Unik Nian Sepedamotor.web.id Dalam Menanggapi 162 km/liter

Seru memang ketika menanggapi event yang diadakan Honda bahwa lomba irit konsumsi BBM Verza katanya rata-rata bisa tembus 162 km/liter. Ya ketika itu dalam rangka ranah lomba irit-iritan dalam artian speda motor disetting seirit mungkin smentara jalan diseting selancar mungkin lalu bikernya diseting untuk tidak melakukan tindakan yang meboroskan BBM ya sah-sah aja wong ini namanya lomba irit. Namun ketika hasil irit ini dipublish untuk dijadikan wahan promosi baik secara langsung atau tidak langsung kemudian oleh banyak orang dibandingkan dengan kehidupan nyata ya, satu hal yang susah diterima akal. Alih alih hanya menjadi bahan tertawaan orang, setidaknya sesuai artikel rpoud 2 ride ini: http://proud2rideblog.com/2013/02/15/hasil-test-bbm-verza-rata-rata-16294-kmliter-hanya-jadi-bahan-candaan/

honda-verza

Nah lain Proud 2 Ride lain pula Mabah Dukun Satar yang harus Koprol nerima itu di artikel berikut: http://indobikermags.com/2013/02/12/honda-verza-bisa-162-km-liter-gw-harus-bilang-wow-sambil-salto-kalo-gitu/. Paling unik dan menggelitik menurut James Bons adalah kang Yoshi dalam warungnya SepedaMotor.web.id yang di tulis dalam judul : http://sepedamotor.web.id/2013/02/28/outlier-dalam-statistik/comment-page-1/#comment-2178
Beliau ini mengatakan bahwa si Hasil (162) ini sebagai “Outlier Dalam Statistik.” Jelasnya monggo lihat :

“Dalam ilmu statistik, outlier adalah data yang menyimpang jauh dari kumpulan data yang lain. Data seperti ini diragukan kebenarannya, oleh karena itu perlu dieliminasi agar analisa dan kesimpulan yang diambil tidak bias.
Misalnya, dalam sebuah penelitian, didapatkan data bahwa konsumsi bahan bakar sepeda motor adalah 30, 35, 44, 46, 48, 55, 65, 42, 38, 62, 61, 45, 46, 50, dan 54. Semuanya dalam satuan km/l. Lalu tiba-tiba ada satu data yang angkanya jauh dari teman-temannya, katakanlah 162 km/l.
Data 162 km/l ini sangat diragukan kebenarannya, jadi harus dieliminasi. Bukannya malah dipublikasikan. He he . . .”

Nah berarti bisa juga dikatakan orang gila itu outlier dalam statistik, karena kebenaran orang gila harus dieliminasi, lalu orang galu juga mungkin harus dielimnasi karena juga diragukan kebenaran galau, nah kalau Honda Sedang apa ya? Aihihi, jelas-jelas sdang lomba irit. KIkiki galau dah!

23 komentar pada “Unik Nian Sepedamotor.web.id Dalam Menanggapi 162 km/liter

  • 1 Maret 2013 pada 18:53
    Permalink

    nah orang yg mana yg langsung percaya dgn hasil yg wow, orang gilaa kalee… πŸ˜›

    Balas
  • 1 Maret 2013 pada 20:45
    Permalink

    hyaah…

    Balas
  • 1 Maret 2013 pada 21:58
    Permalink

    Habis di dunia nyata (pake harian) motor Honda udah semakin kalah irit sama tetangga…. jadi BINGUNG mau pake cara apalagi buat buktiin irit.

    Balas
  • 2 Maret 2013 pada 06:11
    Permalink

    Nipunya kebangetan tuh..

    Balas
  • 2 Maret 2013 pada 12:42
    Permalink

    Orang gila aja mikir seribu kali pas liat klaim ginian!

    Balas
  • 2 Maret 2013 pada 17:30
    Permalink

    β€œDalam ilmu statistik, outlier adalah data yang menyimpang jauh dari kumpulan data yang lain. Data seperti ini diragukan kebenarannya, oleh karena itu perlu dieliminasi agar analisa dan kesimpulan yang diambil tidak bias.
    Misalnya, dalam sebuah penelitian, didapatkan data bahwa konsumsi bahan bakar sepeda motor adalah 30, 35, 44, 46, 48, 55, 65, 42, 38, 62, 61, 45, 46, 50, dan 54. Semuanya dalam satuan km/l. Lalu tiba-tiba ada satu data yang angkanya jauh dari teman-temannya, katakanlah 162 km/l.
    Data 162 km/l ini sangat diragukan kebenarannya, jadi harus dieliminasi. Bukannya malah dipublikasikan. He he . . .”
    ======
    data lomba irit sekitiaran 100an lebih, yo namanya lomba irit, data mana yang harus dieliminasi?
    kecuali datanya pakai metode campur2, itu bukan statistik..contohnya si A sehari makan 3 kali, si B 4 kali, si C 3 kali, si D 2 kali, sie 60 kali, nah si E ini termasuk anomali dan harus dieliminir.
    beda kasus sama lomba irit, dimana para peserta akan bermetode ngirit dan hasilnya ya segitu segitu…

    bagi saya, konsumen yang waras, ikutlah metode non eco ala iwb, itu yang real sehari-hari, motor digeber2 iya, nyante iya, dipake di kehidupan sehari2, nganterin anak, ke pasar… ini lebih real, jauh lebih real dari metode anak jalanan sekali trip…
    memang metode anak jalanan akan leih cocok agi para komuter yang sehari2 PP 60 km an

    Balas
  • 2 Maret 2013 pada 20:19
    Permalink

    jangan kayak blognya SAZA AZA cuma mau bahas yamaha saza
    selain yamaha gak boleh menang
    bloger penghapus komentar,hahahahaha

    Balas
  • 6 Maret 2013 pada 13:27
    Permalink

    Orang sinting pun ngakak dengar berita ini… Hari gini masij aja ngibul….!!!???

    Balas
  • 22 Agustus 2014 pada 19:28
    Permalink

    Pretty section of content. I just stumbled upon your blog
    and in accession capital to assert that I acquire in fact enjoyed account your blog
    posts. Any way I’ll be subscribing to your augment and even I
    achievement you access consistently fast.

    Balas
  • 1 September 2014 pada 16:38
    Permalink

    I do not even know the way I finished up right here,
    however I assumed this publish used to be good.
    I do not realize who you’re however definitely you’re
    going to a famous blogger should you aren’t already.

    Cheers!

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: