Mencermati Cara JK Hormat Pada Bendera Merah Putih

cara jk hormati bendera
cara-jk-hormati-bendera

Satu hal yang unik dan menjadi gonjang-ganjing di dunia maya dalam 2 hari ini adalah cara pakWapres JK hormat pada bendera merah putih saat upacaa kenegaraan. Ya, kemarin pada saat upacara bendera beliau melakukan hormat dengan tidak mengangkat tangan, nah karena itu hal ini diributkan oleh para netizen kok pak Wapres begitu. Betulkah pak Wapres, atau salahkah pak wapres? Dan satu hal yang menarik adalah dulu saat pak JK jadi wapresnya pak SBY kabarnya beliau melakukan hal yang sama tapi tak diributkan, namun kini kok diributkan? Hayo bijimana gan?

Yup kita lihat beberapa sisi mengenai hal ini!

1. Telaah Peraturan

Pak JK tidak mengangkat tangan sebagai tanda hormat saat pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka saat mengikuti upacara HUT RI ke 70 17-08-2015 kemarin setidaknya punya landasan hukum yakni berpegangan pada PP Nomor 40 Tahun 1958 Pasal 20 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia. Dalam PP tersebut ditulis bahwa pada waktu upacara penaikan atau penurunan Bendera Kebangsaan, maka semua orang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak, berdiam diri, sambil menghadapkan muka kepada bendera sampai upacara selesai.  Mereka yang berpakaian seragam dari sesuatu organisasi memberi hormat menurut cara yang telah ditentukan oleh organisasinya itu. Mereka yang tidak berpakaian seragam, memberi hormat dengan meluruskan lengan ke bawah dan melekatkan tapak tangan dengan jari-jari rapat pada paha, sedang semua jenis penutup kepala harus dibuka, kecuali kopiah, ikat kepala, dan sorban.

Cukup jelas dan tada dasar hukumnya.

2. Sikap JK Bukan Hanya Sekarang

Cara hormat pak wapres JK ini bukan hanya dilakukan saat mendampingi Jokowi. Dahulu ketika berpasangan dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, JK juga memiliki sikap hormat yang sama dengan saat ini. Hanya saja dulu tidak ada ribut-ribut seperti sekarang, bahkan ada yang membully. Dulu publik menanggapi dengan woles saja.

3. Cara Hormat Ini Bukan Milik JK seorang

Agan bisa lihat gambar di atas, bahwa terenyata melihat kembali dokumentasi upacara kemerdekaan di era Bung Karno dan Bung Hatta, bisa diketahui bahwa bahwa Wapres ke-1 RI Mohammad Hatta tidak mengangkat tangannya saat hormat layaknya pak Wapres JK lakukan. Pak Muhammad Hatta ini berdiri tegak sempurna di samping Presiden ke-1 RI Soekarno, sementara pak Karno  mengangkat tangan kanan saat hormat ke bendera.

so ya mungkin karena tidak melakukan yang sebagaimana dilakukan orang banyak, walau dasar hukumnya ada. So, ya monggo terserah pendapat agan sekalian.

Advertisements

8 Comments

  1. gak bakal ditanyain sama malaikat, lu angkat tangan hormat pada bendera tau tidak, yang penting bagaimana kita punya semangat untuk membela negeri ini… orang-orang koplak itu mengangkat tangan demi mendapatkan uang lebih dari negara, seandainya pada jaman perang, belum tentu mau beridiri di depan.

Leave a Reply