Tembok Tinggi Di Tol Solusi Safety Dan Polusi Suara Di Jepang

 

Ini tembok tinggi jalan tol Jepang
Ini tembok tinggi jalan tol Jepang

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian. Jalan tol merupakan jalur untuk  mempermudah para pengendara kendaraan yang ingin lekas sampai dengan efektif dan efisien. Tapi bagaimana kalau jalan tol tersebut dibangun disekitar perumahan atau perkantoran. Apakah tidak mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar? Mungkin dari suara bising kendaraan, rawan kecelakaan yang suatu waktu dapat menimpa pemukiman warga setempat. Nah kalo di Jepang ada solusinya ni gan.

Kalau kita lihat di Jepang gan, ada tembok panjang nan tinggi seperti di salah satu jalan tol di Osaka, Jepang. Dan tembok tinggi di Tol ini memang  memiliki fungsi juga mendapatkan pengawasan langsung dari pemerintah. Hal tersebut adalah antisipasi demi kenyamanan, keamanan dan keselamatan masyarakat. Selain itu juga ada tembok panjang yang berada di sisi jalan tol dalam kota.

Baca juga gan 31 Oktober 2017 Semua Gerbang Tol Tak Lagi Melayani Transaksi Tunai

Tour guide Media Tour Tokyo Motor Show 2017 Rini Kameya,  bersama Astra Daihatsu Motor, mengatakan bahwa tembok panjang ini sengaja dibuat di sepanjang jalan tol yang berada di dekat pemukiman dan perkantoran. Hal itu, kata dia, dibuat untuk mengurangi polusi suara. Sebab tembok tersebut dapat meredam suara. Karena sepanjang jalan tol masih banyak terdapat gedung-gedung yang merupakan pemukiman atau perkantoran. Sehingga suara-suara mobil tidak mengganggu masyarakat. Menggunakan tembok panjang juga dapat lebih safety, khususnya bagi para pengemudi. Sebab, driver akan selalu fokus melihat ke arah jalan tanpa harus malingkan muka ke kanan atau kiri di luar jalur. Tembok di tepi jalan ini juga berguna sebagai penghalau jika terjadi kecelakaan. Di mana kendaraan yang mengalami kecelakaan hebat bisa diminalisir agar tidak keluar jalur dan menimpa ke pemukiman di dekat lokasi kejadian.

Artikel terkait Saking Indahnya Pemandangan di Tol Semarang-Salatiga Jadi Gagal Fokus, Apalagi Ada Yang INI!

Seandainya hal ini bisa diterapkan juga di Indonesia, mungkin masyarakat akan merasa lebih aman dan nyaman baik pengendara maupun pemukiman masyarakat. Tapi memang biayanya gak murah gan. Butuh dana yang banyak untuk membangunnya. Yah semoga saja suatu saat segalanya bisa semakin lebih baik dan lebih maksimal dan membangun infrastruktur di Negara kita. Bukan hanya membangunnya tapi juga memikirkan keselamatan semua.

Bacajuga

Kilas Info Mudik : Tol Solo-Ngawi Beroperasi Satu Arah Selama Mudik, Hemat Waktu

Motor Masuk Jalan Tol Darurat Ditilang Gan

Mudik Dari Jakarta-Salatiga Lewat Tol Bahkan Sampe Surabaya, Begini Kondisi Realnya!

Pilar Jembatan Cisomang Tol Cipularang Bergeser, Pas Libur Panjang!

4 Comments

  1. solusi kaya gitu di jepang udah lama mas broh… nah kalo di sini mikirin kaya gitu mah nanti… ga tau kapan… heheheh..

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.