Pilot Ausie Ini Pura-pura Bebel Atau Ngremehin, Lewat Indnesia Tanpa Izin, Setelah Dicegat Sukhoi Baru Turun

Ada-ada saja kelakuan pilot Australia yang sedang membawa pesawat untuk pemesan di FIliphina, lewat udara indonesia tanpa izin. Ya, ujung-ujungnya dicegat sukhoi dan disuruh turun, pun tak mau turun, setelah diancam akan ditembak barulah nurut, hehehe, ini ngremehin, atau pura-pura gak tahu ya? Mustinya kan pilot tahu aturan izin terbang lintas negara!! Ehehm!

sukoi cegat pesawat australi

sukoi cegat pesawat australi

Berikut kronologisnya menurut Yahoo:

Radar-radar pertahanan udara wilayah timur menangkap pesawat yang diketahui memiliki flight plan namun tidak dilengkapi ijin melintas di atas wilayah Indonesia.  Pusat Pengendali Ruang Udara Makassar juga menyatakan pada pukul 07.41 WITA adanya pesawat type BE-55 dengan callsign VH-RLS yang mencurigakan masuk wilayah Indonesia tanpa izin dan dokumen resmi. Pesawat itu mengambil rute penerbangan dari Darwin ke Cebu (Philipina) melalui jalur udara A-461.

Sesuai prosedur operasi pertahanan udara maka di samping memerintahkan Pusat Operasi Kosek Hanudnas II menyelidiki status pesawat tersebut Maka Pangkosek II juga memerintahkan Asops Kosekhanudnas II Kol. Pnb Fajar Adriyanto untuk menyiapkan pesawat penyergap Sukhoi Su-27/30 di Lanud Sultan Hasanuddin. “Segera setelah diketahui pesawat sasaran tidak memiliki izin lintas maka pada pukul 07.51 WITA penerbangan tersebut dinyatakan sebagai Black Flight dengan sepengetahuan dari Pangkohanudnas di Pusat Operasi Hanudnas Jakarta,” kata Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto, Rabu (22/10).

Selama masa persiapan, pengendali operasi bekerjasama dengan MATSC (Makassar Air Traffic Centre) mengendalikan lewat radio agar pesawat tersebut membelok keluar dari wilayah NKRI. “Namun peringatan tersebut tidak digubris dan pesawat tetap melaksanakan penerbangan ke arah Ambon,” tambah Hadi.

Melihat gelagat yang tidak bersahabat, Pangkosek II memerintahkan dua pesawat Sukhoi Su-30 dengan call Sign Thunder Flight, dimana pesawat Thunder One Lettu Wanda dan Mayor Idris serta Thunder Two diawaki Kapt Fauzi dan Mayor Ali untuk segera terbang menyergap sasaran.  Pukul 09.02 WITA Thunder Flight dengan cepat tinggal landas menuju sasaran, dan pada pukul 10.38 berhasil menyergap pesawat sasaran pada posisi 150 Nm , pada ketinggian 10 ribu kaki dan kecepatan 170 knots di sebelah selatan Manado.

Setelah menerima laporan dari flight leader Sukhoi tentang pesawat yang disergap, selanjutnya Pangkosek II memerintahkan untuk melakukan pemaksaan mendarat (Force Down) ke Lanud Samratulangi Manado.  “Semula pesawat propeller bermesin ganda jenis Beechcraft 95 dengan registrasi VH-RLS (Australia) tersebut tidak mau menurut dan tetap terbang ke arah Philipina,” jelas Hadi. Namun setelah dipaksa dan didekati oleh Sukhoi untuk mengarah ke Manado, akhirnya pesawat tersebut mau menurut dan mendarat di Lanud Sam Ratulangi Manado pada jam 11.29 WITA.

Ahihi-ngece, yakin!

About these ads
This entry was posted in Berita Umum and tagged , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Pilot Ausie Ini Pura-pura Bebel Atau Ngremehin, Lewat Indnesia Tanpa Izin, Setelah Dicegat Sukhoi Baru Turun

  1. orvin says:

    tembak ndase….

  2. ipanase says:

    ngetest kedaulatan/ kesiapan au?

  3. ndesoedisi says:

    Ostrali mulai ngetes nyari blankspot radar Indonesia pake pesawat sipil 👿

    http://ndesoedisi.wordpress.com/2014/10/23/opini-monoarm-mesin-v-twin-untuk-cbr-250-r/

  4. bondi says:

    tau sukhoinya ga ada rudal nya kali.. eh, ada gak sih?

    • demungan says:

      Rudalnya memang mungkin gak ada, tapi minimal canon gun pasti ada. Tinggal sejajarin dibelakangnya terus dret..dret..dret..dret..dret…dijamin jatoh

  5. tempe CBR FIT (CEBONG MODIF PARIO) says:

    JATUH KAN SAJA!! pakai rudal darat

  6. andhi_125 says:

    itu baru turun setelah dipepet sukhoi, belom pake strobo sama sirine lho 😆

  7. gandaaaaaaaa says:

    yang ANEH nya.. pilipin kenapa cuma mesan 1 pesawat gitu dari ausi.. pilotnya mau ke monas kali jemput tonyabot

  8. ochimkediri says:

    kesuwen langsung bedil pisan ae.

  9. Mas Hendrik says:

    Yang saya heran, ITU BIJIMANA NGAMBIL FOTONYAH??? :v

  10. Sukhoi-47 Berkut says:

    Untung bukan mbah Bon yg dperintah intercept. . .

  11. Sukhoi-47 Berkut says:

    @mas hendrik. . 2 pesawat yg mencegat, 2 orang tiap pesawat. . Disinyalir yg ambil gambar co pilot pesawat kedua, dgn kecepatan 2 pesawat sama 170 knots, dsinyalir cukup mudah ambil gambar,

  12. F88k says:

    Dodol emg itu pilot oncom, belagu juga orang ostrali yah. klo ngga dikejar sukhoi ngga nurut.

  13. Masgen says:

    mau coba ngetes pemerintahan baru nih..

  14. rider biasa says:

    pilotnya Bravo Echo Golf Oscar…

  15. Poksa paksa keseuwen…… plinteng ae rak wis

  16. wong deso says:

    pasti ulahnya FBK… mau nunjukin ke fbh dan fby kalo kawasaki bisa bikin pesawat…. ngoahahahaha….

  17. miko says:

    Satu peluru ambrol itu pesawat hehehehe…

  18. gaplek mania says:

    mikire koyo polisi wae gampang disogok mbah..nek dicegat njuk njaluk “damai” ngibas2in dollar

  19. Pingback: Indonesia Sekarang Galak, Dalam Sepekan AL Tangkap 5 Kapal Laut Asing, Dalam Dua Pekan AU Tangkap 3 Peawat Asing! | Bonsai Biker

Leave a Reply

Your email address will not be published.