Moge Kawasaki Ninja ZX10R Ditilang Lantrana Pake Knalpot Racing

Moge Kawasaki Ninja ZX10R Ditilang

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, ada kabar berita unik dari dunia pertilangan. Ya, biasanya yang ditilang itu mocil alias motor kecil. Nah ini tumben moge kena kasus tilang mas bro. Yup, sebuah Moge Kawasaki Ninja ZX10R Ditilang Lantran Pake Knalpot Racing.

Moge Kawasaki Ninja ZX10R Ditilang Lantrana Pake Knalpot Racing
Moge Kawasaki Ninja ZX10R Ditilang Lantrana Pake Knalpot Racing

Kejadian ini dishare oleh akun Istagrama TMC Polda Metro Jaya. Berikut statmennya mas bro :

tmcpoldametroSudah Diverifikasi

08:25 #PolriPenindakan thd sepeda motor yang Knalpotnya tidak sesuai dg peruntukanya ( Bising) di https://t.co/ys8qLn0lmX Afrika Senayan. https://t.co/H85mobsI4j

Kejadian adalah hari ini di Jl.Asia  Afrika Senayan, pagi ini, Minggu, 21-07-2019. Kurang lebih pukul 08:25. Twitter TMC Polda menhjelaskan hal ini sebagai berikut :

08:25 #Polri Penindakan thd sepeda motor yang Knalpotnya tidak sesuai dg peruntukanya ( Bising) di http://Jl.Asia  Afrika Senayan.

Mau Sunmori Moge Kawasaki Ninja ZX10R Ditilang

Mas bro, kemungkinan besar ini adalah motor-motor yang mau Sunmori, alias SUnday Morning Ride. Namun malah ketilang. Yup pasalnya dalam postingan TMC Polda Metro Jaya ini, baik fb, IG, maupun Twitter, memposting kejdaian ini dengan beberapa motor sport yang nampak ketilang.

Sunmori-malah-ketilang
Sunmori-malah-ketilang

Nah, itu mas bro, vixionnya pake knalpot racing juga ketilang. Jelasnya bisa lihat pada gambar di bawah ini!

vixion-ketilang-di-senayan-lantaran-make-knalpot-racing
vixion-ketilang-di-senayan-lantaran-make-knalpot-racing

Mas bro, beberapa warganet menyampaikan bahwa penilangan ini lantaran ada keluhan warga yang merasa kebrisikan atas knalpot ini. Namun itu baru konon.

Aturan Ambang Batas Kebisingan

Yup mas bro, penilangan motor menggunakan knalpot racing memang ada aturan bakunya. Landasan hukumnya adalah Pasal 285 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bunyi lengkap pasalnya yaitu :

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Aturan ini diperkuat oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 7 Tahun 2009. Dalam aturan ini dikelompokkan bahwa ada ambang batas tingkat kebisingan berdasarkan kapasitas isi silinder mesin sebagai berikut:

  1. Sepeda motor bermesin maksimal 80 cc ambang batas kebisingan 77 dB
  2. Sepeda motor bermesin antara 80-175 cc ambang batas kebisingan 80 dB
  3. Sepeda motor bermesin di atas 175 cc ambang batas kebisingan 83 dB

Ditilang Karena Kanlpot Racing Atau Karena Plat Nomor?

Mas bro, dalam postingan di atas, redaksi Bonsaibiker masih bertanya-tanya. Sebenarnya moge ini Ditilang Karena Knalpot Racing Atau Karena Plat Nomor?

Kalau dari penampakan mge Kawasaki Ninja ZX10R ini plat nomor belakangnya ngumpet di kolong jok. Lalu plat nomor depan gak ada. Mungkin itu yang jadi alasan ditilang. Namun pak polisinya menyatakan bahwa ini adalah penilangan gara-gara kenlapot bising.

Sayangnya gambarnya gak ada yang dari sebelah kanan mogenya mas bro, sehingga bisa valid membuktikan.

Atau mungkin juga dua-duanya, masalah plat nomor juga, knalpot juga, masih belum tahu persis mbah.

Manggut-manggut.

3 Comments

  1. Kalo krena knalpotnya bising yaudah gpp ditilang emang itu aturannya, tapi seharusnya ada revisi aturan, masak iya CC gede disuruh pake knalpot standar? Harley aja bising malah dikawal.

  2. Yg bener hrs nya ikutin kemauan aturan menurut versi mocil spy gak ada unsur KESENJANGAN/KECEMBURUAN SOSIAL Krn klo moge ato HD ato motor mahal melanggar gak ditilang pasti byk yg protes to klo mocil yg ditilang LGS KEBAKARAN JENGGOT DAN GAK TERIMA SAMBIL BAWA2 UNSUR STATUS SOSIAL

    Tp biar aman mending BELA DAN DUKUNG MOCIL aja spy.gak ada yg protes dan disenangin dgn PEMBACA TETAP KRN KLO KONTRA PASTI’DIMUSUHIN
    Silahkan buktikan sendiri omongan gw

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.