Mesin Mati Di Lintasan Kereta, Kijang Grand Ringsek Disrudug Kereta, 5 Orang Meninggal

Karena mesin mati mendadak pas diperlintasan kereta, maka kecelakaan mautpun tak terhindarkan. Kereta Api Argo Bromo Anggrek menabrak mobil Kijang B 1131 KMB di pelintasan tanpa palang pintu di Desa Brambang, Kecamatan Karangawen, Demak, Rabu (8/10/2014). Dalam kecelakaan ini sedikitnya lima orang korban meninggal.

Argobromo nabrak Kijang

Argobromo nabrak Kijang

Data Korban
Berdasarkan berita dari kepolisian korban meninggal dunia adalah Sutarto Siswo Hardono, Ponimin, Sri wahyuni, Lilis (32), dan Hartanto (33). Semua korban masih dalam satu keluarga dan tinggal di Dukuh Ngepung, Desa Karanganyar, Kecamatan Weru, Sukoharjo. Sementara itu, korban yang selamat adalah Esti Wahyuntari (33), Ponirah (54), serta dua anak, Selma (6) dan Faiz Abdillah Romadhon (5).

Kronoloogis Kejadian

Mobil yang dikemudikan oleh Hartanto yang merupakan salah satu dari korban yang meninggal ini dihantam Kereta Api Argo Bromo Anggrek yang melaju dari Surabaya menuju Jakarta dengan nomor lokomotif CC2061389. Mobil dengan 9 orang di dalamnya itu pun sempat terseret sejauh 15 meter dan ringsek. Menurut saksi sebelum tabrakan terjadi, warga sudah memperingatkan bahwa ada kereta api yang lewat di jalur ganda sebelah utara. Namun karena sopir bukan orang daerah situ makanya jadi grogi, dan keudian mesin mati di tengah rel, lalu terjadilah tabrakan tersebut.

Sebagai catatan bahwa perlintasan yang terletak di Desa Brambang, Kelurahan Brambang Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, itu tidak berpalang. Sirine peringatan di lokasi juga tidak berfungsi.

Kenapa Mesin Bisa Mati?

Ngutip dari Yahoo gan!

“Banyak faktor yang mengakibatkan mobil mendadak mogok di lintasan rel. Menurut penjelasan ahli, mogoknya mobil terjadi akibat daya magnetik yang terdapat pada rel kereta api.

Daya tarik magnet timbul karena adanya gesekan antara roda kereta dan rel. Roda kereta api umumnya dari baja berjenis ferritic. Baja jenis ini mempunyai medan magnet yang sangat kuat bahkan terkuat ketimbang jenis baja lainnya. Pemilihan baja ini agar kereta melaju stabil.

Kendaraan yang rawan mogok, biasanya adalah kendaraan yang berbahan bakar bensin, sedangkan yang berbahan bakar solar, tidak akan berpengaruh. Sebab, beberapa kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan platina dan CDI. Saat terkena medan magnet besar, pengapian CDI ini akan terpengaruh, sehingga mesin bisa mati.

Tips Ketika Mobil Mati Di Atas Rel

Berikut tips dari Kepala Humas Daerah Operasional I Jabodetabek PT Kereta Api, Mateta Rizalulhaq masih dari Yahoo.

“Pertama, bila kendaraan tiba-tiba mogok di atas rel, dorong kendaraan Anda dari rel. Setelah itu, baru Anda mencoba menghidupkan mesin kembali.

Kedua, lihat kiri dan kanan, bila ada kereta mau lewat, hentikan kendaraan Anda. Ketiga, jangan berebut dengan kendaraan lain. Yang lebih penting, tambah putaran mesin setiap kali melintasi rel KA.

This entry was posted in Lakalantas and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Mesin Mati Di Lintasan Kereta, Kijang Grand Ringsek Disrudug Kereta, 5 Orang Meninggal

  1. ipanase says:

    magnetic misteri mbah neng rel

  2. goozir says:

    beritane kecelakaan bae lah serem

    peanantang go pro nih

    http://www.goozir.com/2014/10/pesaing-go-pro.html

  3. gasspoll83 says:

    Kalo mati mesin coba pencet klakson sambil terus stater mobilnya

  4. yogieza says:

    setahu saya dari baca2 artikel bila mesin mobil mati di rel,
    -starter mesin dg persneling dimasukkan agar mobil maju dg bantuan dinamo starter
    – tekan klakson lalu coba hidupkan mesin
    CMIIW

  5. Amamoto says:

    ECU mati terkenda medan magnetik rel, po ngono mbahh, makane jo nylonong wae
    http://roda2blog.com/2014/10/10/tank-merkava-hancur-diterjang-roket-hamas/

Leave a Reply

Your email address will not be published.