Pengalaman Saat Melaju 90 Kph di Tol Mendadak Mobil Bergetar, Ini Penyebabnya!

Engine Mounting Rusak
Engine Mounting Rusak

Masbro sekalian, sekitar 3 minggu lalu James Bons ada undangan dari PT Astra Honda Motor untuk mengikuti acara Family Gathering di Sentul hari Sabtu sad-Minggi. Nah, langsung lah pada hari sabtu siang James Bonsbeserta keluarga meluncur dari Cirebon ke Sentul via Cipali.  Saat meluncur di kecepatan 90 kph tiba-tiba mobil terasa bergetar di sebelah kanan. Uang koin yang James Bons taruh di rak pintu sampek bunyi kenceng banget. Kontan James Bos langsung minggir dan cari Rest Area di Km 130 daerah Subang.

Selanjutnya james Bons langsung telpon temen  bengkel andalan James Bons yang mangkal di bengkelnya di depan kelurahan Karya Mulya kec Kosambi Cirebon. Pak Iwan namanya gan, Bapak ini sangat bisa dipercaya baik amanahnya, skillnya maupun ketelatenannya. Jadi beliau ini kalu siang mbengkel, kalau malam nyantri di Ponpes Al-Istiqomah Cirebon santri coy makanya amanah. Bapak ini kalau ngerjain bisa sampai detail dan kalau ngganti bisa dikulik samapi part kecil sehingga gak musti ganti segelondong kaya di bengkel resmi.

Singkat cerita pak Iwan langsung meluncur dari Cirebon ke KM 130 Cipali. Dan begitu diperiksa, mmm ternyata engine mounting sebelah kanan Altis James Bons pecah gan. So, selanjutnya James Bons batalin meluncur ke Sentul, balik lagi ke cirebon.

Besok paginya langsung deh, ganti engine mounting. Cepet aja ngerjainnya langsung selesai gan. Harga Engin mounting gennuine Toyota untuk Altis di kisaran 800-1000 jeti gan, tergantung dimana belinya. Dan mobilpun jreng, aman, dan kebut lagi mak nyus gak ada getar.

engine mounting altis
engine mounting altis

Nah, bagi agan sekalian yang barangkali mengalami kejadian yang sema dengan James Bons, ya silakan minggir dulu, periksa. Jangan sampai mobil dipaksa tapi tidak fit, bisa merembet ke yang lain gan. Nah ini setidaknya ada 10 penyebab mobil bergetar di kecepatan tertentu ngutip dari showroom mobil:

1. Ban sudah terlalu botak dan tidak seimbang dalam artian kondisi ban anda berbeda dengan satu sama lain dalam hal ini juga bisa berarti jumlah angin dalam ban.

2. Mesin tidak sehat, bisa jadi masalah pada penyuplai bahan bakar atau filter bensin, sistem kelistrikan juga harus di perhatikan akan mengganggu kinerja mesin, Kopling yang habis dan setelan mobil yang kurang tepat akan menggangu performa mesin.

3. Rem, jadi saat berkecepatan tinggi dan disaat melakukan pengereman akan bergetar. Maka sumber masalahnya ada pada rem anda. Perhatikan keadaan cakram rem anda, bisa jadi aus, atau peang dan sebagainya. Kampas rem dengan kualitas abal-abal juga bisa membuat mobil bergetar.

4. As Roda bila mengalami kerusakan akan membuat perputaran roda tidak stabil makanya mobil akan mengalami getaran saat berkecepatan tinggi.

5. Propeller yang bermasalah bisa membuat mobil anda bergetar saat kecepatan tinggi. Namun kemungkinan sangat kecil karena propeller dibuat dengan kemampuan menahan getaran saat mentransmisikan data dari gear box ke difrensial

6. Velg yang bengkok dan mengalami kerusakan dalam bentuk akan membuat mobil anda bergetar. Kerusakan ini akan membuak ban anda tidak bulat sempurna dan menganggu keseimbangan.

7. Shockbreaker jika mengalami kerusakan fungsinya tentu akan menganggu kinerja mobil apalagi menghadapi getaran. Kerusakan shockbreaker tidak serta merta di keempat ban tetapi satu saja shockbreaker akan juga membuat performa mobil anda jeblok

8. Piston

Piston juga bisa menjadi pemicu mobil anda bergetar kekurangan tenaga dengan piston akan membuat tenaga gerak mobil anda menjadi turun dan jika dipaksakan akan membuat getaran di mesin dan berimas ke bodi mobil jika dipacu dengan kecepatan tinggi.

9. Busi mati bisa bikin mesin menjadi pincang. Dan efeknya performa mesin jadi pincang, jika performa mesin sedang tidak baik maka akan ada gejala ketidaknyamanan jika anda sedang berkendara. paling lazim adalah mesin mobil bergetar.

10. Engine Mount. Nah inilah yang terjadi pada mobil James Bons, bahwa engine mount adalah untu menahan bobot mesin mobil. jika salah satu engine mount rusak maka mesin mobil akan bergetar keras dan mengalami getaran yang membuat mobil ikut bergetar apalagi jika dalam kecepatan tinggi.

Yup, ini sedikit share tentang Pengalaman Saat Melaju 90 Kph di Tol Mendadak Mobil Bergetar, penyebab setir bergetar pada kecepatan tertentu, mobil bergetar pada kecepatan 100 km, semoga bermanfaat.

Advertisements

5 Comments

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin