Minerva Megelli 250 Injekasi Yang Bakal Nongol, Mungkinkah Bermesin Megelli 250 XP Yang Powernya 31,5 HP? Alamak CBR 250 Lewat.

Rumor di selasela peluncuran minerva X Road 150 S memang dahsyat, yakni tentang perkembangan Minerva Megelli 250 yang kabarnya bakal bermesin Injeksi. Ya, Megelli ini memang berevolusi begitu cepat bahkan bisa dibilang revolusi. Sejak awal berkembangnya pertama menggunakan type Megelli 250 R, lalu kemudian melakukan pembenahan disana-sini karena akselerasinya dirasa agak lambat, maka terbitlah versi kedua (tipe RE/RV) yang sudah mengalami improvement yang cukup signifikan, dan kini rumornya bakal terbit versi baru lagi dengan mengaplikasi injeksi.

-_Minerva_Sachs_Megelli_250_RE_RV_red (1)
-_Minerva_Sachs_Megelli_250_RE_RV_red (1)

Sebuah pertanyaan muncul apakah versi injeksi ini tetap menggunakan mesin Megelli 250 RE/RV atau sudah menggunakan mesin versi ketiga yakni tipe SE/SP yang lebih hebat lagi? Ya,

Sebagaimana dilansir juragan Rondo yang mengutip dari bikehk.com, Megelli SP adalah satu-satu nya motor laki 250cc yang punya power diatas 30HP selain Ninja 250R. Ya si Megelli XP ini powernya mengungguli Honda CBR 250R, Hyosung GT 25oR, Daelim JF250, dan juga GW 250. Bore x stroke nya Megelli 250 SP beda dibandingkan Megelli 250 RE/R, dimana Megelli 250 SP mempunyai ukuran 72.5 x 59.8mm, sedangkan Megelli RE/RV mempunyai ukuran 77 x 53.6mm. Dari sini terlihat bahwa Megelli 250 SP mencoba meningkatkan torsinya. Power mongtor keren ini wow, menyentuh 31,5 HP gan!

bagi yang penasaran dengan mesin Megelli 250 SP, berikut ini sebuah analisa tentang mesin megelli 250 SP ini dari warung Juragan ROndo juga yakni dari bro irwan RACING TUNER ,
“Penambahan panjang langkah (stroke) serta pengurangan diameter piston (bore) berakibat pada torsi yang diharapkan meningkat , secara tidak langsung dapat mengail tenaga puncak (peak power ) lebih tinggi pada putaran mesin yang sama,meskipun kompresi mesin berkurang. Motor ini sudah mengalami ubahan timing pengapian ,serta saluran in dan out yang lebih besar serta katup yang dimodifikasi lebih besar. Dengan wheelbase 1350mm dan berat 123kg ,maka motor ini dapat dengan mudah mengasapi para kompetitornya di kelas 250cc ditambah tenaga 31.5 hp, secara PWR motor ini menang mutlak, meskipun masih kalah torsi dengan CBR 250R , tapi melihat type mesin yang masih SOHC masih mampu head to head secara akselerasi dengan CBR 250R. Tapi yang masih disayangkan adalah saluran pembuangan yang kurang responsif dalam artian pipa exhaust-nya tidak melalui bawah kolong lalu keluar kesamping, Padahal tenaga dan torsi akan lebih bisa keluar dengan lancar ( Megelli 250RE versi modif knalpot samping hasil dyno tercatat 24hp pada roda belakang).Jadi apakah bisa bisa melawan akselerasi CBR 250R ,serta mengalahkan topspeed ninja 250 .???”

Wah, jika sampai si Megelli 250 ini menggunakan engine type Megelli 250 XP, mmm bisa dipastikan akan ngrusuhi pasaran CR 250 yang cuman 26 HP. Ya patut ditunggu kalau memang demikian. Tentunya dengan harga yang tetap kompetitif serta layanan 3s yang makin meningkat, so kita tunggu aja.

…………………………………………………………

Sumber rujukan

http://triatmono.wordpress.com/2012/01/29/megelli-250-sp-power-mencapai-31-5hp-penantang-baru-ninja-250r/

http://www.megelli.com ( United Kingdom )
http://www.ediprogetti.it/index_en.php ( Italia )

Advertisements
Advertisements

29 Comments

  1. maaf koreksi dikit, mas…… itu njenengan sepertinya kebalik nulis bore x stroke. bukannya harusnya stroke x bore…?? yang 72.5 dan 77 itu stroke kan??
    “Bore x stroke nya Megelli 250 SP beda dibandingkan Megelli 250 RE/R, dimana Megelli 250 SP mempunyai ukuran 72.5 x 59.8mm, sedangkan Megelli RE/RV mempunyai ukuran 77 x 53.6mm.”
    eniwei, ini motor eksotis juga. kira2 build quality-nya gimana mas?? terus boleh dibahas rondonya….??

  2. Suatu ketika, saat malam jum’at.
    Sepulang sholat isya di masjid, Hamid (6 tahun) dicegat makhluk halus, ternyata KUNTILANAK. Hamid pun bingung, gimana caranya mengusir kuntilanak itu. Karena dia baru belajar satu doa, dia yakin baca doa itu bakal mengusir kuntilanak, “BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM. ALLOHUMMAABAARIKLANAA FIIMAAROZAKTANAA WAAKINAA ‘ADZAA BANNAAR. AAMIIN”
    Kuntilanak pun ngacir sambil ngomong “kampret kampret, seumur gw jadi kuntilanak, baru kali ini mau dimakan anak kecil”

  3. Moga keluar di indo juga. .
    Kalo accl bisa nembus CBR dgn power 11-12 ama NINJA wah tambah seru nih. .
    Hope keluar di sini. .

    Btw pak de bonsai ko megelli 250 xp? Jd yg bnr xp/sp?
    Waduh puyeng. . .
    Btw nice info. .
    😀

  4. hmm..
    Berati mesin baru lebi buanyak maen di RPM rendah karena strokenya lebi puanjang…
    Hmmm…
    Motor2 sangar berkeliaran

  5. penurunan kompresi*kalo benar masuk disini* malah suatu keuntungan Kang, BBM pertamax dan pertamax plus kan distribusinya belum merata,tinggal durabilitas dan jaringan 3s yang musti diperkuat

  6. strokeny pnjang jga 59,8 mm >pnjng punyny vixi berarti bts rpmny mnurun < dri vixi, bts rpm vixi 10500, berarti bts speed rpm aman rentang 9500-10000 rpm 🙁

  7. tapi pastinya MINERVA tak sehebat produk-produk jepang dech::CMIIW::

    *Sudah 2x terkecewakan oleh produknya(mewakili pemakai produk yang lain)

  8. Megelli 250SP injeksi. Denger2 sih ada bagian yg dibuat dr karbon. Skrg ini msh prototype, blm bs dipasarin. Kmrn sempet nanya soalnya, SP bakal keluar di indo gan, cm blm tau kapannya. Kaya td ane blg, msh prototype. Dipikir 2013 awal bakal nongol karna mau ambil ini motor, tp dibilang prototype jd ambil 250rv. Yg diharapkan sih knalpotnya udh pke yamamoto exhaust utk pasaran indo, lebih enak suaranya dibanding yg skrg.. Hehe

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin