Mendeteksi Gejala Kerusakan Pada CDI Motor Tua Anda

cdi honda
cdi honda

Agan sekalian, punya motor tua bisa jadi berbagai alasan, pertama bisa saja karena alasan ekonomi sehingga katong hanya sanggup melihara motor tua,selain itu ada juga yang merasa klasik dan antik, ini merupakan satu sisi pilihan yang tak bisa dihindari begitu saja palagi diremehkan.

Yupmerwatmotortua tentu tak gampang,kita mutsti haru hafal betul tiap gejala yang bisasaja terjadi dimanasajadan kapan saja,harapannya kalau tahu gejalanya kitacepatbelajaruntuk selanjutnyamengambil tindakan pencegahan dan perbaikan.

Salah satu gejala yang kita bahas edisi kali ini adalah ketika CDI motor tua atau motorseken kita sudah mulai tak bekerja optimal alias hampir mati. Yang terjadi pada motor ketika CDInya sudah mau qoid adalah motorn yendat-yendatseperti kehabisan bensin.Sat dimatiin lalu dinyalain motor normal,namun setelah beberapa saat motorakan nyendat-nyendat lagi.

Gejala ini memang secara umum mirip ketika kehabisan bensin,busi hampir mati, CDI hampir mati, atau karburettor kotor. Namun bila bensin habis atau karbu kotorbiasanya kalau dimatiin tetepsajanyendal-nyendal,sementara kalau CDI mau mati, biasanya rangkaian elektroniknya sudah tidakbertahan lama dialiri arus listri, makanya ketika dinyalain mak jreng hidup jozzznamun beberapa saat kemudian akan nyendal-nyendal.

Nah bila brader sekalian mengalami hal ini segeralah cek CDI ansa atau bawa ke bengkel, karena kalau tidak segera diperbaiki akan merembet kemana,mana,hentakan tenaga yang tidak merataa kan merusak sistem kopling dan juga stang piston. Ya minimalkita tidak mookdi jalan.

 

32 thoughts on “Mendeteksi Gejala Kerusakan Pada CDI Motor Tua Anda

  • 12 September 2012 pada 05:31
    Permalink

    Pertamax
    Haha
    Absen pagi

    Balas
  • 12 September 2012 pada 05:33
    Permalink

    Pak de saya punya supra tua, kadang kalau gas di puntir kaya semacam telat ber akselarisi. .
    Itu kira2 apa nya pak de??

    Balas
  • 12 September 2012 pada 06:29
    Permalink

    wah nambah ilmu lagi hari ini.
    Mantab, thanks

    Balas
  • 12 September 2012 pada 08:36
    Permalink

    Sip..sip… moga2 cdi tiger lawasku sehat terus 🙂

    Balas
  • 12 September 2012 pada 12:35
    Permalink

    sy punya binter merzy 200cc, kok nggak bisa lari 140kmh njuk diapakne yo pakdeh ?? huehehehe….

    Balas
    • 12 September 2012 pada 17:06
      Permalink

      dicantolke sumber kencono,, dijamin iso lebih teko 140 kpj

      Balas
  • 12 September 2012 pada 12:53
    Permalink

    Sip 🙂

    Balas
  • 12 September 2012 pada 17:30
    Permalink

    trimakasih.. Ane miara vespa sprint 74 and win 84.. Asal rajin rawat, tetap kuwat..

    Balas
  • 12 September 2012 pada 22:34
    Permalink

    triknya gampang mbah. DIREBUS aja. bukan becanda emang beneran joss, udah 3 CDI yang udah mati sekalipun saya selamatkan dg cara direbus. Analoginya …… kalo dijelaskan panjang, intinya elektroda didalam kapasitor lengket stlh direbus kembali ada jarak normal

    itemompong.wordpress.com

    Balas
  • 12 September 2012 pada 22:48
    Permalink

    mantab..
    lbh aman ganti CDI baru, smoga msh ad yg jual..

    Balas
  • 13 September 2012 pada 20:12
    Permalink

    satria f sodara gw kalo rpm 6000 keatas terasa mbrebet terus kalo diturunin rpm jadi enak lagi,sudah ganti kampas kopling,busi,service karburator,tapi masih sama aja,kira2 cdi problem ga ya??

    Balas
    • 14 September 2012 pada 10:18
      Permalink

      cukup ganti busi baru, kemudian setel ulang lagi air fuel rationya dispuyer. pasti ilang mbrebetnya. kalo untuk masalah cdi gk mungkin bisa rusak dalam jangka waktu yg cukup singkat wlau motor sering dipake juga, terutama untuk motor baru, yg masih dibawah usia 10tahunan. dalam keadaan standar tentunya.

      Balas
  • 14 September 2012 pada 10:22
    Permalink

    ini namanya merawat motuba juga, tapi motuba vers. 2 pak bons alias motor tua bangka. xixixixi……… :mrgreen: 😀

    Balas
  • 11 November 2012 pada 11:45
    Permalink

    sy pny m smash thn 2005.klu buat ngebut kayak mau habis bensin dan nyendat.tp klu jalan santai normal.prnh jg habis ngebut lalu pelan mesin mati lalu start hidup lg.dan lg aneh nya motor sy tdk ada api nya saat di tes tp klu dipasang kembali motor tetap hidup.apa yg kena koil,cdi dan kiprok.lampu nya jg redup

    Balas
  • 11 November 2012 pada 11:55
    Permalink

    wah prlu di coba cdi di rebus.bs main rebus jg nih katanya sy blum coba: aki cair yg tekor tdk direbus cukup di buka cuci dng air panas beberapa kali isi air panas dan tumpahkan sampai warna hitam dlm aki hilang.
    Ke 2.membeli busi baru direbus dlu bs awet banget.

    Balas
  • 16 Desember 2012 pada 14:11
    Permalink

    gan klo koil gmn?
    prnah kn bgtu jg, nyendat” klo mtor dibwa jauh, tpi pas gnti coil enkn coil ori lgi ,, tpi klo digber knceng nyndat” lgi, cdinya ato apa??

    Balas
    • 16 Desember 2012 pada 21:35
      Permalink

      boleh jadi kang karena awalnya digrojog setrum besar lalu standar lagi maka bisa jadi nilai tahanan CDI berubah gan

      Balas
      • 17 Desember 2012 pada 01:36
        Permalink

        hah bsa gtu??,, soak gtu yaa gan!! ywdh lh tnggu mti aj bru gnti baru ,, xhexhexe..

        Balas
  • 25 Juli 2013 pada 12:33
    Permalink

    gue punya Prima 89 gan ! kira-kira CDI ato koilnya ya yang udah lemah, bawaanya selalu tersendat-sendat kandang-kadang mati trus ga ada apinya kalo ane cek api yang mau masuk ke busi. tapi kalo di biarin 5 menit ada apinya lagi ! kira2 apanya ya !

    Balas
  • 9 Mei 2014 pada 05:21
    Permalink

    This is nothing but procrastination and we all do it. A visitor who clicks on an “HP tablet PC” link is not interested
    in; don’t bring them to your webpage selling Apple i
    – Pads. Then on the basis of your experience, continue with the method that shows
    best results. However, make sure you still understand the
    ins and outs of different types of social media marketing so that
    you are aware of where your business is heading. So what is the quickest and easiest way to succeed in the internet marketing.

    This is especially true in those sectors where people have to fill a
    Matrix with referrals to make a profit. Availability of
    smart tools: A number of smart tools are available which can be quite helpful in tracking impact of marketing efforts, generating reports.
    There are things you need to know as how to get a lot
    of traffic that is low cost and without uniform.

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: