Mobil Esemka Mau Uji Emisi Dibikin Acara Ritual Siram Kembang Dulu Gan!

Unik sebuah tradisi solo ini, Wali Kota Solo Joko Widodo atau biasa dipanggil Jokowi mengadakan acara siraman untuk mobil Esemka sebelum berangkat ke Jakarta untuk menjalani uji emisi, Esemka ini menjalani prosesi siraman layaknya pengantin baru.

Okezone mengutip statmen Jokowi usai prosesi Jamasan mobil Esemka, di Solo Techno Park,Kamis (23/2/2012), “Kota Solo pernah membuat sejarah otomotif pertama di Indonesia. Dimana mobil merek Benz Phaeton,menjadi mobil pertama kali di Indonesia yang dikemudikan Pakubuwono X pada tahun 1894. Dan mobil Esemka ini akan mengikuti jejaknya menjadi mobil nasional pertama yang mampu diciptakan bangsa sendiri,”

Tepatnya ketika akan melaksanakan uji emisi di Jakarta, pemerintah Kota Solo dan tokoh agama menggelar ritual jamasan atau memandikan mobil Kiat Esemka dengan air kembang, Kamis malam. Mereka juga memanjatkan doa bersama. Prosesi ini dilakukan layaknya siraman seorang pengantin. Tujuannya, agar Esemka selamat sampai tujuan. Prosesi diawali denga hadirnya penari yang kemudian melakukan ritual jamasan dengan menyiramkan air kembang ke mobil. Jamasan ini dilanjutkan oleh Wali Kota solo Jokowi yang kemudian dilanjutkan Wakil Wali Kota dan Sukiat sebagai rekanan mobil Esemka.

Advertisements
Advertisements

9 Comments

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin