9 Penyebab Pompa Air Loyo Kurang Tarikan

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, kali ini kita akan menshare 9 Penyebab Pompa Air Loyo Kurang Tarikan. Yaketika mesin pompa air anda sudah memasuki usia 2 atau 3 tahun terkadang tarikannya makin loyo, bahkan di beberapa kasus malah gak ngangkat sama sekali. Nah, di sini bagi anda yang hobi kutak-katik, gak usah repot-repot pergi ke tukang sanyao, atau tukang service mesin pompa air. Bisa kok, diperbaiki sendiri. Yang penting tahu penyebabnya dengan pasti, sehingga kita bisa mengambil tidakan dengan tepat.

9 Penyebab Pompa Air Loyo Kurang Tarikan
9 Penyebab Pompa Air Loyo Kurang Tarikan

Ini berlaku untuk seluruh merk ya mas bro, baik Panasonic, Shimizu, Sanyo, dan sebagainya, karena secara umum, sistem kerja mesin pompa air itu sama.

9 Penyebab Pompa Air Loyo

Nah mas bro, 9 Penyebab Pompa Air Loyo ini diantaranya adalah:

  1. Tegangan Dinamo Tidak Sesuai
    Dinamo atau motor mesin pompa sangat memengaruhi hasil semburan.
  2. Dinamo Lemah atau mati
  3. Laher Oblak
  4. Impeler Aus
  5. Seal Bocor
  6. Casing Cover Aus
  7. Casing Liner Aus
  8. Kapasitor Lemah
  9. Daya Hisap Tidak Sesuai dengan Kedalaman Sumber Air

Mas bro, barangkali belum tahu beberapa nama part pompa air, mulai dari Casing liner, Casing Cover, dan Impeler, sehingga mas bro bisa mengerti bagian mana saja itu dan gimana nyari partnya kalau di toko part atau toko online. Yuk kita intip:

Casing Liner Pompa Air Panasonic 200 Baru
Casing Liner Pompa Air Panasonic 200 Baru

Yuk kita ulas satu-satu berikut langkah perbaikannya mas bro!

1. Tegangan Dinamo Tidak Sesuai

Penyebab pertama Pompa Air Loyo, adalah jika tegangan yang masuk terlalu kecil. Jadi misal tegangan PLN lagi nurun, atau kita pake listrik disel lalu tegangan gak sesuai kebutuhan maka yang akan terjadi adalah putaran dinamo atau RPM akan menurun. Untuk itu, pastikan pastikan tegangan yang masuk pada dinamo sesuai dengan spesifikasi yang tertera. Jadi kalau kita maksain tegangan yang lebih kecil dari spesifikasi maka kinerja pompa air pun tidak maksimal sehingga semburan menjadi melemah. So, solusinya adalah pastikan tegangan listik normal, yakni umumnya 220 mas bro.

2. Dinamo Lemah atau mati

Penyebab berikutnya Pompa Air Loyo, adalah dinamo lemah atau mati. DInamo lemah ini umumnya disebabkan oleh lilitan kumparan yang sudah mulai terbakar, sehingga aus listrik yang dialirkan ke kumparan, tidak bisa dengan maksimal menggerakkan dinamo. Maka tenaga pompapun lemah atau loyo. Jadi kalau tiba-tiba pompa anda loyo, bisa jadi salah satu penyebabnya ini. Solusinya ya pastikan listrik stabil mas bro.

3. Laher Oblak

Penyebab pertama Pompa Air Loyo, adalah Laher Oblak, Laher ini posisinya ada di dinamo, kalau laher ini oblak, maka akan mengganggu putaran mesin pompa air. Jadi mas bro, kalau dha laher oblak, biasanya akan menggesek bagian impeler, casing liner dan casing cover, sehingga kerusakan meluas. Biasanya disertai bunyi yaring pada mesin pompa air. Nah, kalau dah begini segeralah ganti lahernya, banyak kok di toko part atau toko teknik di kota anda. Gantinyapun cukup mudah, kalau belum terbiasa cari tutorialnya di youtube banyak.

4. Impeler Aus

Penyebab pompa air keluarnya kecil berikutnya adala karena daya hisap pompa yang kecil. Salah satu penyebab daya hisap atau daya dorong kecil adalah karena Impere aus. Biasanya hal ini banyak terjadi pada pompa air yang menggunakan impeler berbahan kuningan. Impeler adalah jantung dari mesin pompa air listrik, gambarnya seperti di atas ya mas bro. Impeler ini bisa aus dan bisa dilihat dengan jelas jika terjadi keausan setelah kita copot covernya lalu kita keluarkan dari bodynya mas bro.

Solusinya ketika impeler aus, mas bro sekalian bisa mengganti impeler dan membelinya di toko yang menyediakan alat khusus pompa air. Ingat ya, impeler bisa aus rata-rata karena as oblek yaitu lhar oblak, pastikan lahernya bekerja dengan baik, Lalu ganti impelernya.

5. Seal Bocor

Penyebab pertama Pompa Air Loyo, adalah seal bocor. Mas bro, seal ini murah lho, paling 15-20 rebu saja, namun kalau dah bocor, alamak, daya hisap dan daya dorong pompa bisa menurun drastis. Nah seperti apa sih sealnya, simak gambar berikut :

seal-Panasonic-200
seal-Panasonic-200

Seal ini adanya di bagian dalam casing inliner, cara mencopotnya adalah copot dulu cover casingnya, lalu impelernya, baru kemudian bisa dicopot seal dan pernya tersebut, lalu ganti dengan yang baru.

6. Casing Cover Aus

Penyebab Pompa Air Loyo selanjutnya adalah Casing Cover Aus. Casing cover ini gambarnya seperti di atas, yaitu penutup impeler. Bagian ini bisa aus sering disebabkan karena laher oblak, lalu impeler goyang dombret dan menggesek Casing cover. Nah kalau dah aus, tarikan popa jadi loyo. Solusinya gampang, anda bisa beli di toko part mesin pompa dengan harga mulai dari 30 rebu sampai 90 rebu tergantung kualitas. Lalu pasanglah di mesin air anda.

7. Casing Liner Aus

Penyebab Pompa Air Loyo, yang selanjutnya adalah casing liner aus. Sama seperti Casing cover dan Impeler, Casing liner ini aus lantaran laher oblakh. Jadi mas bro, kalau dah laher oblek bikin 3 part rusak, yakni impeler, casing liner, dan casing cover. Part ini memang musti diganti supaya kompressi mesin pompa sesuai aturan pabrik dan bisa memompa air dengan lancar.

Mas bro, kerusakan pada casing liner memang mudah dikenali, setelah impelernya dibuka, anda bisa dengna mudha melihat, apakah casing liner aus, peang atau masih utuh. Kalau masih utuh ya bagus, pasang lagi. Kalau dah aus ada 3 kemungkinan, pertama diservice sendiri dengan menambahkan lem power glue pada bagian tengah casing liner yang aus, lalu diamplas biar rata setelah kering. Atau bisa beli part bekas di tukang pompa atau di toko online. Atau bisa juga ganti baru di service center terdekat sesuai merk masing-masing. Nah jikalau udah silakan pasang, jamin deh bakal lancar pompa air mas bro sekalian.

8. Kapasitor Lemah

Pompa air gak bisa mengeluarkan air dengan kuat, atau nampak bahwa ainya kecil, juga disebabkan lantarankapasitor lemah. Jadi kapasitor merupakan salah satu komponen pendukung lain yang bisa memengaruhi kinerja pompa air. Komponen ini bisa mennstabilkan strum atau aliran listrik. Yakni jelasnya fungsinya dalam mesin air sebagai starter yang membantu dinamo. Nah, ketika kapasitor lemah, maka kekuatan daya hisap pompa air juga akan ikut menurun mas bro.

Kapasitor letaknya ada di body mesin, yakni yang dilindungi pake cover sebagaimana nampak sebagai berikut :

KAPASITOR-pompa-air-Panasonic-200
KAPASITOR-pompa-air-Panasonic-200

Bukapah covernya pake obeng, nanti akan nampak kapasitornya mas bro.

Solusinya adalah ganti kapasitor. Untuk melihat kapasitor lemah atau tidak silakan cek dengan multi tester, atau avo meter. stel fungsu mulit tester untuk mengukur tegangan, terus lihat apakah jarup penunjukknya bergerak. Kalau jarum tersebut diam berarti kapasitor masih bagus, kalau jaruh=m penunjuk bergerak, berarti kapasitor udah bocor. Silakan diganti.

9. Daya Hisap Tidak Sesuai dengan Kedalaman Sumber Air

Selanjutnya Penyebab Pompa Air Loyo Kurang Tarikan adalah Daya Hisap Tidak Sesuai dengan Kedalaman Sumber Air. Baca manual user atau buku petunjuk mesin saat beli, jadi mesin tersebut punya daya hisap berapa, daya dorong berapa. Sesuaikan mas bro, jangan sampai mesin misal cuman 125 lalu dya hisap cuman 9 meter, malah disuruh menghisap 20 meter, ya berat mas bro. Sesuaikan speknya ya.

Nah demikian mas bro, artikel terkait 9 Penyebab Pompa Air Loyo Kurang Tarikan, semoga bermanfaat.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: