Pebalap Ditabrak Sampai Jempalitan saat Bangkit dari jatuh di Lintasan di Road Race Singkawang

Road Race Indonesia
Road Race Indonesia

Pebalap Ditabrak Sampai Jempalitan saat Bangkit dari jatuh di Lintasan di Road Race Singkawang. Entah gugup atau apa, kayaknya pembalap ini berusaha nyeberang, pada saat bersamaan pebalap lain lagi melaju. Ngeri gan! Ini dia vidionya!

Ini link Sumbernya:

(https://www.facebook.com/way.lasfera/videos/1505885176169990/)

(https://www.facebook.com/way.lasfera/videos/1505885242836650/)

Begini penjelasan Road Race Indonesia:

“ROAD RACE SINGKAWANG CRASH…Tertabrak Saat Berjalan di Lintasan..!! Note|ini GAMBAR Screen Shoot.. bukan VIDEO!!!

Kabar ngeri dari balapan Hari Minggu 8 Oktober 2017 ternyata tidak hanya dari Road Race NABIRE Papua saja.. Di Kejurnas Road Race Sirkuit Taman Pasir Panjang Singkawang KALBAR tak kalah jadi sorotan guys…

KRONOGOLI 
Dari pengamatan via video yang beredar.. pembalap/korban sepertinya baru saja menepi.. entah troble entah habis jatuh.. tapi yang pasti tungggangan dituntun oleh awak crew..
Entah maksudnya ini mau nyebrang berjalan menuju paddock atau gimana.. yang pasti korban berjalan di aspal masih pakai helm..
Di saat yang sama.. race masih berlangsung.. sang korban yang berjalan seperti hilang fokus saat menginjak aspal.. Sontak dan cepat.. pembalap terdepan yang sedang melaju kencang di kelas Pemula 125 cc MP4 ini langsung menabrak pembalap yang sedang berjalan tadi.. Sungguh crash yang tak bisa dihindari.. terlebih trek terpantau licin sehabis hujan..
Korban terpental jatuh terkapar.. namun dengan helm yang langsung terlepas..

KONDISI TERKINI..
Berdasarkan informasi rekan 221 dari Kal-Bar.. kondisi terkini pembalap yang nabrak hanya sebatas luka lebam.. alias masih aman terkendali.. Sementara yang ditabrak alami luka pada bagian leher.. “hampir sama seperti yang di Nabire kemarin”.. Kabar terkini cukup sedih guys… sang rider yang merupakan pembalap KALBAR masih terbaring koma..

221NOTE|Knowlegde and opini.. this is about helmet..
Tahukah kalian.. bahwa saat kita sedang pakai helm balap/full face apapun… JANGKAUAN DERAJAD PANDANGAN JADI MENYEMPIT.. catat ini guys.. Ibaratnya begini.. kalian tidak bisa melihat kesamping kecuali dengan menggerakkan kepala/full menoleh.. beda dengan saat kita tidak pakai helm.. padangan mata lebih luas kesamping.. cukup menoleh sedikit atau menggerakkan bola mata maka pandangan kita sudah luas..
– Pada insiden ini.. bisa saja sang korban memang kurang menyadari/ “terlambat” melihat akan ada pembalap yang lewat..

221Note2|Jika kalian mengalami crash dan hendak berjalan menuju paddock.. lebih baik jalan sambil lepas helm dan tunggu sampai jalan sirkuit benar-benar lengah.. pada trek dadakan sempit yang minim space.. tunggu race sampai usaha baru jalan

221Note3| KEKELIRUAN Saat Membopong Pembalap Usai Jatuh..!!
Pada kecelakaan pembalap road race.. USAHAKAN Dibawa dengan TANDU oleh CREW MEDIS.. Karena jika ditolong oleh sembarang orang.. tidak semua orang sipil itu paham bagaimana MEMPOSISIKAN BADAN pembalap yang dibopong.. Karena penting memposisikan kepala, terutama tulang leher tetap pada posisi lurus.. Jika yang cidera adalah kepala dan dibawa dengan sembarangan, maka akan makin bahayakan pembalap.. Yahh.. memang sih.. kadang pertolongan penonton malah lebih cepat dari tim medis..
Dan juga penanganan kecelakaan itu tidak selalu harus langsung di bawa ke pos/mobil ambulance.. yang penting menepi dulu dan ada tim medis yang ready dengan persiapan seperti.. obat luka.. cairan penghilang rasa nyeri.. es batu dan lain-lain…
Fase pertolongan itu by prosess ya guys ada tahapannya.. tidak serta merta ada pembalap kecelakaan langsung pergi ke rumah sakit.. tidak begitu.. toh di mobil ambulan juga ada pertolongan alat medis yang bersifat sementara seperti oksigen dan lain-lain..

Intinya.. yang tenang saat penanganan.. FAKTOR GUGUP Kadang malah membuat kita salah langkah… 

Moga bisa lebih hati-hati gan.

Advertisements
Advertisements

4 Comments

  1. Note#2 menyesatkan.. helm baru boleh dilepas saat di safe zone. Jangan karena alesan view sempit lantas buka helm.. namanya abis crash wajar shock dan disorientasi. Buka helm tapi ga konsen sama aja ngundang maut..

  2. balapan cara purba..!!
    harusnya ketika ada yang “crash”..ada marshal yang ngibarin bendera supaya sembalap laen hati2.. en sembalap yang crash kalo dia masih bisa berdiri.. jalannya dituntun marshal ke pinggir lintasan (bukan nyebrang)..sambil ditanya..are you okey..??… eaaa ngayal.com… 😀 😀 😀

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin