Cara Membuat Disinfektan Pencegahan Virus Corona

Cara Membuat Disinfektan

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, di tengah wabah virus Corona atau COVID-19 ini, ya ada baiknya kita swadaya melakukan pencegahan. Mendukung pemerintah dalam antisipasi, dan mempersehat diri sendiri. Yup mas bro, salah satu cara pencegahan adalah dengan membuat cairan disinfektan lalu disemprotkan ke rumah kita dan sekelilingnya untuk membunuh kuman, virus, dan bakteri. Nah kini kita sampaikan Cara Membuat Disinfektan Pencegahan Virus Corona. Disinfektan ini diyakni mampu mensterilkan benda-benda dari kuman, bakteri, dan virus karena mengandung┬áchlorin.

Cara-Membuat-Disinfektan-Penceahan-Virus-Corona
Cara-Membuat-Disinfektan-Penceahan-Virus-Corona

Mas bro, disinfektan ini mudah dan murah untuk dimiliki. Yaitu dengan beberapa alat rumah tangga yang biasa kita pakai. Yakni mulai dari bayclin pemutih, karbol, dan cairan pembersih lantai. Sebenarnya salah satu diantaranya sudah cukup mas bro, namun kalau kurang ya boleh kita masukkan tiga-tiganya.

Cairan pemutih pakaian ini memang bisa digunakan untuk pembuatan disinfektan. Ini bukan asal ngomong aja lho mas bro. Ini telah sesusai dengan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lebih jauh, Peneliti Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Joddy Arya Laksmono mengemukakan pendapatnya. Ia membenarkan bahwa cairan disinfektan bisa dibuat dengan campuran cairan pemutih pakaian atau pembersih lantai.

Menurut pak Joddy ini yang mengutip dari WHO, bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai desinfektan adalah etanol dan sodium hipoklorit yakni pemutih. Menurutnya larutan bahan pemutih rumah tangga mengandung 5 persen sodium hipoklorit (50000 bpja klorin).

Kemudian, selain Bayclin dan Pembersih lantai, carbol juga efektif membunuh kuman, bakteri, virus dan sebagainya.

Nah mas bro, Anjuran dari WHO pengenceran 5 persen sodium hipoklorit dengan perbandingan 1:100. maksudnya 1 bagian bahan pemutih untuk 99 bagian air untuk bikin disinfeksi permukaan.

Cara Pembuatan dan Penggunaan Disinfektan

  • Masukan cairan pemutih ke dalam botol plastik atau kaca atau tempat lainnya, kalau mau nambah juga boleh sekalian karbol dan pembersih lantai.
  • Tambahkan air bersih dan aduk atau kocok sampai tercampur rata. Nah, nanti warna air akan berubah daribening menjadi putih.
  • Cairan disinfektan telah siap digunakan.

Yup mas bro, simpelnya kira-kira adalah satu sendok Bayclin, satu sendok karbol, dan satu sendok cairan pembersih lantai dicampur dengan satu gayung air.

Kira-kira seperti ini mas bro :

Yup mas bro, ada beberapa hal yang musti diperhatikan dalam penyemprotan.

  • Penyemprotan sebaiknya di ruangan terbuka ruangan yang memiliki ventilasi udara yang baik dan ideal.
  • Cairan disinfektandari cairan pemutih memiliki konsentrasi yang cukup tinggi dan mengeluarkan uap beracun. Ya pastinya berbahaya jika dilakukan di ruangan tertutup yang tidak ada ventilasinya.
  • Gunakan alat pelindung diri, seperti sepatu, sarung tangan, dan masker untuk mencegah misalkan terjadi tumpahan atau cipratan cairan disinfektan.

Selamat mencoba!

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.