Brader sekalian, bagi yang bener-bener kesengsem dengan Daihatsu Taft silakan berburu, pada artikel lalu sudah James Bons sediakan kisaran harganya dan speknya. Nah sebelum berburu silakan baca tips-tips berburu Taft dari Blognya Taft, dari ahlinya gan!

taft gt
taft gt

Chasis

1.  Periksa kondisi chasis dari keropos, cek lekukan chasis kanan kiri dibawah kemudi karena daerah itu merupakan titik rawannya, untuk tipe hiline periksa juga bagian chasis belakang yaitu palangan pipa pipa chasis. Gosok dengan tangan untuk memastikan tidak ada bekas las dibagian tersebut, teliti secara akurat kadang kadang disamarkan dengan cat atau flinkote.
2.   Periksa chasis sebelah kanan, tepatnya dibawah tempat accu, pastikan tidak ada kropos bekas air accu yang tumpah.
3.    Periksa semua sambungan palang palang chasis.
·         Body
1.    Lihatlah secara visual dari jarak jauh, apakah bodinya melenkung atau bungkuk, amati secara jeli, memang tak segampang tipe taft long (hiline), untuk tipe taft pendek hal ini sulit untuk dianalisa.jika memang bodi melengkung bisa dipastikan chasis pernah patah karena keropos, lihatlah pada bagian chasis seperti keterangan ulasan  chasis point  1. Hal ini menjadikan mobil mempunyai cacat permanen, jika anda memperbaikinya akan membutuhkan biaya yang besar.
2.   Periksa titik keropos taft bagian bawah, seperti di slebor slebor roda, buka karpet lantai pengemudi dan kursi sebelah kiri, juga periksa lantai belakang slebor slebor roda. Periksa bagian talang atap dan kisi kisi bagian komponen wiper, karena bagian ini letak aliran air hujan.
3.  Untuk tipe taft hiline maupaun gtl periksa bagian tiang engsel pintu tengah, pastikan tidak ada cat retak. Karena keretakan itu pertanda tiang pintu sudah patah oleh keropos.
4.    Untuk tipe taft rocky periksa sambungan bodi mobildengan bodi atap fibernya
5.    Periksa kemulusan bodi, mungkin terdapat cat mlembung atau lapisan dempul yang tebal, terutama kap mesin dan atap mobil, karena daerah ini rawan ngelupas karena panas jika pelapisan dempulnya terlalu tebal.
6.  Periksa engsel engsel pintu , terutama pada pintu belakang yang terbebani roda.
·         Kemudi
1.    Periksa space kemudi dengan mengoyang goyangkan setir. Jika space terlalu besar lihat secara urut pergerakan pada seal sambungan tierod, bila seal seal telah aus tergolong masih ringan perbaikannya, namun jika kerusakan kemudi terdapat pada ball joint, ini akan memungkinkan anda untuk merogoh kocek yang agak banyak.
2.   Periksa komponen power teering, cek apakah ada kebocoran oli power, pastikan kondisi seal seal dalam keadaan baik.
3.    Hidupkan mesin, periksa kelangsaman pergerakan kemudi, kondisi yang optimal jika pergerakan setir tanpa  tersendal sandal.
4.    Ketika anda coba menjalankan taft, rasakan hentakan  kemudi ketika melewati jalan yang bergelombang. Jika taft menggunakan ban besar hentakan ini akan lebih terasa tapi hal ini masih dalam kondisi normal menurut penulis. Kondisi ini bisa diredam dengan memberi shockabsorber kemudi.
·         Suspense (kaki kaki)
     
1.    Lihat secara visual ketegakan taft, apakah terlihat miring sebelah. Pemeriksaan bisa dilihat dari lekukan per springnya.
2.    Rasakan daya redamnya saat kondisi jalan, hal ini untuk memastikan kondisi shock absorber masih normal, memang agak sedikit sulit untuk  menganalisa jika anda pemula menjadi taft mania, terlebih jika dulunya pengguna sedan.
3.    Jika anda jadi membeli, cek kekerasan baut baut suspensinya, terutama  baut U
·         Mesin
1.    Periksa bagian bawah mesin, mungkin ada kebocoran pelumas bagian packing mesin inti, gearbox, gardan dan perseneling (transmisi).
2.    Pegang pipa pengerak roda  (join),gerakan memutar bolak balik, jika ada space teruskan pemeriksaan ke bagian kres joinnya (berbentuk +) yang menghubungkan transmisi ke garden belakang dan garden depan.
3.    Hidupkan mesin, injak pedal gas dan lihat gas buangnya, jika terlalu hitam pekat anda harus siap untuk mengkalibrasi boschpumpnya.
4.    Dalam kondisi mesin hidupbuka tutup oli pastikan tidak ada asap putih yang keluar, teruskan dengan melihat bagian mesin pastikan juga semburan angin bawah mesin  yang keluar tidak terdapat asap putih. Gejala pada mesin diesel ini pertanda ausnya ring piston
5.    Setelah menghidupkan beberapa menit  buka tutup radiatornya, tutup dengan telapak tangan untuk memastikan tidak ada uap air yang keluar, untuk memastikan cylinder cope tidak retak. Pemeriksaan jangan dilakukan setelah mobil berjalan (berbahaya)
6. Periksa kelangsaman perseneling tranmisidan perseneling 4wd untuk memastikan kondisi kampas kopling dan matahari (dekrup) dalam keadaan optimal.
7. Cobalah untuk menjalankannya, rasakan percepatan dan kelangsaman saat pergantian perseneling. Perhatikan stationer mesin setelah berhennti menjalankannya, jika stationer bertambah tinggi anda harus siap untuk mengkalibrasi boschpumpnya.
·         Kelistrikan
1.    Periksa kondisi tombol tombol lampu, sein dan klakson.
2.    Periksa kondisi panel panel kecepatan, rpm, bahan bakar dan temperature mesin.
3.    Periksa kondisi lampu swith glow (lampu injeksi), level oli, drain, 4 wd dan accu
4.    Periksa kondisi suhu AC
5.    Periksa kondisi accu kendaraan
Met berburu gan!