Ngintip Surga Begal di Desa Sasak Panjang Yang Digrebeg Brimob

Polisi Grebeg Desa Sasak Panjang

Polisi Grebeg Desa Sasak Panjang

Desa sasak panjang, sebuah tempat yang menurut James Bons merupakan tempat terpencil di sebuah sudut kota Depok, yakng kini ramai dibicarakan orang. Pasalnya dua hari lalu kampung ini digrebeg sekompi pasukan polisi bersenjata lengkap. Sekitar tahun 2004 lalu James Bons pernah ke daerah ini, mmm masih kampung banget gan, tapi ramainya minta ampun, setiap sudut ramai penuh sesak oleh onderdil baik baru maupun bekas. Harganyapun miring. Nah pasca marak begal di kota depok, tempat yang sebelumnya bisa dibilang tak tersentuh petugas ini, kini digerebeg sekompi pasukan.

Vario 150

1. Lokasi Sasak Panjang

Peta Sasak Panjang

Sasak panjang

Sasak panjang

Berlokasi tepatnya di Kampung Sasak Panjang, Desa Citayam, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor.

2. Penggerebekan Polisi

Yup, seperti diberitkan sebelumnya bahwa  Mapolresta Depok melakukan penggerebegan dengan mengerahkan kekuatan besar yakni dengan ratusan personil gabungan dibantu aparat reskrim dari Dirkrimum Polda Metro Jaya terhadap desa Sasak Panjang yang disinyalir menjadi pusat penjualan barang curian dan pembegalan. Hasilnya dua truk berisi spare part, onderdil dan pretelan mesin motor yang diduga hasil curian dan pembegalan, diangkut ke Mapolresta Depok dalam penggerbekan itu.

Dalam operasi besar besaran ini polisi melakukan pengawalan dan menunjuk ada 4 pelaku utama sebagai penadah motor curian untuk di preteli onderdilnya dan di jual. Dari target itu ada 2 pelaku berhasil di amankan dan 2 lainnya masih dalam pengejaran Polresta Depok. Polsek Bojong Gede berencana melakukan razia puluhan toko-toko spare part dan onderdil bekas yang berjejer di kampung Sasak Panjang dan Citayam. Weh masih berlanjut

3. Rahasia Umum Tentang Sasak Panjang

Sudah rahasia umum gan, bahwa Kampung Sasak Panjang dan Kampung Bulu yang berada di perbatasan Kota Depok dengan Kabupaten Bogor tersebut menjadi pusat penjualan suku cadang dan onderdil bekas dengan kualitas yang baik menurut informasi yang berkembanga adalah berasal dari sepeda motor hasil pembegalan.James Bons yang pernah mampir ke sini tahun 2004 lalu memang menjumpai kampung yang sepi, tapi di dalamnya sungguh ramai dengan pasar onderdil yang murah dan berkualitas, mmm bboleh jadi memang hasil dari kejahatan.

 

4.Kejanggalan

Beberapa kejanggalan yang ditemui di lapangan. Bahwa dalampenggerebegan tersebut para pelaku yang menjadi sasaran hilang, sangat cepat dan entah ke mana mereka pergi. Demikian dijelaskan Kasat Reskrim Polresta Depok Komisaris Agus Salim yang memimpin penggerebekan. Usai menggeledah kios, polisi merangsek masuk ke rumah-rumah warga yang ada di sekitar, namun tak seorang pun pria dewasa ditemukan di rumah-rumah warga kecuali pria lanjut usia dan yang telah renta tak berdaya di antara balai bambu. Yang didapati hanyalah kaum wanita dan ibu-ibu dan mereka hanya membisu ketika polisi menanyakan ke mana pemilik kios sekaligus suku cadang yang jumlah tak terhitung itu. Para pelaku ini seolah tahu akan disergap. Ya, walau semua wanita di desa itu bungkam, seluruh rumah penduduk digeledah, hasilnya  polisi menemukan ribuan unit suku cadang yang sudah dipreteli di beberapa rumah penduduk.

Adakah beking, atau bocor info?

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Ngintip Surga Begal di Desa Sasak Panjang Yang Digrebeg Brimob

  1. sketch51wanto says:

    omset brp tuh?

  2. jack hafanz says:

    Pasti bocor itu mah

  3. datuk toman says:

    Bocor bocor… Polisi gak pake no drop sih…

  4. Anonymous says:

    lha wong ada setoranya ke bpk2 P****i koq..

  5. wtf170 says:

    palingan yg bocorin jg dr dalem sendiri…yg gerebek maksudnya

  6. jonggrang says:

    Ane kebetulan yg di wilayah sawangan mengiyakan bahwa memang sasak panjang adalah surga sparepart layaknya yg ada di jalan raya bogor dan juga jalan raya parung ciputat, ada indikasi sebagian adalah hasil dari motor colongan, soal bocor info ini sangatlah pnting, pasti ada org yg ckup berwenang yg hidup berdampingan dengan tema solidarisme dengan para pelaku, tapi yaaa sush untuk dibuktikan, krna terlalu halus

  7. st3v4nt says:

    Sudah terkenal karena asal-usul barangnya…..nah yg gini harus kena shock theraphy yg beli parts disini kena razia terus harus urusan sama polisi….nanti kalau demand hilang begalnya juga jadi berhenti….

  8. Rumah Ayu says:

    Kayanya di kepolisian ada orang dalemnya nih..jadi bisa bocor gitu informasinya. Harusnya tuh TNI aja yang membrangus tempat-tempat kaya gitu..

  9. diksi says:

    Gan ane juga lama tahu …. kira kira tahun 2003….waktu olah raga sepeda….anehnya koq ada kampung jual onderdil motor….wow jangan hasil kejahatan…..semoga aja yg ketangkap buka suara siapa yg membackingi….semoga.

  10. siapa ? says:

    kbetulan rumah ane cuma 100meteran dari sasak panjang , tiap minggu biasanya hari jumat emang ada mobil patroli yang kesitu ..kalo kata orang situ uanng keamanan ..mobil patrolinya jenisnya ford yang pickup nomor patrolinya lupa .. jadi emang orang situ masih bayar lagi ke polisi
    kalo kemungkinan bocor ..itu siih udah pasti

  11. nglindur says:

    WONG JENDRALNYA AJA PADA MAKAN SUP EH SUAP DAN KORUP KOK, YA JELAS AJA PADA BOCOR INFO GREBEGANNYA, DISINYALIR BACKINGNYA YA ORANG DALEM SENDIRI…DUIT?! SUNGGUH MENGERIKAN UNTUK ORANG YANG DIPERBUDAKNYA!!! NAUDZUBILLAH!

  12. krupuk sangan says:

    Penggrebekan sandiwara…
    Preeetttttt….
    Basiiiii….
    Koruuuuuuupppppp….

  13. Bruud says:

    Itulah gunanya mereka bayar upeti tiap minggu kepada penguasa setempat. kl ada info penting kayak gini langsung mereka mengungsi duluan. aman to.. ayo bayar upeti ke penguasa setempat. n penguasa setempat ayo kasih makan anak istrimu dengan uang hasil keamanan pembegalan.. biar gemuk gemuk anak istrimu ya…

  14. Nana Sukmana says:

    Y .kemungkinan adanya kong kalingkong dngn pihak terkait akn adanya penggerebekan/rajia tersebut tuh makanya pada ga ada

  15. Yookee says:

    Wow ada artikel ini. Hehehe.. nimbrung ah.
    Sasak panjang. Setau ane ini tmpt jual spare part copotan motor terbesar di Indonesia. Atau mungkin jg se ASEAN. Nyari parts motor apa aja dan dari taun berapa aja ada dsini. Mostly sih sepertinya barang copotan maling. Tapi ngga semua jg sih. Terutama spare part untuk motor tua. Dan cuma ada satu toko yg jual spare part bekas motor tua. Kalo kita nanya2 spare part motor tua, biasanya pedagang akan nyuruh ke toko itu. Dia cuma buka sabtu minggu aja. Kenapa ane bilang dagangannya dia bukan hasil maling, krn biasanya motor hasil maling akan dicopot dan disebar ke beberapa toko supaya ngga kelacak barangnya. Kalo dia jualan kadang barangnya utuh motornya di parkir depan toko. Kita tinggal liat mau butuh apa. Misalnya wkt itu ane lagi nyari swing arm a100, disitu ada motornya, tinggal bilang sama dia mau arm, nego harga, cocok, copotin barangnya deh. Kalo itu barang maling, dia gak akan berani naro motornya utuh depan toko gan. Wkwkkwwk.

  16. Yookee says:

    Sasak panjang buat gw ttp recommended terutama buat nyari barang yg udh gak ada barangnya di pasaran. Orang jual kupingan lampu L2G tahun 75 buka harga 100rb di toko online, tapi kalo di toko yg gw sebut diatas tadi, lo bs beli dgn harga 35ribu sepasang. Gimana gak hepi? Saran. Pake feeling aja, kalo nyari spare part motor baru mah mending beli baru, skrng harga part udh terjangkau, berangkat lah ke sasak panjang kalo barang yg dicari udh sama skali gak ada di pasaran atau ada yg jual online tapi harga gak masuk akal. Terutama buat motor tua. Peace. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.