9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez serta Testimoni Keluhan User

Bonsaibiker.com – Mas bro, kita bahas tentang 9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez serta Testimoni User. Barangkali ada yang minat untuk meminang mobil ini baik baru ataupun bekas, setidaknya artikel ini bisa menjadi bahan bacaan mas bro.

9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez serta Testimoni User
9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez serta Testimoni User

Yup, Wuling Cortez masuk di Indonesia dalam segmen MPV. Mobil ini hadir dengan fitur melimpah, namun harga yang dianggap lebih murah dari kompatitor. Apalagi  untuk tipe Wuling Cortez CT kini sudah dibekali dengan mesin 1,5 liter Turbo. Kan keren mas bro dan menggiurkan.

Lebih menggiurkannya lagi, Wuling Cortez dilego berkisar dari Rp 220 juta hingga Rp 2790 juta. Lahir dengan beberapa saudara yakni mobil Wuling Almaz dan Wuling Confero. Wuling Almaz dilego di kisaran Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan. Sementara Wuling Confero hadir dalam 4 tipe. Harga Wuling Confero terbaru berkisar dari Rp 151 juta hingga Rp 198 jutaan. Nah mas bro, yuk kita bahas 9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez!

9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez

Secara singkat 9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez bisa kita simak dalam tabel berikut :

 No.  Kelebihan Wuling Cortez Kekurangan Wuling Cortez
 1.Body BongsorDetail Tidak Rapi
 2.Fitur MelimpahRadius Putar Merepotkan
 3.Kenyamanan Kabin dan Captain SeatTanpa Telescopic Steering
 4.AirBags 4 titikTransmisi Kurang Nyaman
 5.MID Terbaik untuk KelasnyaTampilang Kurang Macho
 6.Sunroof Penambah PoinBrand Kurang Diakui
 7.Mesin TurbochargedBelum Memakai Tombol Start/Stop
 8.Mengandalkan Lampu Tipe LEDBanyak Elektrik
 9.Suspensi IndependenPerforma Kurang Joz

Kelebihan Wuling Cortez

Wuling Cortez CT melucur pada 2019 lalu oleh pabrikan asal Tiongkok yang sejak 2017 telah mendirikan pabrik di Indonesia dan kini memiliki 115 dealer. Nah dalam topik 9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez ini, apa saja kelebihannya? Kita simak berikut :

1. Body Bongsor

Dimensi mobil ini memang gede mas bro. Panjang 4,780 mm, lebar 1,816 mm dan tinggi 1,755 mm. lalu wheelbase 2,750 mm. Sekedar info aja mas bro, Cortez tipe terbaru, ada beberapa perubahan takni di dibagian gril. Untuk Cortez CT tampil dengan 2 strip dengan logo Wuling berwarna merah pada bagian tengahnya. Cortez CT 2020 memang gak berubah pada bagian body samping hingga aksen lis krom pada kaca.

2. Fitur Melimpah

Cortez terutama CT tipe L bisa disebut MPV paling berlimpah fitur. Di rentang harga Rp 282 juta, memang dia yang palin banyak fitur diantara pesaingnya. Mulai dari lampu utama LED, captain seat, pengaturan jok elektrik, sunroof, electronic parking brake (EPB). Kemudian juga berbagai fitur safety aktif sampai suspensi independen. Ditambah lagi adanya fitur seatbelt warning. Jadi saat penumpang tidak mengenakan seatbelt, maka akan ada indikatornya di panel meter dengan menampilkan jok berwarna merah. Sselain itu Cortez juga dilengkapi fitur fatigue driving warning. Yakni yang berfungsi mengingatkan sopir beristirahat.

MID-Cortez
MID-Cortez

3. Kenyamanan Kabin dan Captain Seat

Karena dimensi besar, maka kabinpun cukup luas. Wuling Cortez CT tersedia dalam pilihan captain seat 7-penumpang atau 8-penumpang tanpa captain seat. Dalam kabin Wuling Cortez ini mengadalkan dual tone dengan material soft touch, jadi nampak keren mas bro. Kemudian penggunaan head unit touch screen berukuran 8 inci yang terletak pada bagian tengah dashboard makin nambah asoy.

4. AirBags 4 titik

Wuling Cortez dibekali dengan 4 airbags yang berada di bagian depan dan samping. Ini tentu bikin penumpang merasa aman. Kemudian Wuling Cortez dibekali dengan 2 Titik ISOFIX (fitur keselamatan di kursi penumpang belakang dengan didesain khusus anak kecil, balita maupun batita).

5. MID Terbaik untuk Kelasnya

Mas bro  fitur multi information display alias MID pada Wuling Cortez memang memiliki tampilan istimewa. Yakni tampil dengan ukuran 7 inci memiliki bentuk yang mengikuti speedometer hingga tachometer. Nah di sini berbagai informasi tentang kondisi Wuling Cortez 2020 ini bisa dilihat. Yakni mulai dari konsumsi BBM real time, tekanan ban, kecepatan berupa digital, tekanan ban dan lainnya. Keren ini mas bro.

Penampakan-SPeedometer-Wuling
Penampakan-SPeedometer-Wuling

6. Sunroof Penambah Poin

Wuling Cortez tipe CT sudah dibekali fitur Sunroof. Pengoperasiannya masih rada manual. Yakni harus menahan tombol untuk membuka maupun menutup Sunroof. Namun begitu pastinya Wuling Cortez nampak keren.

7. Mesin Turbocharged

Satu hal yang menurut Bonsaibiker keren pada Wuling Cortez ini adalah  adanya adanya fitur keyless dan tombol start-stop engine. Jadi Wuling Cortez CT termasuk yang 2020 ini menggunakan mesin 1.5L Turbocharged 4 silinder In-Line DOHC dengan kode mesin LL5. Tenaga yang dihasilkan mayan nendang, 141 Ps pada 5200 rpm dengan torsi 250 Nm saat rpm antara 1600 – 3600. Wuling Cortez CT ini hadir dalam 2 pilihan yakni transmisi manual 6 percepatan untuk tipe C. Sementara transmisi CVT tersedia untuk Wuling Cortez CT tipe C dan L.

8. Mengandalkan Lampu Tipe LED

Cortez sudah menggunakan lamu jenis LED.Lampu initerpadu dengan lampu isyarat hingga foglamp. Tentu saja ini nampak makin stylish. Sementara lampu di belakang, mulai dari stop lamphingga lampu belakang hadir dengan teknologi LED.

9. Suspensi Independen

Mas bro sekalian, Cortez CT tipe C dan L dibedakan oleh jenis suspensi belakang. Tipe C masih model semi-independen torsion beam. Suspeni ini memang banyak digunakan oleh Low MPV. Bahkan medium MPVpun juga masih pake. Nah, Cortez CT atau yang merupakan tipe tertinggi sudah aplikasikan suspensi independen double wishbone. Yang jelas efeknya bakal lebih stabil saat bermanuver dibanding torsion beam.

Kekurangan Wuling Cortez

Nah mas bro, lanjutan dari bahasan kita terkait 9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez, yuk kita sima 9 kekurangan Wuling Cortez.

1. Detail Tidak Rapi

Kalau diamati secara detail memang terdapat bagian kompartemen terasa kurang rapi. Hal ini  tentu saja kurang nyaman dipandang.

2. Radius Putar Merepotkan

Dimensimobil ini bongsor mas bro, makanya saat melakukan maneuver, ya rada merepotkan. Khususnya saat putar balik, pasalnyaradius putar mencapai 5,6 meter. Jadi mas bro pengemudi harus mengetahui kebutuhan ruang ketika mau putar balik atau bermanuver.

3. Tanpa Telescopic Steering

Mas bro, kekurangan selanjutnya pada Wuling Cortez ini adalah sistem kemudi yang belum mengadopsi telescopic Steering. Ya, mobil ini masih mengandalkan Tilt Steering saja. Jadi jok pengemudi yang harus disesuaikan. Supaya pengemudi bisa nyaman saat berkendara.

4. Transmisi kurang nyaman

Sejatinya mobil ini keren, mengaplikasikan Transmisi AMT, bukan otomatis biasa. Namun menurut beberapa usert, kinerjanya dirasa masih kurang nyaman. Jadi jenis AMT punya beberapa kekurangan, seperti respons perpindahan yang tak secepat otomatis konvensional.

5. Desain Kurang Keren

Ya ini  bukan berarti desain Wuling Cortez jelek, Hanyasaja bisa dibilang desain Cortez termasuk biasa saja, belum bisa dibilang menawan. Ya ini terkadang sangant subyektif mas bro. Sesuai selera.

interior-cortez
interior-cortez

6. Brand Kurang Diakui

Brand image wuling dan awarenessnya memang masih perlu dibangun. Ya dengan bahasa kasrnya adalaha bahwa banyak yang bilinga ini merk Cina, nanti ke depannya gimana? Memang banyak yang mempertanyakan merek Wuling, terutama saat dibandingkan merek besar pabrikan Jepang.

7. Belum Memakai Tombol Start/Stop

Di rentang harga Wuling Cortez bermain memang kompetitor sudah banyak yang memakai fitur itu. Selain demi kenyamanan, beerapa orang menganggap fitur tombol untuk menyalakan dan mematikan mesin juga punya nilai lebih. Pasalnya beberapa mobil keren pake.

8. Banyak Elektrik

Beberapa fitur elektrik memang menjadi nilai lebih. Demi kenyamanan dan nilai praktis, Misalnya saja rem parkir elektrik. Namun saat fitur ini rusak, orang bertanya bagaimana cara menonaktifkan rem. Atau plan B nya ketika di jalan? Haruskah mobil ditinggal? Demikian juga dengan pengatur bangku depan Cortez juga elektrik, pun ada tambahan sunroof di bagian plafon. Ya ini adalah penilaian sebagaian orang.

9. Performa Kurang Joz

Bebekal mesin 1,8 liter berkekuatan 129 tenaga kuda (Tk) dengan torsi 174 Nm. Menggunakan transmisi intelligent-Automated Mechanical Transimission (i-AMT), memang cukup unik.Jadi mobil ini karena bisa otomatis dan juga manual. Nah pengemudi kudu paham karakter mesinnya alias tidak boleh asal ngegas saja. Jadi contoh, ketika berkendara di jalur mendatar khas perkotaan, mode ‘D’ (Drive), model ini bakal nyaman untuk digunakan. Namun sat akselerasi menggunakan mode ini, jangan harap bisa responsif. Jadi ketika di-kick down mobil tidak akan langsung melesat.

Keluhan User Atas Wuling Cortez

Selain 9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez ini, ada beberapa keluhan yang boleh jadi hanya kasuistik. Cuman beberapa orang saja yang mengalami. Belum tentu semua mas bro. Kita ramngkum dari keluhan para user.

MID disinyalir Tidak Berfungsi Optimal

Mas bro, ini merupakan keluhan yang disampaikan oleh akun FB Sutanto Tamar, yang dipublish di group Fb Wuling indonesia – Cortez Owners & fans (WICOF) pada hari Senin, 07-12-2020 lalu dengan statmen berikut :

ban-cortez-pecah
ban-cortez-pecah

Trimakasih buat.. Atas doa dan supportnya.. 🙏🙏🙏om dan tante grup… Sehingga kami bisa selamat sampai di tangerang… Allhamdulilah… Buat pembelajaran bagi yg ingin perjalanan jauh….. Saya jangan sepenuhnya percaya dg mid.. Kami sudah buktikan.. Apakah mid kami gagal memberikan sinyal?.. . Salah satu alasan kami beli Cortez adalah mid….. Ban godyear yg kami gunakan terlihat tidak berdaya… Blom kadaluarsa.. Km mobil saat ini blom 20k…….

Pelek ban masih bagus.. Kemungkinan hantam lobang gugur….
Saran utk pemakai Goodyear:… sop sudah terpenuhi utk kaki kaki mobil … Ban belum kadaluarsa.. Tekanan ban sesuai sop….. Perbanyak berdoa selama dijalan.. Bukan nakutin 😄😄…… Sering sering lah berenti di rest area buat dingin kan ban… Jangan dipacu diatas 100km/jam….
Jangan malu di asepin papanza
Bila ada dana lebih.. Ganti ban nya utk perjalanan jauh….
Kami bersyukur bisa menenangkan ortu mertua anak dan istri dimobil
Kami baru menyadari baru ada musibah…syock dan lemas baru terasa..
Curhat ini semogy bermanfaat
.. Aamiin YRA.. 🙏🙏🙏

keselamatan keluarga lebih utama…

Hal ini juga dikeluhkan oleh akun fb Achmad Amin pada 3 Deesember 2020 lalu di grup yang sama, dengan stamen berikut :

speedometer-Wuling-Cortez
speedometer-Wuling-Cortez

Case temen td malam di tol arah semarang kondisi hujan deras, pertama keluar tanda merah, speed ga bisa lebih dari 60 kmh, telp om Hendra KTM katanya krn speed sensor di roda kena air jd error. Akhirnya minggir, matiin mesin n nyalain lagi, error hilang. Jalan setengah jam, check engine nyala 😅 dibawa jalan trs smp Semarang, smp hotel telp Wuling Semarang, ga lama disamperin (salut nih pdhal jam 12 mlm), katanya soket transmisi banyak airnya..bisa gitu yak, masa kalo ujan gede hrs minggir dulu biar speed sensor n soket transmisi ga basah 🤣·

Rem Bermasalah

Mas bro, ini merupakan keluhan yang disampaikan oleh akun FB Ter Himpit, yang dipublish di group Fb Wuling indonesia – Cortez Owners & fans (WICOF) pada hari Senin, 07-12-2020 lalu dengan statmen berikut :

Ikut curhat ya guys, Mobil Cortez CT tiba2 nge rem mendadak padahal masih injak pedal gas, kecepatan 10km/jam. Sudah 2 kali terjadi alhamdulillah masih di beri keselamatan. Mohon pencerahannya para suhu

Hal ini juga dismapaikan Wensi Ronald Lesli Paat pada 3-12-2020 lalu di group yang sama, dengan statmen berikut:

Selamat siang..
Corty saya 1.8 mt dah berapa kali kejadian pas turunan curam rem nya kayak mau terkunci gitu.. Bunyi kresek2 kuat banget.. Tidak selalu sih tapi sudah beberapa kali..
Baru 30rb km kemaren dah ganti full set kanvas rem, kopling dll.. Tapi kejadiannya terjadi sebelum dan sesudah ganti kanvas..
AVH / Brake hold nya posisi OFF.
Normal kah.? Ty.. 🙏

Demikian artikel terkait 9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez. Semoga bermanfaat.

One thought on “9 Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cortez serta Testimoni Keluhan User

  • 10 Desember 2020 pada 05:21
    Permalink

    Poin 7 kelebihan & poin 7 kekurangan kontradiktif. Katanya punya start stop button, tapi lantas nggak punya. Cek mana nih..

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: