Puasa Ramadhan Sariawan?!..NoWay! | Bonsaibiker

Puasa Ramadhan Sariawan?!..NoWay!

ramadhan

ramadhan

Umat Islam sebentar lagi akan menyambut bulan suci yaitu Ramadhan nih mas bro. Dimana dibulan tersebut diwajibkan untuk melaksanakan puasa sehari penuh dan sebulan penuh pula. Nah saat ini Jams bons akan sedikit memberikan tips sekitar cara mengatasi sakit sariawan yang sering dialami oleh orang yang sedang berpuasa. Seperti jagoan kecil James bons nih bro, saat usianya 7 tahun dia mulai puasa sehari penuh selama sebulan. Anaknya sih kuat, tapi kasihannya sempet terkena sariawan berwarna putih di kanan-kiri ujung bibirnya.
Semoga saja diusia yang ke-8 ini dia gak terkena sariawan lagitomatitis aftosa atau sariawan juga bisa menyebabkan bau mulut saat puasa gan, dan sungguh  akan sangat menggangu dalam beribadah puasa kita.
Ternyata penyebab dari timbulnya stomatitis atau sariawan pada bulan puasa  disebabkan karena hygiene mulut yang kurang, dry mouth (kekerinagan yang sangat), kurangnya asupan vitamin dan collagen factor yg kurang.

Beberapa tips untuk menghindari penyakit tersebut antara lain:

  1. Cobalah perbanyak menkonsumsi sayur dan buah pada saat sahur maupun berbuka
  2. Jika perlu tambahkan suplemen vit C untuk membantu kolagenasi
  3. Konsumsi jus buah saat berbuka memang dianjurkan untuk mengganti nutrisi yang kurang. Apalagi kalau mas bro penderita sakit maag sangat disarankan untuk mengkonsusmsi jus kentang..

Tapi jika memang sudah terkena sariawan bisa ditingkatkan mengkonsumsi vitamin C dalam dosis vit C hingga 1000mg tetapi juga harus diimbangi dengan minum air putih yang cukup banyak dan obat kumur seperti yang diiklan-iklan itu loh gan.

Smoga bermanfaat ya mas bro.., MarhabanYa Ramadhan..

Advertisements
%d bloggers like this: