ilustrasi tukang Becak
ilustrasi tukang Becak

Bonsaibiker.com – wah kali ini ada Wacana Kembalinya Becak Di Jakarta Berhembus. Sandiaga Terkejut ni gan. Kita ketahui bahwa becak sudah lama beroperasi di wilayah Jakarta. Tapi memang terkadang masih saja ada yang beroperasi, seperti di daerah pasar tradisional yang mungkin memang dibutuhkan tuk membawa barang-barang belanjaan. Dan hal ini ternyata membuat Gubernur DKI jakarta,Anies Baswedan membuat wacana mengejutkan bagi Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga.

Memang larangan becak telah ada dalam Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum gan. Terdapat di Pasal 29 ayat 1 (a) menjelaskan, Setiap orang atau badan dilarang melakukan usaha, pembuatan, perakitan, penjualan dan memasukkan becak atau barang yang difungsikan sebagai becak dan atau sejenisnya. Sementara di ayat 1 (b) tertulis pelarangan untuk mengoperasikan dan menyimpan becak dan atau sejenisnya.

Pada acara peresmian persiapan Community Action Planning (CAP) bersama 16 kampung di Waduk Pluit, Minggu (14/1) Gubernur DKI jakarta,Anies Baswedan mengutarakan

Rencananya tuk menghidupkan kembali modal transportasi becak di Jakarta. Yaitu dengan membuka rute khusus becak. Beliau mengatakan bahwa semua orang yang di Jakarta memiliki hak untuk mengubah nasib dan berkehidupan baik tak terkecuali pengendara becak. Menurutnya memang becak tidak akan ada kalau tidak ada kebutuhan. Untuk itu angkutan baru akan disegerakan, bagian ini agar becak dapat beroperasi di rute yang ditentukan. Akrena tidak ada yang datang ke Jakarta hidupnya terus miskin. Semua ingin hidup sejahtera. Karena itu tanggung jawab pemerintah.

Intip juga

Gile Pengemudi Mobil Tembak Tukang Becak di Medan

Lain halnya dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta,  Sandiaga Uno yang ketika ditanya tentang hal tersebut saat di Balai Kota DKI Jakarta, malah terlihat terkejut gan. Karena memang belum ada pemberitahuan langsung dari pihak Pak Anies katanya. Dan menurutnya, jika memang becak di wilayah Jakarta benar-benar dilakukan, , mungkin jalurnya akan disambungkan dengan jalur-jalur yang ada di kawasan pariwisata untuk memastikan lapangan pekerjaan ada, terus pariwisata kita sambungkan dengan beberapa destinasi wisata. Dan itu yang jadi pemikiran selama ini.

Sandi juga menjelaskan bahwa masih sering lihat becak yang digunakan masyarakat di pinggiran Jakarta. Misalnya di wilayah Lagoa, Jakarta Utara. Masih banyak dari pasar ke pasar yang angkutannya gerobak dalam betuk becak. Dan butuh kearifan lokal saja, lihat bagaimana penyelesainnya nanti.

Tapi sekali lagi Sandi mengingatkan dan menginginkan untuk tidak berspekulasi macam-macam dulu terkait hal tersebut. Agar masyarakat tidak bingung nantinya.

Baca juga gan

Potret Sisi Lain Negeri: Kakek Tukang Becak Yang Suka Nambal Aspal Bolong Jadi Sorotan

FU Dibikin Ojek-becak! Kayaknya Nendang Tenaganya!

Edian, Mobil Mirip Xenia Jadi Kaya Becak Kegencet Truk