Hujan Abu dari Gunung Merapi, Masyarakat Diminta Wapad

Hujan Abu dari Gunung Merapi

Mas bro sekalian, hujan abu dikabarkan terpantau tersebar dari Gunung Merapi menuju wilayah Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Hujan abu ini terjadi sejak Jumat (4/1/2019) malam hingga Sabtu (5/1/2019) siang, kemarin. Sekurang-kuranganya ada dua desa telah melaporkan dilanda hujan abu, yakni Desa Balerante dan Desa Tegalmulyo Kecamatan Kemalang, Klaten Jawa tengah.

Hujan Abu dari Gunung Merapi
Hujan Abu dari Gunung Merapi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten menyampaikan sirarn pers pada Sabtu (5/1) sore. Isinya bahwa Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) merekomendasikan agar kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara stop dulu. Peandakian dilakaukan hany untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana saja mas bro, selain itu dilarang.

Masih dari BNPBD, disampaikan bahwa dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk.

Kemudian bila ada perubahan aktivitas Gunung Merapi yang signifikan maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali. Sejauh ini nampaknya asih waspada aja mas bro, jadi masyarakat diminta agar tidak terpancing isu-isu tidak jelas dan hoax terkait erupsi Gunung Merapi.

Masyarakat diminta tenang, tidak panik dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi terdekat.

Beberapa info gunung merapi bisa diakses sebagai berikut :

  • Radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz,
  • melalui website www.merapi.bgl.esdm.go.id,
  • Medsos BPPTKG, atau ke kantor BPPTKG, Jalan cendana Nomor 15 Yogyakarta,
  • Melalui telepon (0274) 514180-514192.

Mas bro sekalian, wadalam info terbaru disampaikan beberapa point berikut :

  • Guguran lava terpantau di Gunung Merapi pada Jumat (4/1) pukul 21.01 WIB dengan amplitudo 70 mm, durasi 150 detik dan jarak luncur kurang lebih 1,2 kilometer, arah ke hulu Kali Gendol. Tingkat aktivitas Merapi Waspada (Level 2).
  • Akun twitter resmi BPPTKG @BPPTKG suguhkan laporan pengamatan visual dan cuaca di pos-pos pengamatan Gunung Merapi. Pengamatan via Pos Kaliurang pada Sabtu (5/1) pukul 11.46 WIB dilaporkan Merapi berkabut, suhu udara 26,4 derajat Celcius, kelembaban 76 persen RH, tekanan 919.8 hPa, dan kondisi angin perlahan ke arah tenggara.
  • Pengamatan via Pos Selo pada Sabtu sore pukul 17.43 WIB, visual Merapi berkabut, suhu udara 17,5 derajat Celcius, kelembaban 85 persen RH, tekanan udara 838.0 hPa dan kondisi angin tenang.
  • Pengamatan via Pos Ngepos pada Sabtu pukul 18.00 WIB, visual merapi berkabut, suhu udara 25,2 derajat Celcius, kelembaban 36 persen RH, tekanan udara 945.1 hPa, angin tenang dan cuaca berawan

Demikian update terkait gunung merapi.

1 Comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.