Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, di tengah keringnya sebagian wilayah Indonesia, ada kabar Banjir bandang di sukabumi Jabar. Ya, dari Data Fakta Banjir Cicurug Sukabumi yang dihimpun terbaru dikabarkan setidaknya 210 KK Ngungsi. Kemudian juga dikabarkan ada 3 orang hanyut belum ditemukan dalam musibah ini.

Data-Fakta-Banjir-Cicurug-Sukabumi
Data-Fakta-Banjir-Cicurug-Sukabumi

Bencana banjir bandan di Sukabumi ini diakabrkan dipicu hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. Saking banyaknya debit air, meyebabkan aliran Sungai Citarik-Cipeuncit meluap setinggi 5-6 meter.

Data Fakta Banjir Cicurug Sukabumi

Mas bro sekalian , banjir bandang menerjang wilayah Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada hari Senin (21/9/2020) kemarin sekitar pukul 17.00 WIB. Banjir bandang yang mayan dahsyat ini menyebabkan 12 rumah dan lima unit mobil hanyut terbawa arus. Seperti nampak dalam foto di atas, mobilpun sampai hanyut terbawa arus banjir ini. Selain itu mas bro, dilaporkan bahwa tak kurang dari 85 unit rumah terendam banjir, kemudian banyak ruas jalan rusak.

Banjir-sukabumi
Banjir-sukabumi

Meski beberapa Data Fakta Banjir Cicurug Sukabumi sudah dibeberkan ke media, namun Kepala SAR Kabupaten Sukabumi Fiber Sinaga menyampaikan belum bisa memastikan jumlah pasti rumah yang rusak ataupun jumlah pengungsi. Data yang ada baru bersifat sementara.

Data Sementara

Mas bro hingga kini memang penanganan darurat terus dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi di lokasi. Beberapa ifo update disampeaikan beberapa fihak. Salah satunya adalah oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati. Menurut sumber ini, ada beberapa hal yang bisa dilamporkan:

  • Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD setempat mengidentifikasi tiga orang di Kecamatan Cicurug hanyut saat banjir bandang terjadiorban ini masih pencarian petugas.
  • Catatan TRC BPBD Sukabumi, bahwa wilayah terdampak banjir ini adalah di Kabupaten Sukabumi meliputi 3 kecamatan, Kecamatan Cicurug, Parung Kuda dan Cidahu.
  • 5 desa terdampak di Kecamatan Cicurug antara lain Desa Pasawahan (Kampung Cibuntu), Desa Cisaat (Kampung Cipari), Desa Mekarsari (Kampung Lio dan Nyangkowek) dan Desa Bangbayang (Perum Setia Budi), Kelurahan Cicurug (Kampung Aspol).
  • 2 desa terdampak di Kecamatan Parung Kuda berada di Desa Langensari (Kampung Bojong Astana) dan Desa Kompa (Kampung Bantar).
  • Situasi Pasca banjir masih dimoitir Pusdalops BNPB di tiga kecamatan terdampak.
  • Catatan BPBD merekam ada 20 orang mengalami luka-luka, sedangkan 210 keluarga mengungsi dari Kecamatan Cicurug. Hingga pukul 22.00 WIB, Senin 21 September 2020, malam masih didata.
  • Catatan dari BPBD Sukabumi, kerugian di tiga kecamatan ini antara lain, rumah rusak berat 6 unit, rusak sedang 3, sedangkan rumah terdampak 306 unit. Jembatan rusak berat 10 unit dan mushola terendam 1 unit.

Yup mas bro, demikian artikel Data Fakta Banjir Cicurug Sukabumi sementara ini.