6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena Serta Panduan Beli Bekasnya

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan bahas tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena Serta Panduan Beli Bekasnya nih. Model terbaru dari Nissan Serena pertama kali diluncurkan tahun 1996. Dan kini Nissan juga telah meluncurkan Serena model baru. Mobil yang lebih lengkap dengan berbagai fitur canggihnya.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena
6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena

6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena

Yup mas bro, pada Februari 2019 PT Nissan Motor Indonesia menggelontorkan Facelift terbaru dari mobil ini namanya All New Nissan Serena. All New Nissan Serena memiliki 2 varian yaitu tipe X-G rade dan tipe Highway Star. Kita akan membahas tipe Highway Star yang memiliki lebih banyak kelebihannya. Meski banyak keistimewaannya, mobil ini juga tak luput dari kelemahan. Nah, berikut ini tabel 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena:

No.KelebihanKekurangan
1.Desain bodi sporty dan mewahMesin masih tipe lama
2.Kabin lebih luasLimbung
3.Suspensi empuk dan nyamanTidak ada transmisi manual
4.Fitur interior makin lengkap dan canggihGround clearence kurang tinggi
5.Ada fitur Touchless Sliding DoorAgak boros BBM
6.Ada fitur Adaptive Shift Control (ASC)Biaya perawatan dan sparepart mahal

Perbedaan Tipe All New Nissan Serena

Sebelum membahas lebih lanjut tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena, kita lihat dulu bro perbedaan dari kedua tipe Serena ini. Pada All New Nissan Serena ini yang membedakan dari kedua varian tersebut antara lain yakni terdapat pada bagian eksterior dan interiornya mas bro. Dan berikut daftar Perbedaan Tipe All New Nissan Serena:

Tipe Highway StarTipe-X
sudah menggunakan teknologi LEDmasih halogen
Headlamp leveling sudah autoHeadlamp leveling masih manual.
sliding doors dipasangkan teknologi  foot sensormasih standar tekan tombol
seat material dan steering switch bahan kulitmasih bahan fabric dan urethane
Speaker yang dibenamkan ada 6 buahSpeaker hanya ada 4
USB charging ada 7 titik yang disebar dari kursi depan sampai belakangUSB charging hanya ada 3 titik
6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena.
6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena.

Yang akan kita bahas kali ini adalah kelebihan dan kekurangan tipe tertinggi dari All New Nissan Serena yakni Tipe Highway Star ya mas bro.

6 Kelebihan Nissan Serena

All New Nissan Serena ini memiliki beberapa keistimewaan nih mas bro. Nah berikut ini uraian tentang 6 Kelebihan Nissan Serena dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena, yakni:

1. Desain bodi sporty dan mewah

Pada All New Nissan Serena ini, tampilan depannya terkesan mewah juga sporty mas bro. Terlihat dari tampilan V-Motion Grile dengan 3 tingkat berkrome ditambah logo Nissan yang ada di tengahnya. Walaupun lampu kabut masih halogen, tapi pada lampu utamanya sudah lampu LED.

Tampilan dari samping, terlihat kokoh dan elegan. Ada guratan tegas mulai dari lampu depan sampai bagian belakang  yang menyambung dengan jalur sliding doors di bagian belakang sampingnya. Di bagian belakang, ada Logo Nissan dan tulisan Serena serta lampu yang tidak panjang ke atas agar memaksimalkan kaca belakang yang lebih lebar.

2. Kabin lebih luas

All New Nissan Serena memiliki Kabin yang lebih luas mas bro. Mobil ini dapat menampung penumpang kira-kira 7 orang dengan jok yang masih bergaya captain seat. Dimensi all New Nissan serena ini memiliki panjang 4.770 mm dan lebar 1.740mm. Jadi  mobil ini lebih panjang dan lebih lebar dibanding keluaran sebelumnya. Kalau  tingginya gak berubah, tetap 1.865mm.

3. Suspensi empuk dan nyaman

Keistimewaan lainnya dari All New Nissan Serena ini yakni pengguna akan merasa nyaman karena Suspensinya yang empuk nih mas bro. Bantingan suspensinya berasa lembut saat melewati jalanan yang rusak.

