumph n suara moge 4 silinder redline 16.500 rpm

  6. jay Hendra says:

    4 silinder inline udah biasa, apalagi dual silinder, v twin udah banyak v 4 juga
    Saya nungguin v3 wkwkwk
    Sama ekstrak kulit manggis :v

  7. wawan says:

    nyimak aja nggih mbah

  8. ndp90 says:

    4 silinder untuk 250cc atau cc dibawah 600cc, sepertinya sudah tamat..krn memang saat ini efesiensi yg paling difokuskan..wong mongtor cc besar aja mulai main di 2-3 silinder.. jd paling cocok utk cc kecil maksimal ya 2 silinder.. menurut saya lbh baik main di konfigurasi mesin entah itu v engine atau crossplane crankshaft drpd main 4 silinder..

  9. goldwings says:

    Gimana kalo 250cc 3 silinder?

  10. machalesana says:

    4silinder 250 cc 144 kg itu jaman batu banget ๐Ÿ˜€
    yang modern tuh 250 cc jomblo 161 kg
    lol

  11. thedeadbone says:

    rondo CBR150 ma CBR250 kisaran brpan mbah bonssss,biasane bakul rondo” e

  12. cadoxs says:

    Hidup jomblo :p

  13. ahacorp says:

    sesungguhnya mesin yang benar benar baru dan moderen sampai sa’at ini belum ada yang menggeser yaitu metik bang….sedangkan motor dengan jumlah silinder semakin banyak untuk mendongkrak performa mesin dan jumlah besarnya cc kita ketahui bersama adalah mesin produksi lama hanya dengan tambahan modifikasi tehnologi baru jadi bila di bilang moderen dan terbaru sampai saat ini masih di pegang metik dengan kenyamanannya bang

  14. Ah itu kata orang yg apriori aja …… ini….Indonesia bung …..apa aja dibeli:D

Leave a Reply

Your email address will not be published.