Memotong Rantai Motor Kendor, Pertimbangan Antara Murah dan Safety

Memotong Rantai Kendor

Memotong Rantai Kendormotor

Mas bro sekalian khususnya para pengguna motor, sudah pasti kita tahu kalau rante motor ketika di pakai lama-lama akan kendor, akrena memang di dalamnya terkandung material yang makin lama dipakai makin aus dan kendor. Biasanya selang 6 bulan atau 111/2 tahun kita musti nyenting ulang kekencangan rante, karena maki  lama rante akan semakin kendor. Nah ketika baut stelan rante sudah mentok, dan rante masih kendor, maka saatnyalah rante diganti, atau kalau mau hemat ya sementara di potong dulu. Wew, amankah?

460x110 (9)

Ya, di sini akhirnya kita berspekulasi antara murah dan keamanan. Boleh jadi karena ngejar murah lalu tidak aman. Nah beberapa hal yang patut dipertimbangkan. Pertama bentuk rante. Menurut James Bons pribadi ini mas bro, bisa juga salah, bahwa rante motor bebek kebanyakan ada sambungannya, sementara motor batangan yang ber cc gede kebanyakan tidak ada sambungannyya. Yup, untuk apa sambungan? Masak hanya untuk masang? Nah di sini kalau menurut James Bons, sambungan memang boleh jadi untuk memotong rantekalau udah molor, jadi setelah dipotong bisa disambung lagi, sementara untuk motor batangan yang cc gede sulit untuk dipotong karena tak ada sambungannya.

Perhitungan motong rante motor

Perhitungan motong rante motor

Alasannya kenapa bisa begitu? Ya boleh jadi untuk motor bebek kan tidak terlalu besar tenaganya dan tidak terlalu kencang pula larinya, makanya bisa jadi masih mungkin untuk di potong rantenya diperpendek agar rantenya tidak kendor. Sementara motor sport kinerjanya keras, tenaga besar, maka boleh jadi tidak disarankan motong rante.

kapan harus potong rante motor

kapan harus potong rante motor

Lalu bagaimana motongnya? Ya cukup simpel, getok pake palu dan paku seukurang as rante, beres gan. Kalau gak mau susah pinjem atau beli alat pemotorng rante kayak di bawah ini!

potong rantai

potong rantai

Ini pendapat James Bons aja, yang kali ini lagi motong rante bebek Honda Grand 94, gara-gara sudah kendor rantenya, dan kini enak lagi.

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Portal Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Memotong Rantai Motor Kendor, Pertimbangan Antara Murah dan Safety

  1. orong-orong says:

    murah joss

  2. smartfaiz says:

    Rante Tiger ku dipotong bisa bertahan setahunan. Ada sambungan rante khusus rante tiger… lebih tebel dan gedhe ukurannya dibanding bebek.

  3. pajarstwn says:

    Tu yg motong mirip ipanes hee

  4. dhanyfirdaus says:

    ane motong rantai.., karena sayang gearnya masih bagus.
    yang ada gearnya kemakan. jadi kaya bentuk senjata ninja ….
    alhasil ujung ujungnya tetap aja belanja 1 set rantai+gear baru buat granny (grand 95) di bonjer III

  5. cuma sementara, kalo ada duit mending beli baru

  6. edi kartolo says:

    kuwi pamer grand, pamer carane motong rante, opo pamer brewoke pakdhe …

Leave a Reply

Your email address will not be published.