4. Fitur interior makin lengkap dan canggih

Pada interior All New Nissan Serena tipe  Tipe Highway Star, telah disematkan berbagai fitur istimewa dan canggih yang lebih banyak dibanding tipe lainnya. Antara lain seat material dan steering switch sudah berbahan kulit, Speaker yang dibenamkan ada 6 buah, USB charging ada 7 titik yang disebar dari kursi depan sampai belakang, monitor atap 11 inch, Head Audio yang menggunakan 2DIN berukuran 6 inci Touch Screen lengkap dengan Bluetoothnya.

 5. Ada fitur Touchless Sliding Door

Keistimewaan mobil All New Nissan Serena ini dibanding tipe serena yang lain adalah Adanya fitur Touchless Sliding Door nih mas bro. Mobil ini menjadi MPV pertama yang menyematkan two tone pada mobilnya dan fitur canggih Touchless Sliding Door membuat pengguna membuka pintu dengan sendirinya dengan satu ayunan kaki. Sebab pada pintu bariskedua ini telah dilengkapi foot sensor.

6. Ada fitur Adaptive Shift Control (ASC)

Pada mobil All New Nissan Serena ini telah disematkan transmisi Continously Variable Transmission (CVT), yang memiliki fitur terbaru yaitu Adaptive Shift Control (ASC). Kegunaanya yaitu dengan Transmission Control Unit (TCU) akan menganalisa gaya pengemudi. Saat pengemudi menyetir agresif, maka TCU dapat membaca gaya tersebut, dan memberi input ke mesin supaya lebih responsif. Lalu ada juga mode berkendara Eco, Normal, dan Sport. Fitur ini memberikan info tentang penggunaan bahan bakar agar pengemudi bisa menghemat bahan bakar saat berkendara.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena,

6 Kekurangan Nissan Serena

Meski mobil All New Nissan Serena ini memiliki kelebihan, tetap saja ada beberapa kelemahan. Nah berikut ini uraian tentang 6 Kekurangan Nissan Serena dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena, antara lain:

1. Mesin masih tipe lama

Pada mobil All New Nissan Serena ini masih menggunakan Mesin tipe lama mas bro. Yakni mesin bensin 2.0L empat silinder valve DOHC (MR20). Dengan kekutana maksimal 150 ps/6.000 rpm dan torsi maksimal 119Nm/4.000rpm yang dipadukan dengan transmisi xtronic CVT. Model mesin yang kurang agresif, tapi karena ada tranmsisi CVT jadi lebih halus. Karakter mesin seperti ini cocok buat mobil pengguna yang gak suka ngebut.

2. Limbung

Karena All New Nissan Serena ini memiliki suspensi yang kelewat lembut, terutama saat berkendara di jalan tol dengan kecepatan yang tinggi maka membuat handling pada mobil ini sempoyongan atau limbung.

3. Tidak ada transmisi manual

Pada All New Nissan Serena ini ada sistem transmisi yang tidak memiliki sistem transmisi manual. Sistem transmisi yang ada hanya ada tipe CVT saja.

4. Ground clearence kurang tinggi

Dengan ukuran tinggi Ground Clearane All New Nissan Serena yakni 160 mm, membuat mobil ini harus ekstra hati-hati saat melewati jalan berbatu atau tidak rata. Maka cocoknya mobil ini untuk didalam perkotaan yang jalannya lebih mulus.

5. Agak boros BBM

Meskipun  All New Nissan Serena ini menurut data pengetesan Nissan secara internal diklaim mengkonsumsi BBM lebih irit sekitar 7 persen dibanding mesin sebelumnya, tapi pada kenyataannya saat pemakaian agak boros juga mas bro. Saat dikendarai dikendarai di jalan tol yang tidak terlalu padat, konsumsi bahan bakarnya mencapai 11,4 km/liter. Dan hal ini dapat dilihat melalui info dari fitur MID itu sendiri.

6. Biaya perawatan dan sparepart mahal

Karena mobil Serena ini merupakan mobil yang berkualitas tinggi, tentu dalam merawatnyapun tentu butuh perawatan khusus dengan biaya sparepart yang mahal juga. Bengkel servis resmi Nissan juga masih cukup jarang. Jadi harus lebih berusaha mencari-cari info lagi tentang keberadaan bengkel resmi, atau tak jarang yang datang ke bengkel biasa atau umum.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena`
6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena`

Harga Nissan Serena

Selain membahas 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena di atas, maka untuk memudahkan mas bro dalam mengetahui info tentang harga terbaru All New Nissan Serena, berikut ini adalah Daftar Harga Nissan Serena 2020 terbaru buat daerah Jakarta:

Tipe / Varian      Harga
Serena New 2.0 X CVTRp. 456.900.000
Serena All New X CVTRp. 459.400.000
Serena New 2.0 Highway Star CVTRp. 475.000.000

Panduan Beli Mobil Nissan Serena Bekas

Meskipun kini sudah hadir tipe terbaru dari mobil Nissan Serena ini, namun tetap saja masih banyak konsumen yang masih mengincar tipe lama atau bekasnya nih mas bro. Nah setelah kita tadi membahas 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena, kini ada bagian dari sparepart yang perlu diwaspadai atau diperhatikan saat akan membeli Mobil Nissan Serena Bekas:

1. Mesin

Yang pertama, lakukanlah pengecekkan dengan cara scaning mesin di bengkel resmi atau bengkel yang bisa  melakukan scan pada mesin mobil Serena ini mas bro. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kerusakan dan sensor mesin berkerja dengan baik semua. Mesin 2.000 cc pada Serena tentu sangat bertenaga, tapi erlu diwaspadai bahwa mesin harus dalam kondisi baik.

2.Pintu Elektrik

Pada tipe Highway Star ataupun Autech telah dilengkapi dengan pintu elektrik ni mas bro. Jadi sebelum membeli mobil Serena bekas tipe ini, harus dipastikan kalau fitur ini bekerja dengan baik. Karena kalau sudah rusak tentu biaya perbaikannya akan bertambah dan pasti butuh dana yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

3.Transmisi

Yang kita ketahui bersama bahwa Nissan Serena ini Cuma mempunyai transmisi matik konvensional. Maka kondisi transmisi mobil Serena tersebut wajib diperiksa terlebih dahulu sebelum membeli tipe bekasnya.Karena biaya perbaikan transmisi ini cukup tinggi mas bro.

4. test drive

Yang terakhir, lakukanlah test drive pada mobil Serena bekas yang akan dibeli nih mas bro. Hal ini untuk memastikan dan merasakan bagaimana kondisi girboks serta perpindahan giginya juga diperhatikan. Kalau responsnya kuat, perpindahan halus serta tidak ada delay saat perpindahan gigi maka kondisi girboks dan gigi mobil masih bagus. Jika perlu mintalah seseorang yang lebih ahli dalam melihat kondisi mobil untuk mendampingi test drive ini.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena'
6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena’

Harga sparepart Nissan Serena

Setelah kita melihat uraian 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena, harganya serta panduan membeli serenabekas, kita juga akan lohat Daftar harga sparepart fast moving pada Nisssan Serena nih mas bro, antara lain:

Nama Sparepart Nissan SerenaHarga
Filter udara                                      Rp 90.000
Filter Oli                                           Rp 39.000
Filter bensin                                   Rp 200.000
Bearing roda depan /pc                 Rp 320.000
Bearing roda belakang/pc             Rp 250.000
Sokbreker depan/set                      Rp 2.650.000
Sokbreker belakang/set                Rp 650.000
Busi/set                                           Rp 275.000
Kampas remRp 900.000
Kampas rem belakang              Rp 475.000
Filter udara                                     Rp 90.000
Filter Oli                                          Rp 39.000

Riview  pengguna Nissan Serena

Rasanya kurang lengkap kalau kita hanya membahas 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena saja. Nah berikut ini beberapa pendapat pegguna tentang mobil Nissan Serena:

Dicky Firmansyah (Nissan Serena (1999-2012): Mobil asik buat kekantor dan keluarga cuma apa iya boros banget yah?. saya membeli kendaraan ini tahun 2013 (Serena HWS C24 tahun pembuatan 2012). awalnya pengen beli Xtrail, cuma pas ke showroom disebelahnya ada satu2 nya unit tersisa (waktu itu dealernya di Pd. Indah). kedua anak saya yang masih balita naik ke mobil ini dah ngak mau turun lagi, yang akhirnya meluluhkan saya untuk membeli mobil ini.

