Varian dan Sejarah Avega | Bonsaibiker

Varian dan Sejarah Avega

Sekilas, Avega merupakan mid size sedan yang dapat menjadi saingan Mazda 3 sedan, Toyota Vios, Baleno, dan sedan lainnya. Ini Untuk Avega versi lama, beda dengan Avega Tefbaru yang kita kenal dengan grand Avega yang merupakan saingan vista dan rio. Keunggulan Avega yang signifikan terlihat pada harganya yakni Avega dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada beberapa mobil sedan yang lain.

Varian Avega

Pada saat pertama kali diluncurkan, Avega datang dalam 3 varian yaitu SG, GL, dan G. varian G merupakan versi entry level yang dilengkapi dengan kelengkapan standar minimal. Rodanya juga masih memakai pelek kaleng. Untuk membuka atau menutup kaca, pengendara juga harus menggunakan tuas engkol. Varian yang paling lengkap fiturnya adalah tipe SG. SG dilengkapi dengan duck tail untuk spoiler belakangnya dan foglampnya juga memiliki bentuk yang bulat sehingga mobil ini terlihat lebih menawan. Pada tahun 2010, varian G diganti menjadi varian GX. Varian GX masih merupakan versi terendah tetapi sudah menggunakan power window dan pelek alloy.

Belakangan mncul Grand Avega yang harganya jauh diatas Avega biasanya dengan vitur yang manta dan daya yang mumpuni

Spec Grand Avega

Code Mesin/Engine Code Gamma
Tipe Mesin/Engine Type
Isi Silinder / Displacement (cc) 1396
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm) 77 x 74.99
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm) 108 / 6300
Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm) 13.9 / 5000
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System MP. Injection
Bahan Bakar / Fuel Gasoline
Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter) 43
Steering (Power Steering)

Spec Avega Lawas (dari bloglapak)
Avega sebenarnya masuk dalam segmen 4 x 2 sehingga mobil ini dapat menawarkan harga yang sangat kompetitif bagi para konsumen di Indonesia. Dimensi dari Avega sendiri yaitu 4.125 mm untuk panjangnya, lebar 1.630 mm, dan tinggi 1.395 mm. Selain itu, wheelbase dari mobil yang memiliki status Completely Knock Down ini adalah 2.440 mm.
Mengenai kapasitas mesin, Avega dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.495 cc dengan 4 silinder segaris dan 12 katup. Kapasitas yang ditawarkan oleh Avega tentu tergolong cukup besar untuk ukuran sedan. Dengan kapasitas mesin yang dimiliki oleh Avega, hal ini dapat menghasilkan kekuatan 89 PK pada putaran 5.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 129 Nm pada 3.000 rpm.
Desain eksterior Hyundai Avega mengusung desain sporty elegant sehingga produk ini tidak hanya tampil dengan tampilan yang mewah namun juga memberikan aksen sporty agar produk ini tidak kalah bagus dengan produk sedan yang lain. Mengenai kenyamanan berkendara, Hyundai sudah melengkapi Avega dengan sistem suspensi independen di kaki-kakinya. Untuk menambah kenyamanan berkendara, Avega juga menawarkan beberapa fitur standar seperti AC dengan heater dan power steering. Untuk fitur keamanan, Avega dilengkapi dengan side beam impact, front crumple zone, dan safety bumper yang menjadi satu kesatuan.
Sebenarnya spesifikasi teknis Hyundai Avega hampir sama dengan Hyundai Accent, mulai dari suspensi, mesin, dan beberapa komponen lainnya. Namun, perbedaan yang terlihat jelas adalah Hyundai Accent mengusung model sedan sedangkan Avega mengusung model liftback yang membuat akses  ke bagasi menjadi lebih mudah daripada model sedan. Selain itu, Avega juga sudah dilengkapi dengan catalytic converter yang berfungsi untuk mengurangi kadar emisi gas buang, sehingga mobil ini dapat menjadi mobil yang cukup ramah lingkungan. Dengan konsep two box Avega, pajak tahunan mobil ini juga menjadi lebih murah..

 

%d bloggers like this: