Ninja 150 Ditilang Lantaran Knalpot Tidak Standar, Lha diangkut, Padahal Surat-surat ada

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, sebuah kabar tilang nih. Ceritanya ada Ninja 150 Ditilang Lantaran Knalpot Tidak Standar, Lha diangkut, Padahal Surat-surat ada. Nah, hal inilah yang menjadi perdebatan panjang di dunia maya alias di Sosial media. Kalau melihat plat nomor yang menggunakan Huruf W kemungkinan ini berada di daerah Gresik atau Sidoarjo.

Ninja-150-Ditilang-Lantaran-Knalpot-Tidak-Standar
Ninja-150-Ditilang-Lantaran-Knalpot-Tidak-Standar

Ninja 150 Ditilang Lantaran Knalpot Tidak Standar

Mas bro Ninja 150 Ditilang Lantaran Knalpot Tidak Standar, ini diposting oleh akun fb gi Sugiharto ke grup fb Kawasaki ninja 150 RR dengan statement berikut :

Kesalahannya katanya knalpot brong,malam ini sudah banyak yang tertib sampe yg begini diangkut se motor2nya,surat lengkap hidup,sim hidup

Kejadian ini terekam ke dalam kamera dan kemudian dishare ke sosial media dalam link berikut :

(https://www.instagram.com/p/CGOnUFLD3sH/?utm_source=ig_web_copy_link)

Atau di Link ini mas bro:

(https://web.facebook.com/1734533058/videos/10207868637310558/)

Yup mas bro, pasca diposting terjadi perebatan panjang karena tilang ini. Yakni menyangkut 2 hal:

  1. Apakah itu knalpot tidak standar?
  2. Kenapa Motor Harus diangkut padahal surat-surat lengkap?

Mas bro, pertama, menurut warganet bahwa knalpot yang dipakai Ninja 150 ini ya bentuknya memang standar, tapi kayaknya suaranya memang kenceng juga. Konon merknya adalah Tyga. Nah merk tyga ini adalah tampaknya bukan merk knalpot standar Kawasaki mas bro.Jadi ya kalau turannya harus standar pabrik ya boleh jadi kena tilang.

Ke dua, kalau knalpotnya yang tidak standar, sementara surat-surat motor lengkap, apa benar motor harus dibawa ke kantor polisi? Untuk apa? kan biasanya cukup diberi surat tilang, tanpa motor harus ditahan, wong motor jelas surat-surat ada. Jadi motor sah bukan terindikasi curanmor atau kasus lain. Tapi kita juga gak tau, barangkali pak polisinya mau memberikan pembinaan kepada para tertilang, ya kurang tahu persis mas bro.

Aturan Knalpot Standar

Mas bro sekalian, jadi dalam  Pasal 285 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU Lalu Lintas”) dijelaskan bahwa pengendara motor yang membawa kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang di antaranya termasuk knalpot bakal ditindak.

Nah  mas bro isi lengkapnya Pasal 285 UU Lalu Lintas tersebut adalah:

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp. 250.000,-

Komentar Warganet terkait Ninja 150 Ditilang Lantaran Knalpot Tidak Standar

Mas bro, hal ini memang menuai pro kontra.SImak saja penadapat warganet berikut :

Muhammad Purdanie

Kalau kesalahan pada kenalpot karena tidak standar ya di tilang, bukan di bawa motor ny. Kecuali STNK, SIM tidak ada baru bawa motor. Maaf yak bukan sok jagoan, kalau posisi nya itu gw , gw ceramahin balik tuh polisi.. Gak usah banyak kata, cukup bilang,, Pak msh mau denger ayam berkokok pagi2 gak ?? 😂😂 becanda lurr.. Tp serius itu motor gak perlu di bawa cukup di tilang saja.

Dimas Syahnuri Pratama

Bung Nggathur gak ada pasal nya bos.. aturan daerah macam apa sprti itu. Yang jelas kalau tilang ya tilang. Surat ada sim ada . Tidak boleh bawa paksa motor pengendara kecuali bodong

Manu I Mano

Dimas Syahnuri Pratama cb aja bro…d jateng jg udah bnyak yg sperti ini jd liat post sprti ini B aja 😂😂

mtor blh d ambil d kantor jika sudah d ganti knlpot d tempat.

knalpot racingnya d tiggal kami sita sebagai efek jera

M Luthfi AD

Muhammad Purdanie hukuman bermacam” bro mau polisi tilang mau ambil,stnk,sim atau motor ya gpp 🤣 penting pasalnya uda jelas dan resmi ad surat perintahnya, gk pke surat perintah pun bisa aj juga ditilang dengan kondisi tertangkap tangan & motor tidak sesuai spec, bgitu sih penjelasannya yg ane tau🤣

Ganda Esa Saputra

Suruh pake db test, bandingkan tingkat kebisingan antara knalpot standard dan knalpot after market, apabila knalpot standard melebihi ambang batas kebisingan yang ditetapkan UU boleh ajukan banding biar pakpol nya paham betul ga asal tangkap, polantas di Indo minim dengan yang namanya DB Test selalu yang main tangkap liat knalpot ga standard.

Eka

Knalpotnya sama tyga, baru kemaren tuh ak kena tilang sama, cman gra plat no ga kepsang yg di depan kalau diblkang terpasang, pdhal SS lengkap, cman plat no ga kepsng yg depan g ada toleransi lngsng tilang cuk. Pdhal SS dan SIM tertera a.n sndri, gmana srannya kalau kasus seperti ini

3 thoughts on “Ninja 150 Ditilang Lantaran Knalpot Tidak Standar, Lha diangkut, Padahal Surat-surat ada

  • 12 Oktober 2020 pada 11:06
    Permalink

    yah beginian mah udh sering, saran dr gw sih cukup beli plat aja yg biasa kita tau sama tau… pasti aman di jalan.

    Balas
  • 12 Oktober 2020 pada 13:01
    Permalink

    Oalah jadi lebih penting knalpot atau surat-surat nih

    Balas
  • 12 Oktober 2020 pada 17:01
    Permalink

    …blm jelas dr pihak pol nya ,blm ada statemen resmikah…….klw diem artinya ngk konsisten dan ngk ada kepastian hukum jg persamaan di depan hukum ……..bisa se_enak udel bikin tafsiran dan bisa jd citra buruk …..

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: