Cara Perpanjang SIM Walau Pindah Alamat, Gampang Bro!

Cara Perpanjang SIM Walau Pindah Alamat

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, Kita kan sering denger kabar berita orang ketilang lantaran misalnya gak punya SIM, SIM mati dan sebagainya. Nah biar gak ketilang ya kita perpanjang SIMnya mas bro. Namun ada pertanyaan nih, bagaimana Cara Perpanjang SIM Walau Pindah Alamat? Gampang mas bro, sekarang sudah sistim online. Kita gak perlu jauh-jauh ke alamat asal untuk pindah SIM ke alamat baru.

Cara-Perpanjang-SIM-meskipun-Pindah-Alamat
Cara-Perpanjang-SIM-meskipun-Pindah-Alamat

Pindah Alamat Gak Harus Minta Surat Pindah

Yup mas bro bagi sebagian orang, perubahan alamat yang ada di KTP seringkali membuat pemilik SIM bingung dan tanya-tanya. Bagaimana cara untuk memproses perpanjangannya. Gimana cara perpanjang SIM bila alamatnya sudah pindah?

Mas bro, sekarang ini zamannya online, jadi perpanjangan SIM sudah bisa dilaksanakan secara online. Jadi walau alamat sudah berganti, pemilik SIM tetap bisa memperpanjang SIM di wilayah Domisili yang baru. Jadi andaikata alamat yang tertera di SIM lama adalah di Surabaya Jawa Timur, lalu ternyata kemudian saat ini Anda pindah ke Cirebon Jawa Barat. Kita gak usah repot-repot kembali ke Surabaya minta memperpanjang SIM atau minta surat mutasi SIM. Namun cukup memperpanjang di Cirebon saja ma bro.

Nah, kalau dah tahu begitu, kita tinggal ngumpulin syaratnya mas bro, yaitu pada saat perpanjangan SIM harus menggunakan data e-KTP. Jadi gak usah bawa surat mutasi SIM dari Polres lama. Kemudian jangan lup, kita juga harus memperpanjannya sebelum masa berlaku SIM habis. Jadi kalau sudah lewat waktunya, maka harus melakukan proses pembuatan SIM dari awal lagi mas bro.

Ini dia mas bro syarat yang harus disiapkan :

  1. Kartu identitas (e-KTP/paspor) dan fotokopiannya
  2. Membawa SIM asli yang lama
  3. Surat keterangan sehat jasmani
  4. Biaya perpanjangan SIM C senilai Rp 75 ribu dan SIM A senilai Rp 80 ribu, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016.

Simpel kan, semoga membantu ya, barangkali ada yang belum faham, minimal bisa baca artikel ringan ini.

2 Comments

  1. Kalau SIM mudah ya nah kalau STNK gimana? Untuk yg pemilik masih sama tapi pindah alamat, kalau pemilik beda kan jelas mesti balik nama…dan pakek mutasi segala

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.