7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza Serta Tips Mengatasi Kelemahannya

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan mengulas tentang 7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza Serta Tips Mengatasi Kelemahannya nih. Di zamannya, Feroza ini dapat diibaratkan seperti Honda CR-V di masa sekarang. Tampilannya yang keren, namun hanya menggunakan sistem 2WD. Meskipun cuma menggunakan penggerak roda belakang, Daihatsu Feroza cukup tangguh buat aktivitas harian nih.

7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza
7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza

7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza

Yup mas bro, mobil Daihatsu Feroza ini terbagi menjadi 2 pilihan bodi yakni sasis pendek atau SWB berkode sasis F70 dan sasis panjang atau LWB berkode F75. Ada juga versi 5 pintu dengan nama Daihatsu Feroza SL yang merupakan buatan karoseri Tugas Anda Semarang. Tentu selain memiliki keistimewaan Feroza juga punya kelemahan.

Nah berikut ini 7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza secara umum, antara lain:

No.KelebihanKekurangan
1.Desain gagah dan machoFitur Interior minim
2.Performa mesin cukup tangguhBoros BBM
3.Suspensi nyamanSuspensi generasi pertama keras
4.Ground clearance tinggiSelang bensin lama sering bocor
5.Kabin cukup luasBodi mudah karatan
6.Pengereman lebih optimalLimbung
7.Sparepart mudah didapat Harga jual tidak menentu

Sejarah Daihatsu Feroza

Sebelum kita membahas tentang  7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza lebih lanjut, maka kita akan lihat dulu kilas balik dari Daihatsu Feroza ini mas bro.

Daihatsu Feroza merupakan SUV atau jip bermesin bensin yang dijual Astra Daihatsu sekitar tahun 1993 hingga 1999. Feroza juga dipasarkan dengan nama Daihatsu Rugger atau Daihatsu Fourtrak (Inggris), dan versi Japanese Domestic Market (JDM). Pada awal kehadirannya, Daihatsu Feroza ini cuma tersedia dengan pilihan mesin 1600 cc karburator serta sistem gerak 4X2 RWD. Jadi Feroza saat itu hanya untuk kendaraan rekreasi saja.

Dalam pilihan SWB, Daihatsu Feroza hanya tersedia 3 pintu mas bro. Kursi belakangnya juga saling berhadapan dan bisa mengangkut sampai 4 orang, cuma sedikit sesak dan adu dengkul.

Lalu pada 1996, Daihatsu memberi varian baru yakni warna bodi two tone, over fender di sepatbor, juga pelek aluminium casting.  Jok belakangnya pada generasi ini sudah menghadap depan dan ada fitur power steering serta power window. Feroza pun agi sebagian pengguna jadi lebih cocok buat mejeng aja daripada buat off-road.

Di Indonesia, sendiri, Daihatsu Feroza pertama kali hadir di otomotif Tanah Air yakni pada 1992 yang dirakit secara lokal bareng dengan model Daihatsu Rocky dan Daihatsu Taft. Tapi karena Feroza menggunakan mesin bensin yang tergolong under-power dan sangat boros, maka rekor penjualan Daihatsu Feroza masih kalah jauh dengan Daihatsu Rocky dan Daihatsu Taft. Akhirnya produksinya dihentikan,  dan posisi mobil Feroza digantikan dengan Daihatsu Terios dan Daihatsu Taruna.

Generasi Daihatsu Feroza terdiri dari  3 generasi ni mas bro. Yakni Feroza Standard yang dirilis tahun 1993 sampai 1996, Feroza Special Edition sekitar tahun 1994 hingga 1998, lalu Feroza G2 mulai tahun 1996 sampai 1999.

7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza.
7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza.

7 Kelebihan Feroza

Berikut ini merupakan uraian tentang 7 Kelebihan Feroza dari 7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza, antara lain:

1. Desain gagah dan macho

Kelebihan pertama dari Daihatsu Feroza ini yakni memiliki desainnya yang gagah dan macho ni mas bro. Dengan lekukan yang sedikit serta bergaya kotak berkesan kaku, Feroza didesain dengan ground clearance yang tinggi. Membuat tampilannya maskulin banget dan dilirik konsumen terutama pria.

Lampu kotak pada feroz ini didesain simetris. Pilar A yang ramping bikin pandangan makin luas. Ada ban serep full size di pintu belakang seperti umumnya jip-jip jadul. Untuk desain pilar B nya digunakan untuk pelindung rollover.

2. Performa mesin cukup tangguh

Mesin Daihatsu Feroza ini meskipun terkesan kecil dibanding bodi mobil yang gagah, namun telah berkonfigurasi 16 katup mas bro. Sehingga mesin mobil ini cukup digemari dibanding dengan mesin karburator. Dengan kapasitas 1.6 liter, mesin ini mampu keluarkan kekuatan sampai 94 Hp diputaran 5700 rpm juga torsi hingga 127 Nm diputaran 4800 rpm.

Daihatsu Feroza yang sebenarnya adalah SUV ini malah sering digunakan untuk basis mobil drag race sebab mesinnya yang tergolong bandel.

3. Suspensi nyaman

Pada Daihatsu Feroza angkatan akhir, sistem suspensinya memiliki peredam kejut telescopic juga stabilizernya telah diberi pegas torsi bar ni mas bro. Sebab Feroza disematkan double wishbone yang membuat Feroza lebih nyaman meskipun melewati medan jalan terjal atau rusak sekalipun.

4. Ground clearance tinggi

Yang bikin lebih istimewa dari Daihatsu Feroza ini antara lain yakni Feroza memiliki tinggi 1.848 mm nih mas bro. Sehingga dengan tinggi mobil seperti itu mampu menerjang berbagai keadaan jalan yang dilalui. Seperti terjal, berbatu, berlumpur bahkan banjir.

5. Kabin cukup luas

Mobil Feroza ini memiliki dimensi panjang 3.761 mm dan lebar 1.754 mm mas bro. Mobil model SUV ini punya  ukuran yang lebih luas, sehingga mampu menampung sekeluarga dengan jumlah penumpang sampai  6 orang.

6. Pengereman lebih optimal

Pada mobil Feroza ini meskipun pada jalanan miring, menurun, ataupun menanjak ternyata lebih mudah mengendalikannya mas bro. Sebab Feroza memiliki sistem pengereman yang dilengkapi cakram lengkap dengan boosternya dibagian depan. Di roda bagian belakang juga disematkan rem drum dengan leading dan trailing. Saat parkirpun lebih mudah karena memakai rem mechanical internal expansion yang ada di roda depannya.

7. Sparepart mudah didapat

Salah satu yang menjadi kelebihan dari Feroza ini yakni Sparepart yang mudah didapat mas bro. Saat ingin mengganti atau memperbaiki mobil ini, persediaan sparepart sangat mudah. Apalagi common part dengan Zebra Espass, jadi di toko-toko sparepart mobil juga banyak tersedia.

7 Kekurangan Feroza

Selain memiliki banyak keistimewaan, berikut ini ada 7 Kekurangan Feroza dari 7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza yang sering dikeluhkan pengguna nih mas bro, antara lain:

1. Fitur Interior minim

Kalau dilihat dari sisi desain eksteriornya, gak sebanding dengan interiornya. Salah satu yang menjadi kekurangan dari Feroza ini yakni Fitur Interior yang minim mas bro. Untuk sistem keamanannya saja masih kurang.

2. Boros BBM

Dengan bobot Feroza yang memiliki berat  1.250 kilogram serta ban yang besar ini membuat mesin yang bbertenaga mesinnya 94 hp pada 5.700 rpm dan torsi maksimal 127 Nm pada 4.800 rpm  ini harus menggerakkan mobil  ini. Sehingga membuat BBM jadi cukup boros. Konsumsi BBM mobil Feroza ini perbandingannya 1:4 sampai 1:6 .

3. Suspensi generasi pertama keras

Untuk generasi terbarunya, suspensi Feroza memang sudah nyaman. Tapi buat generasi pertamanya masih terasa keras suspensinya mas bro. Kaki-kakinya juga keras dan kurang nyaman sehingga butuh perawatan khusus.  Sebab hanya terdapat penggerak 4×2, jadi Cuma bisa digunakan di kota-kota besar yang didominasi jalan mulus.

4. Selang bensin lama sering bocor

Karena moil Daihatsu Feroza ini merupakan mobil lawas, pasti ada saja bagian onderdil yang sudah aus. Seperti selang bensin yang juga sering dikeluhkan pemilik Feroza yang lama kelamaan bocor sehingga kabin bau bensin.

5. Bodi mudah karatan

Kelemahan yang sering di keluhkan pengguna antara lain juga Bodi yang mudah karatan mas bro. Sepertinya hal  ini disebabkan karena menggunakan material pelat yang cukup tipis dengan kondisi mobil yang sering disiksa menjalani medan off road.

7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza'
7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza’

6. Limbung

Karena mobil Feroza ini cukup tinggi, sehingga pada saat dibawa kencang sering limbung dan bikin penumpang kurang nyaman saat berkendara jauh.

 7. Harga jual tidak menentu

Yang terakhir, kekurangan dari Feroza ini adalah harga jualnya yang tidak menentu nih mas bro. Ada kalanya harga Daihatsu Feroza bisa menjadi lebih tinggi yakni sampai 60 jutaan kalau kondisi masyarakat sedang musim menggunakan Feroza yang lagi naik daun. Tapi tidak dipungkiri pula ada saatnya harga Feriza menjadi turun hingga 20 jutaan. Hal ini terjadi saat minat masyarakat kurang saat itu.

Tips Mengatasi Kelemahan Feroza

Setelah mengetahui  7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza di atas, kita akan lihat beberapa tips atau solusi dalam mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada pada mobil lawas ini mas bro, antara lain:

1. Pada model Feroza generasi pertama, para pengguna sering  mengeluhkan kaki-kakinya sangat keras dan kurang nyaman. Maka untuk mengatasinya, sebagian dari pemilik Feroza malah mengurangi jumlah lembaran pernya supaya lebih empuk. Dan hal ini berhasil membuat nyaman saat melewati jalan yang bergelombang dengan kecepatan biasa. Hanya saja memang saat dipacu di jalan tol akan terasa semakin limbung.

2. Untuk perawatannya, ternyata  Feroza ini dari sisi part mesin bisa saling substitusi dengan Daihatsu Espass ni mas bro. Karena keduanya menggunakan basis mesin yang sama yakni  1.6 liter karburator dan pengapian platina.  Untuk  perbaikan lebih enak karburator karena sistem mesinnya sederhana sehingga bengkel dipinggir kota aja bisa menanganinya.

3. Pengguna Feroza juga sering mengeluhkan mesin yang overheat nih mas bro. Maka sebaiknya selalu rajin memeriksa ketinggian air di expansion tank radiator dan air di radiator. Tutup radiator diganti  kalau sudah tidak bisa menutup sempurna akibat pegas tutup radiator dan karetnya sudah rusak.

Meskipun tidak terlalu rutin, servis radiator amatlah penting untuk dilakukan ni mas bro. Jadi radiator di bongkar untuk dibersihkan krak-keraknya lalu dipatri lagi seperti semula.

4. Mobil Ferosa yang sering mangalami bodi mudah berkarat yang paling parah adalah yang karosorian. Untuk Hiline long biasanya bodinya full dempul, sedangkan F70-78 pressed body. Jadi kalau mencari F-series, hindari unit yang digarap karoseri seperti Feroza seri F69 dan Feroza tipe Feroza SL long chassis.

Karoseri ini membuat bodi mulai dari pilar B ke belakang, yakni bagian pintu tengah dan quarter panel.  Sambungan bodi yang digarap karoseri  Tugas Anda Semarang ini sering rentan retak apalagi kalau selalu digunakan lewat jalan off road.

5. Pengguna Feroza yang mengalami selang bensin lama kelamaan bocor karena usia mobil yang sudah tua, bisa mengatasinya dengan mengganti saluran bensin nih mas bro dengan yang baru.

6. Perawatan yang juga gak kalah penting yakni dinamo ampere yang harus selalu diperiksa dan di servis. Karena dinamo ampere sangat besar fungsinya dalam mengisi aki. Meskipun  aki masih bagus dan baru akan tetap saja tekor karena tidak ada simpanan daya listrik akibat dinamo ampere yang tidak memproduksi setrum. Jadi bongkarlah dan perhatikan cool brush (sikat arang) yang sudah dilepas.  Jika sudah aus, maka sebaiknya diganti dengan yang baru.

7. Satu hal lagi yang sering  terlupakan yakni pompa bensin atau fuelpump ni mas bro. Meski pakai karburator, Feroza tetap butuh fuel pump untuk menyuplai bensin dari tangki. Biasanya mobil akan menjadi susah hidup jika pompa bahan bakar manual rusak. Manfaat sistem kerja pompa bahan bakar ini yakni pada putaran mesin mas bro. Pompa bensin manual terhubung dengan noken as yang  menempel di samping blok mesin.

8.Untuk hal borosnya BBM dan tarikan yang lemot, pemilik Feroza harus melakukan perawatan yang pas. Karena penyebabnya, yaitu selang vacuum karburator, posisi VTV dan setting timing pengapian yang bermasalah. Dan mekanik yang tidak tahu, mereka akan main di timing pengapian.

Penyebab tarikan mesin yang lemot  yakni disebabkan mesin yang hanya disuplai oleh throttle pertama dengan spuyer cuma 98. Lalu penyebab lainnya yakni Per putar untuk secondary throttle itu suka lemah jadi throttle kedua tidak terbuka. Kalau throttle kedua bekerja dengan bbaik ditambah timing pengapian diset advance, maka jarum speedometer bisa muter lebih dari 170 km/jam.

7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza`
7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza`

Harga Mobil Jadul Daihatsu Feroza

Setelah membahas tentang  7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza dan Tips Mengatasi Kelemahan Feroza di atas, berikut ini adalah daftar Harga Mobil Jadul Daihatsu Feroza sesuai  tahunnya mas bro:

Tahun Generasi Daihatsu FerozaHarga
Daihatsu Feroza 1998Rp 68.000.000
Daihatsu Feroza 1997Rp 46.000.000
Daihatsu Feroza 1996Rp 45.000.000
Daihatsu Feroza 1995Rp 32.000.000
Daihatsu Feroza 1994Rp 40.000.000
Daihatsu feroza 1993Rp 38.500.000

Harga tersebut di atas sewaktu-waktu bisa berubah mas bro. Dilihat dari kondisi mobil, musimnya serta minat masyarakat juga.

Demikianlah pembahasan tentang  7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza Serta Tips Mengatasi Kelemahannya. Semoga bermanfaat.

One thought on “7 Kelebihan Dan Kekurangan Feroza Serta Tips Mengatasi Kelemahannya

  • 29 Desember 2020 pada 17:10
    Permalink

    Mobil impian saya dulu, saat masih kecil, wk wk. .

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: