Penumpang-Belakang-Tak-Pakai-Sabuk-Kena-Tilang-Satu-setengah-Juta
Penumpang Belakang Tak Pakai Sabuk Kena Tilang Satu setengah Juta, ilustrasi

Penumpang Belakang Tak Pakai Sabuk Kena Tilang satu setengah Juta! Media menyebut peristiwa ini sebagai aksi pemerasan, dimana mobil asal Aceh menurut Atjehcyber diperas di perbatasan Aceh – Sumatera Utara. Dan kebetulan yang kena adalah crew Atjeh Cyber Media yang hendak melakukan perjalanan menuju kota Medan, Sumatera Utara, Senin (6/4/2016). Ketika itu mobil ini melintasi kawasan Langkat, Sumatera Utara, kemudian dikejar oleh mobil patroli ‘High Way’ milik Polres Langkat. Mobilpun menepi dan menunjukkan surat-surat kendaraan yang memang lengkap. Namun ada seorang anak kecil yang duduk di bangku belakang dan tanpa memakai sabuk pengaman. Akhrinya polisi mau menilang.

Polisipun langsung menulis surat tilang dengan denda sebesar Rp. 1,5 juta. Kemudian wartawan Atjeh Cyber Media protes:

” ….wajib ya Pak, penumpang belakang harus memakai sabuk pengaman? bukannya hanya diwajibkan bagi yang duduk di kursi depan saja?”,

Lalu polisi menjawab:

“Iya Pak, wajib”

Ahmed Feiruzi, wartawan Atjeh Cyber Media kembali berbicara secara lantang”

“Kenapa gak bapak stop aja semua Bus yang lewat, terus bapak lihat penumpang bus, apakah mereka ada yang pakai sabuk pengaman?”

Sambil menuju kantor, polisi Polres Langkat itu bicara:

“Ya sudah pak, kita selesaikan disini saja, Bapak cukup membayar Rp. 1 juta saja”

Kabarnya penilangan mobil asal Aceh yang melintasi perbatasan Aceh-Sumatera Uatara sering terjadi, padahal aturannya kan tidak wajib. Berikut petikan bunyi UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Pasal 106 ayat 6:

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan,”

Nah bijimana menurut agan sekalian?