Naik motor sambil Merokok didenda

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah berita tilang nih atau denda. Ini perlu diwaspadai, bahwa kini di berbagai daerah telah diterapkan denda bagi para pengguna motor yang kedapetan ngrokok di jalan. Ya, Naik motor sambil Merokok didenda Rp. 750 Rebu. Atau pidana 3 bulan.

Naik motor sambil Merokok didenda Rp. 750 rebu
Naik motor sambil Merokok didenda Rp. 750 rebu

Yup ataurannya menurut Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto tertuang dalam UU no.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 106 ayat 1. Berikut bunyi aturannya :

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraanya dengan wajar dan penuh konsentrasi,”

Beberapa instansi mulai ramai mensosialisaikan aturan ini mulai dari Polisi hingga Dishub. Misalnya Dishub Plu mmebuat postingan berikut:

Dinas Perhubungan Kota Palu Halaman Disukai · 22 jam ·

Tabe Sampesuvu Sarara,
Untuk komiu yang tergabung dalam Tim Asap, bisa pedomani Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 pasal 6, Perlu diketahui, PM No 12 tahun 2019 dibuat untuk menekankan bagi penggunaan motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat yang dilakukan dengan aplikasi berbasis teknologi informasi (ojek online) dan tanpa aplikasi berbasis teknologi informasi, namun dapat menjadi pedoman dalam rangka menjaga keselamatan berkendara dan tertibnya lalu lintas, mari kita bijaksana dalam berkendara.

DinasPerhubunganKotaPalu #DishubKotaPalu #dishubpalu

Sementara itu Polda Metrojaya Juga telah mensisoalisasikan hal yang sama. Berikut screenshotnya

pengendara motor merokok
pengendara motor merokok

Yup, semoga bisa menjadi perhatian kita semua.