Baru seminggu beli sudah dibawa jalan2 keluar kota. asik banget, mobilnya nyaman, captain seat, bisa diputar dan tengahnya dijadikan tempat bermain anak, route jalan spt apapun dijabanin, karena dia memiliki opsi berkendara dijalan bersalju, slippery atau licin dan rocky atau berbatuan. mantaf pokoknya. cuma sayangnya agak boros yah, walaupun sudah dicoba setting masih saja konsumsi 1;7 atau max 1;8. sampai saat ini mobil masih kita pakai baik untuk kekantor maupun jalan2 dengan keluarga. menjadi kendaraan andalan istri walaupun agak boros tapi worthed πŸ˜‰

Iwan Kendarwan Kaldjat (Nissan Serena 2009-2016): Kenyamanan dan reliability. Kenyamanan nissan serena dirasakan langsung oleh pengemudi dan penumpang. Saya dan istri sangat nyaman menggunakan nissan serena kami. Cruise control menjadi satu fitura yang saya suka.

Semua kemudahan menikmati berkendara mobil, ada pada nisan serena. Bagasi yang luas mengakomodir prngangkutan barang yang banyak. Posisi duduk dengan view ke depan sangat nyaman dan pas, kaca depan terasa luas dan mengakomodir keperluan melihat kedepan pengendara dan penumpang.Ketika manuver dan parkir mobil ini terasa compact, meskipun terlihat lega didalam.Terimakasih nissan

Ahmad Fahrur Rozi : Serena mobil keluarga idealSaya membeli Serena sejak tahun 2015, mobil nyaman dan lega, perawatan juga mudah, enak banget dan harganya terjangkau, cocok buat keluarga saya, bensin juga tidak boros, kabin senyap, suspensi lumayan empuk dan menyenangkan, saya suka pintu sudah otomatis sliding door bisa pakai remote, memudahkan keluar masuk anak kecil dan menggendong bayi.

Nadia untuk Nissan Serena (1999-2012):  KENYAMANAN NISSAN SERENA. Menurut saya mobil ini istimewah. Dengan desain yang elegant bak mobil mewah, mobil ini juga sangat nyaman banget dipake bepergian dengan keluarga karena mobilnya besar jadi bisa santai dan selonjoran jadi bepergian nyantai dan nyaman gacapek capek banget. Mobil ini sangat empuk sekali dan sangat tenang sekali kalo dipake ngebut. Dan mobil ini juga kids friendly karena bisa liat video dari tv bawaan mobilnya.

Dan saya sukanya dia matic, karena saya kalo bawa anak kecil itu nyantai enak mau kemana mana. Kadang saya ribet kalo pake manual, jadi pake mobil ini sangat membantu. Jadi saya suka banget dengan mobil ini, karena bener bener nyaman banget dan keluarga besar saya juga sangat suka, karena memang senyaman itu mobilnya.

Nurul Hidayat (Nissan Serena 2009-2016): Serenaku, teman setia menghantarkan ke kampung halamanSejak menebus Nisan Serena X Tahun 2013 lalu, Siren (demikian kami menjulukinya) selalu setia menemani kami sekeluarga.

Memang tidak setiap hari kami memakainya, hanya di akhir pekan ataupun di musim liburan.Kendaraan yang nyaman sekali digunakan. Hampir tidak pernah ada masalah, kecuali saat akinya harus diganti, Siren tidak bisa di starter. Selebihnya, kami acungkan dua jempol untuknya.

Kami selalu membawa Siren ke bengkel resmi bila saat service tiba. Tetapi, karena jarang digunakan, yang paling sering adalah mengganti oli (plus filter) untuk menjaga kesegaran mesin dan mencegah dari kerusakan.

Anakku yang pertama, belajar mengendarai mobil pun menggunakan Siren. dan alhamdulillaah tidak menemui kendala berarti. Itu tandanya, Siren sangat mudah untuk digunakan oleh siapa saja, baik driver kawakan maupun pemula.Oh Siren…betapa bangganya kami memilikimu.

Anggraini Ulfi untuk Nissan Serena (1999-2012): MPV nyaman idaman keluargaSaya menggunakan nissan serena hws c24 setahun belakangan. Alasan ganti dengan mobil sebelumnya adalah karena model captain seat dan kabin yg luas. Untuk keluarga nyaman sekali. Apalagi dengan balita yg aktif berjalan. Mondar mandir di mobil jadi ga bosanπŸ‘ apalagi kalo roadtrip. Bagasi muat banyak. Anak dan ibu saya nyaman di perjalanan.

Demikianlah ulasan tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan Serena Serta Panduan Beli Bekasnya ini. Semoga bermanfaat.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: