Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, coba kita ulas motor Yamaha lawas, yaitu V-ixion. Khusunya kita bahas terkait Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old alias Lawas ini. Barangkali mas bro sekalian ingin memelihara motor ini. Mayan lho, bandel, irit, dan spare part melimpah. Nah mas bro, kan V-ixion itu banyak lho, mulai dari yang lawas hingga yang terbaru. Nah yang kita bahas ini adalah model paling lawas.

Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old
Kelebihan dan Kekurangan V-ixion Old

Sejarah Yamaha V-ixion

V-ixion Pertama

Yup, sebelum kita bahas keurangan dan kelbihannya, kita ulas dulu sejarah V-ixion ini mas bro. Diluncurkan di Indonesia pertama kali 2007 silam, menantang sang juara sport kelas 150 cc yaitu Megapro.

Menggunakan mesin pengembangan dari mesin Yamaha Jupiter MX, yakni SOHC, 4 klep, dengan kapasitas ruang bakar yang diperbesar menjadi 149,8 cc. Untuk edisi pertama ini V-Ixion memadukan konsep klasik dan modern yaitu penggunaan headlamp bundar dan sasis delta box.

V-ixion Facelift Pertama (2010-2012)

Esisi facelift pertama ini yamaha melakukan ubahan beberapa tempat. Paling mencolok adalah perubahan desain lampu utama yang tidak bundar lagi, dengan tampilan lebih meruncing. Edisi ini tidak ada ubahan sedikit pun pada bagian mesin maupun fitur pada Yamaha V-Ixion generasi kedua ini. Jadi jeroan tetep sama persisi makanya initetep disebut V-ixion lawas.

Yamaha New V-Ixion Lightning (2012-2015)
Face Lift ke 2

Yamaha melakukan major change V-Ixion dengan label New V-Ixion Lightning di penghujung 2012. Dari segi desain terlihat lebih kekar dan sporti. Banyak yang berubah, dari bentuk headlamp, panel indikator analog kombinasi digital, tangki bensin, posisi rumah kunci, hingga ke bodi belakang yang serba tajam. Lalu pake swing arm kotak, pelek palang dengan lebar 2,15 inci di depan dan 3,5 inci belakang, dipadu profil ban lebih besar yakni 90/80 di depan dan 120/70 di belakang.

NVL dah pake rem cakram, baik di roda depan maupun roda belakang. Mesin pake kode baru, 1PA, yang menghasilkan power lebih besar, yakni 16,4 dk pada 8.500 rpm dan torsinya 14,5 Nm pada 7.500 rpm.

Yamaha New V-Ixion Advance (2015-2017) Face Lift ke 3

Edisi kali ini disebut dengan NVA atau New V-Ixion Advance. MEngalami perubahan body yang banyak. Yaitu dari bentuk headlamp yang lebih tajam. Bagian shroud dibuat lebih agresif dengan konsep dual layer-nya. Bagian mesin nampak berisi dengan aplikasi engine cover. Kemudian sepatbor belakangnya lebih pendek daripada NVL.

Mesin tetap, power New V-Ixion Advance tetap dikisaran 16,4 dk pada 8.500 rpm dan torsinya 14,5 Nm pada 7.500 rpm. Bedanya, New V-Ixion Advance menggunakan kode mesin 2PV.

All New Yamaha V-Ixion & All New Yamaha V-Ixion R (2017) Face Lift ke 4

Pada April 2017 meluncur All New V-Ixion dan All New V-Ixion R yang mengalami perubahan radikal bagian desain dan mesin. Tampil dengan fitur kekinian mulai spidometer full digital, lampu depan-belakang full LED, lampu hazard, serta rear sepatbor belakang model gantung.

Khusus untuk All New V-Ixion R, tampil lebih kekar dan sporti lantaran pake swing arm banana, pelek palang milik All New R15, profil ban belakang 130/70-17, serta foot step racing.

Untuk All New V-Ixion dibekali mesin 149,8 cc, SOHC, bore x stroke 57 x 58,7 mm, 5 percepatan, dengan tenaga maksimal 16,4 dk / 8.500 rpm dan torsi puncak 14.5 Nm / 7.500 rpm. Lebih mak nyus mas bro, mesin bagian mesin telah dilengkapi Assist & Slipper Clutch.

All New V-Ixion R lebih manteb lagi, bermesin 155,1 cc, SOHC, bore x stroke 58 x 58,7 mm, 6 percepatan. Powernya nyampek 19,1 dk /10.000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm/8.500 rpm. All New V-Ixion R juga berteknologi Assist & Slipper Clutch serta Variable Valve Actuation (VVA) kayak R15 V 3.

Kelbihan V-ixion Lawas

Nah mas bro, jadi yang kita bahas yang lawas dulu ya, yang anyar nanti kita bikinin artikel lain lagi. Jadi yang lawas adalah yang edisi pertama 2007-2010 hingga facelift pertama tahun 2010-2012. Yup simak kelebihannya :

  • Lincah, handling ringan dan nyaman dipakai.
  • Mesin terbukti bandel. Kini udah 10 tahun lewat, tapi masih ngeksis dan bersaing dengan motor baru.
  • Tampilanya Keren untuk masa itu, dipadu deltabox yang mak nyoos sehingga megaprobertekuk lutut.
  • Performa juoz mas bro. Akselerasinya nampol diputaran menengah ke atas yakni di atas 6000 rpm.
  • Konsumsi BBM mayan irit lho. Pengkabutan kan dah injeksi makanya lebih irit dan efisien.
  • Mudah untuk dimodifikasi
  • Dah pake Radiator
  • Harga jual kembali yang cukup tinggi, gak gampang jeblok.
  • Konon sehernya lebih baik dari yang model baru, harganyapun lebih mahal.
  • Aman bagi boncenger, gak terlalu nungging.
  • Layanan 3s melimpah.

Kekurangan V-ixion old / Lawas

  • Leher knalpot gampang menguning.
  • Terkenal dengan home steer oblak dan harganya mahal.
  • Tenaga asa ngempos di gigi 2 dan 3 bila dipaksa tarik gas Pool, sehinga kudu oper gigi ke tinggi atau ke rendah.
  • Oper gigi agak keras dan kedengeran blethak dari gigi satu ke dua.
  • Sering dikeluhkan mengalami kasus karat pada sambungan sambungan rangka dalam.
  • Ada keluhan di yang disampaikan di beberapa media bahwa fuel pump terkadang bermasalah bila terlalu lama kena terik matahari.

Yang debatable dari V-ixion Lawas

  • Rem luar biasa pakem. Ini bisa jadi kurang-bisa jadi lebih. Pasalnya gini mas bro ini dibilng kelebihan, memang bila dibanding Honda waktu itu, pengerimannya lebih pakem. Waktu itu James Bons bandingkan dengan Tiger Revo Punya James Bons sendiri. Jadi rem nya lebih pakem dari kompatitor yakni Megparo dan Tiger. Nah kalau dipandang dari kekurangan ya bisa kurang, wong rem depan belakang langsung set seperti ngelock, roda baik depan maupun belakang dah gak berputar, tapi motor masih nggloyong ke depan. Ngeri juga.