Honda CB Dijejali Mesin Ninja

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, obrolan ringan terkait modifikasi dan swaf engine serta proesdur legalitasnya. Salah satu contoh kasus yang populer adalah Honda CB Dijejali Mesin Ninja, maka bagaimana Proesdur Legalitas Swap Enginenya?

Honda CB Dijejali Mesin Ninja
Honda CB Dijejali Mesin Ninja

Yup, beberapa kasus modif, memang unik. Kadang orang ingin body motor tertentu tapi tak puas dengan kinerja mesinnya. Sebaliknya, ada orang yang punya mesin keren, tapi bodynya ingin yang klasis, ya terjadi pulalah swap engine tersebut.

Apa Itu Engine Swap?

Nah, kemudian apa itu Engine Swap atau Swap engine? Yup mas bro, Engine swap dalam bahasa mudahnya adalah tukar guling mesin kendaraan bermotor, baik itu mobil atau motor. Engine swap bisa diartikean sebagai proses penggantian atau istilahnya mencangkokkan mesin dari kendaraan satu ke kendaraan lainnya, baik itu mobil ataupun motor.

Banyak hal ini terjadi di lapangan, misalnya mobil, Blazr diganti dengan mesin Panther. Body blazer yang aduhay, tapi mesinnya tua, maka dibganti yang punya panther yang lebih muda. Jadilah engine swap dalam kategori mobil.

Demikian juga ada motor yang juga diganti mesinnya dengan mesin motor lain. Misalnya seperti foto di atas, mesin Ninja 250 dipasang di Body Honda CB. Ya keren sih, mantab, tapi kita harus ikuti prosedurnya agar motor ini legal saat dipake di jalanan.

Prosedur Engine Swap Pada Mobil

Mas bro, kalau swap engine pada mobil sudah kita ulas secara gambalang. Silakan saja baca artikel di bawah ini:

Prosedur Engine Swap Pada Motor Honda CB Dijejali Mesin Ninja

Mas bro, swap engine pada motor sedikit beda dengan mobil. (Baca dulu prosedur swap engine mobil di atas ya mas bro biar ada gambaran). Pasalnya kalau pada mobil kadang bengkel bisa edikit main “cantik”. Dengan menggergaji blok mesin yang ada nomor mesinnya yaitu mesin lama, lalu ditemplokkan ke blok mesin yang mau kita pasang. Jadi kita gak usah ganti BPKB dan STNK. Toh mobil jarang dirazia polisi, sampai buak-kapmesin. Kecuali pas cek fisik di samasat.

Nah, kalau motor masbro, heheh, kelihatan di depan mata, mesinnya terbuka, bgampang diintip dan dilihat. Jadi gak bisa “main cantik” layaknya mobil. jadi kalau mau ganti mesin ya harus total ganti BPKB dan STNK.

Mas bro, biasanya bengkel-bengkel pengerja swap ngine ini sudah tau apa yang harus dilakukan untuk mengurus legalitas motor termasuk dokumen pendukungnya, jadi gak perlu khuatir maslah dengan polisi. Namun, kalau benkel sibuk, kita bisa melakukannya sendiri.

Persiapan Mengurus Legalitas Engine Swap

Mas bro, kita melakukan engine swab, sebenarnya yang kita lakukan adalah datang ke samsat lalu mengajukan BPKB dan STNK baru dengan beberapa berkas. Nah ganti surat biasanya kita harus tahu mesin yang akan kita masukkan juga harus legal.

Kita musti cek ada fakturnya apa tidak. Bila ada berarti resmi dan biasanya agak mahal. Tapi memang barang harus disertai dokumen lengkap. Asal usul mesin inilah mas bro yang musti diperhatikan. Musti bukan colongan.

Sementara motor yang mesinnya diganti, yaitu motor yang kita mabil bodynya aja, juga harus disertai dokumen jelas pula. Kalau bodong, siap-siap aja disangka penadah oleh polisi.

Prosses Legalitas Engine Swap

Kalau kita sudah memastikan legalitas surat motor, untuk pengurusan surat ke polisi dan penggantian STNK maupun BPKB lumayan mudah kok mas bro. Pasca melakukan engine swap, kita musti bawa beberapa dokumen ke polisi yaitu :

  • Membawa surat-surat mesin, body, dan juga rekomendasi bengkel pelaksana engine swap.
  • Selanjutnya di samsat langsung dilakukan cek fisik kendaraan oleh bagian cek fisik. Jadi kendaraan musti dibawa ek samsat mas bro. Untuk Cek fisik. Setelah itu daftarkan ke ruang pendaftaran berkas di Samasat. Anda tinggal tunggu STNK jadi, bisa hari itu juga sampai 2 hari. Untuk BPKB kira-kira 1 bulan maksimal udah kelar.
  • Yang penting sekali adalah kalau beli mesin harus ada PIB. bukan BPKB, mesin yang disertai BPKB saja tidak bisa diurus ke Samsat. Kalo mesin yang ada PIB nya bisa! Caranya mobil yang mau kamu ganti mesin dan mesin donor lengkap dengan PIB datang ke samsat setempat. Disana surat PIB mesin dan dokumen mobil akan dijadikan satu. nanti kalo BPKB dah jadi di halaman belakang akan tertera penjelasan bahwa mobil sudah ganti mesin.
  • Dokumen yang musti disiapkan yitu BPKB, STNK, KTP, invoice pembelian mesin sama faktur impor. Kemudian juga surat keterangan dari bengkel yang mengerjakan, keterangan dari Reskrim kalau mesin tersebut bukan hasil kejahatan, dan uji kelayakan DLLAJ.
  • Bengkel yang menggarap juga harus jelas, harus berbadan hukum dan ada NPWP.

Bedakan Honda CB Dijejali Mesin Ninja dan Ninja Dibody CB

Mas bro, kalau motor CB dijejali mesin ninja memang ribet urusan legalitasnya. Makanya seperti pada gambar di atas, pecinta CB akhirnya merubah body Ninja dengan model CB. jadi di STNK dan BPKB tetep motor ninja, namun body CB. Pengeurusan legalitas lebih mudah.

Nah kalau di bawah ini, beneran mesin ninja dijejalkan ke body CB, woh ruet mas bro, legalitasnya.

Bedakan Honda CB Dijejali Mesin Ninja dan Ninja Dibody CB

OCeh, cukup jelas ya masbro. Semoga membantu.